Mie Unik yang Dapat Menggugah Selera, Yakin Aman Untuk dikonsumsi?

  • mie warna warni

Mie telah menjadi makanan yang banyak digemari oleh hampir semua orang sejak dahulu. Mulai dari mie telor hingga mi instan. Beragam variasi dari makanan ini telah banyak bermunculan, seringkali beberapa orangtua melarang anak-anaknya untuk mengonsumsinya karena masalah kesehatan.

Munculnya varian dari warna warni memang dapat menggugah selera siapa pun yang melihatnya. Namun, apakah hidangan ini aman untuk dikonsumsi? Tentu saja, karena warna yang dihasilkan berasal dari pewarna alami seperti sayur atau buah-buahan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuatnya, yuk ketahui terlebih dahulu asal usul pewarna yang digunakan pada mie warna warni berikut ini.

Asal Usul Warna Mie

Untuk dapat menghasilkan mi warna warni, komposisi air di dalamnya biasa terdiri dari 38% dari tepung terigu yang digunakan. Jika Anda ingin menghasilkan mi warna warni yang sehat, sebaiknya gunakan ekstrak dari sayur, umbi, dan buah-buahan lalu di jus dan ambil ekstraknya sesuai takaran air yang telah disebutkan. Berikut ini ada daftar sayur, umbi, atau buah yang dapat menghasilkan warna pada mi:

- Mie berwarna hijau bisa didapatkan dari berbagai macam jenis sayuran hijau namun, untuk mendapatkan hasil terbaik maka gunakanlah sawi hijau

- Mie berwarna merah dibuat dengan menggunakan buah bit yang telah dikukus terlebih dahulu, lalu dicampur bersama dengan adonan mie

- Mie berwarna ungu bisa dibuat menggunakan campuran ubi ungu yang sudah dihaluskan dan dicampur bersama adonan

- Mie berwarna jingga sangat umum diperoleh dengan menggunakan jus dari wortel dalam proses pembuatan mie

Itulah bahan dasar pembuatan berbagai warna dari mie. Makanan ini tentu lebih sehat daripada varian mie lainnya yang mengandung pengawet berbahaya. Mie warna warni ini baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja karena mengandung berbagai jenis buah, umbi, dan sayuran yang memiliki kandungan gizi baik untuk tubuh.

Cara Membuat Mie Warna Warni

Setelah mengetahui asal usul mie warna warni, berikut ini ada cara membuatnya yang perlu Anda ketahui.

Bahan Mie Berwarna Hijau:

250 gr tepung terigu protein sedang

50 gr sayur sawi, kukus dan cincang halus

50 ml air es

¼ sdt garam

1 butir telur

Bahan Mie Berwarna Merah:

250 gr tepung terigu protein sedang

100 gr buah bit, rebus hingga matang dan haluskan

¼ sdt garam

1 butir telur

Bahan Mie Berwarna Ungu:

250 gr tepung terigu protein sedang

100 gr umbi ungu, rebus hingga matang lalu haluskan

¼ sdt garam

1 butir telur

Bahan Mie Berwarna Jingga:

250 gr tepung terigu protein sedang

1 batang wortel, bersihkan dan parut

60 ml air

¼ sdt garam

1 butir telur

Cara Membuat:

- Siapkan terlebih dahulu mesin pencetak mie

- Campurkan di dalam sebuah wadah masing-masing jenis warna mie, aduk hingga adonan tercampur secara merata

- Bentuk adonan mie lalu, bentuk dengan menggunakan mesin pencetaknya

- Diamkan mie selama kurang lebih 15 menit

- Siapkan air dalam panci untuk merebus mie, berikan sedikit minyak goreng dan rebus selama 5 menit, angkat dan tiriskan

- Siram mie yang sudah direbus menggunakan air dingin

- Mie siap diolah atau disimpan pada lemari pendingin dalam wadah tertutup

Cukup mudah kan membuat mie warna warni? Tertarik untuk mencoba? Untuk mempermudah dalam proses pengolahannya, Anda bisa menggunakan pewarna makanan tambahan D.C.P Ingredients dari Markaindo. Bahan tambahan pangan berupa pewarna alami dan sintetis ini dapat berfungsi untuk memperbaiki warna makanan dan aman untuk dikonsumsi sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Untuk memperoleh bahan tambahan pangan berupa pewarna yang dapat dicampurkan dalam makanan ini, bisa dipesan melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id atau dengan mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id.