Merasakan Nikmatnya Burger Vegetarian yang Tetap Lezat Meski Tanpa Daging

  • Burger Vegetarian

Burger merupakan salah satu makanan Barat yang sangat populer di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Meski dikenal sebagai junk food alias makanan yang tidak sehat, burger sebenarnya tergolong mengenyangkan dan menyehatkan. Dalam setangkup burger, terdapat karbohidrat berupa roti, serat berupa sayuran seperti tomat, mentimun, dan selada, serta protein berupa daging dan tambahannya seperti keju atau telur.

Bumbu burger yang beraneka ragam menambah kelezatan makanan satu ini. Di negara asalnya, bumbu burger hanya terbatas pada garam dan lada. Kemudian burger disuguhkan dengan pilihan berbagai jenis saus seperti saus tomat, mayones, dan mustard. Namun di Indonesia, banyak pula yang menambahkan cita rasa berbeda pada bumbu burgernya sesuai dengan lidah penduduk di masaing-masng daerah. Lalu bagaimana dengan burger tanpa daging alias burger vegetarian?

Sebagian besar orang tentu merasa burger tanpa daging tidak akan terasa enak. Namun  hal tersebut terbukti keliru, sebab beberapa negara sudah memiliki menu khas berupa burger vegetarian yang terbukti disukai bahkan oleh mereka yang bukan seorang vegetarian. Yuk, simak informasinya:

Buger Tahu Saus Barbekyu

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat menyehatkan. Nah, olahan kedelai ini ternyata juga bisa dijadikan isian burger pengganti daging. Untuk memperkaya rasa, tahu dipanggang dengan olesan saus barbekyu kemudian dimasukkan ke dalam roti burger bersama tambahan sayuran seperti mentimun dan selada.

Setelah itu, burger tahu bisa dilengkapi dengan bahan lain berupa saus sambal yang akan semakin memperkuat rasanya. Untuk membuat tahu memiliki tekstur yang lebih keras, tahu bisa didiamkan semalaman di dalam kulkas dengan bagian atasnya ditindihi sesuatu yang berat untuk memadatkannya.

Burger jamur Portobello

Jamur merupakan salah satu bahan nabati yang banyak digunakan sebagai pengganti daging karena memiliki tekstur yang hampir sama. Nah, untuk isian burger, Anda bisa mencoba menggunakan jamur Portobello. Jamur satu ini memiliki ukuran besar, hampir sebesar roti burger pada umumnya, dengan tekstur yang sangat kenyal. Jamur Portobello bisa dipanggang dan ditambahkan bumbu burger agar cita rasanya semakin sempurna.

Baca Juga : Yuk Buat Burger dengan Bumbu Burger TVP

Burger terong

Di Indonesia, terong biasa digunakan sebagai pelengkap sambal dengan cara digoreng. Namun pernahkah Anda terpikir untuk menjadikan terong sebagai isian burger? Untuk membuatnya, pilih terong yang memiliki diameter besar kemudian iris melintang dengan agak tebal. Setelah itu, taburi terong dengan garam dan lada lalu diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, tekan permukaan terong dengan tisu masak untuk menghilangkan kandungan airnya. Selanjutnya, olesi terong dengan bumbu burger yang terdiri dari bubuk paprika, bubuk bawang putih, garam, lada, dan oregano. Kemudian panggang hingga matang dan sajikan bersama sayuran untuk isian burger.

Burger brokoli

Sayuran satu ini kaya akan kalsium yang baik sekali untuk tubuh. Brokoli ternyata juga enak dijadikan isian burger pengganti daging. Caranya, kukus brokoli kemudian campurkan dengan tepung roti serta bumbu dasar seperti bawang putih, garam, dan lada. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat pipih dan panggang dengan olesan saus yang Anda suka. Setelah itu, brokoli panggang bisa langsung dijadikan isian burger dengan beberapa tambahan sayur atau saus.

Selain digantikan dengan sayuran, daging isian burger juga bisa dibuat dari texturized vegetable protein. Bahan ini dibuat dari tepung kedelai yang telah dikukus dan dikeringkan dan memiliki tekstur menyerupai daging. Untuk mendapatkan Texturized Vegetable Protein, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras melalui www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.