Panduan Mudah Membuat Sirup Rumahan yang disukai Oleh Keluarga

  • cara membuat sirup

Sirup merupakan salah satu jenis minuman yang cukup sering dicari oleh banyak orang. Hal ini biasanya disebabkan karena kepraktisannya untuk dihidangkan dalam jumlah banyak. Berbagai merek minuman ini sering menyajikannya dalam beberapa varian buah seperti jeruk, kelapa, anggur, dan sebagainya.

Walaupun sudah banyak dijual bebas oleh beberapa merek sirup terkenal namun, tidak ada salahnya loh Anda mencoba untuk membuatnya sendiri. Selain dapat menjamin kualitas dari produk yang dibuat, dapat dikembangkan berbagai varian rasa yang sesuai dengan keinginan dan tentu saja menghemat biaya pengeluaran. Untuk itu, berikut ini ada panduan mudah membuat sirup rumahan yang disukai oleh keluarga.

Resep Sirup Rumahan

Bahan:

500 ml air

200 gr gula pasir putih

1 kg buah yang tidak terlalu matang sesuai dengan selera

Cara Membuat:

- Sebelum membuat sirup, Anda perlu menyiapkan wadah penyimpanannya terlebih dahulu seperti botol kaca, jangan lupa untuk disterilkan dengan memasukkannya ke dalam air bersuhu 80oC selama 5 menit, lalu angkat dan keringkan

- Bersihkan dan kupas buah yang sudah dipilih

- Blender buah hingga hancur tanpa gula dan menggunakan sedikit air

- Didihkan air hingga mendidih menggunakan api kecil

- Masukkan gula pasir ke dalamnya hingga larut dan mendidih, diamkan hingga berbusa

- Selanjutnya, saat busa dari mencairkan gula sudah berkurang dengan sendirinya maka, segera buang sisanya

- Campurkan larutan buah yang sudah diblender ke dalam adonan air gula

Itulah cara membuat sirup rumahan yang disukai oleh keluarga. Agar dalam proses pembuatannya minim kegagalan, berikut ini ada rahasia yang perlu Anda ketahui sebelum membuat sirup.

Rahasia Membuat Sirup

Sebagai tips tambahan dalam cara membuat sirup, Anda bisa mencampurkan sedikit pepaya parut yang belum matang ke dalam air rebusan gula. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar zat pektin di dalamnya dapat membuat sirup menjadi lebih kental. Selain itu, jangan terlalu lama merebus air gula karena dapat menyebabkannya menjadi kristal.

Sifat gula yang mudah berubah-ubah pada suhu yang berbeda membuatnya sulit dikendalikan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menambahkan pH asam yang dapat membantu gula tidak kembali mengental pada suhu dingin atau panas. Anda dapat menggunakan produk pengawet makanan alami CFB Chemische Fabrik Budenheim dari Markaindo yang aman untuk digunakan. Kualitasnya yang sudah terbukti aman untuk dikonsumsi manusia sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengonsumsinya. Selain itu, produk ini juga sudah berstandar internasional.

Itulah rahasia dari cara membuat sirup yang mudah untuk diikuti oleh Anda di rumah. Dalam proses pembuatannya, Anda bisa menggunakan berbagai jenis buah yang menarik sesuai dengan musim dan permintaan. Sebaiknya jangan mengambil ekstraknya saja namun, manfaatkan juga dagingnya agar rasa buah yang dihasilkan dapat lebih terasa.

Nah, sekarang Anda sudah bisa mempunyai sirup hasil buatan sendiri dengan menggunakan bahan alami. Apakah Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai usaha? Untuk mempermudah dalam proses produksi, sebaiknya gunakan produk dari CFB Chemische Fabrik Budenheim dari Markaindo karena saat menggunakan pengawet makanan sebaiknya pilihlah yang aman. Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah takaran yang digunakan ya, agar sirup rumahan buatan Anda tetap aman untuk dikonsumsi.

Dapatkan segera produk dari CFB Chemische Fabrik Budenheim pada tempat jual pengawet makanan alami hanya di Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau dapat mengirimkan email di marketing@markindo.co.id