Mengintip Kandungan Nutrisi di Balik Bahan-Bahan Kebab

  • Bahan kebab

Beberapa tahun terakhir, kebab menjadi salah satu camilan yang mulai marak dijual di Indonesia. Makanan ini berasal dari Turki dan sering disebut dengan kabob ataupun shish kebab. Kebab tradisional Turki sendiri agak berbeda dengan kebab yang dikenal di Indonesia. Kebab tradisional Turki terdiri dari potongan daging yang dibumbu rempah kemudian ditusukkan pada batangan besi dan dipanggang. Selain daging, biasanya beberapa potongan sayur juga ikut dipanggang seperti bawang bombai dan paprika.

Di Turki, ada banyak jenis kebab misalnya saja Orman Kebabi yang dibuat dengan daging domba, Sut Kebabi yang dagingnya direndam dulu di dalam susu sebelum dipanggang, dan Kefenli Kebabi di mana daging panggang diletakkan di dalam roti sebelum disantap. Sedangkan kebab yang banyak dijual di Indonesia mirip dengan jenis Doner Kebab, yaitu daging dan sayuran yang dimasukkan ke dalam kulit tortilla.

Selain enak, kebab merupakan makanan yang cukup mengenyangkan dan penuh gizi karena berisi daging dan aneka sayur. Yuk, simak nutrisi apa saja yang terkandung di dalam bahan kebab!

Daging sapi

Tak diragukan lagi daging sapi merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik. Di dalam daging sapi, terkandung zat besi, zinc, vitamin B12, omega 3, dan juga protein. Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sedangkan zinc membantu memaksimalkan sistem imun tubuh. Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan syaraf dan omega 3 akan menunjang fungsi otak. Sedangkan protein merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Daging sapi yang digunakan di dalam kebab biasanya dibumbui dengan berbagai rempah seperti jahe, ketumbar, dan lada.

Selada

Di Indonesia, selada tergolong sayuran yang jarang digunakan. Namun di luar negeri terutama negara-negara Eropa, selada sangat sering dikonsumsi terutama sebagai campuran salad. Teksturnya yang renyah memberikan kenikmatan tersendiri saat disantap bersama bahan lain di dalam salad. Dan ternyata, selada mengandung begitu banyak nutrisi penting seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin K, thiamin, riboflavin, vitamin B6, zat besi, potasium, dan mangan. Selain itu, bahan kebab ini juga sangat rendah lemak dan kolesterol namun tinggi serat sehingga baik untuk diet.

Bawang bombai

Bawang bombai selama ini lebih sering dijadikan pelengkap makanan dan bahkan kadang hanya dijadikan hiasan. Padahal, bawang bombai memiliki cukup banyak nutrisi seperti biotin, mangan, vitamin B6, vitamin C, fosfor, potasium, folat, dan vitamin B1. Bawang bombai juga tergolong rendah lemak dan kaya serat. Bahan kebab ini juga memberikan tekstur renyah saat dikonsumsi bersama daging. Jika dimasak, bawang bombai akan memiliki rasa manis.

Tomat

Nah, bahan kebab yang satu ini memiliki peran penting untuk memberikan rasa segar. Seperti diketahui, tomat merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Di dalam tomat juga terkandung biton, vitamin K, vitamin A dalam bentuk betakaroten, vitamin B6, folat, niacin, vitamin E, dan fosfor. Untuk kebab, biasanya yang digunakan adalah tomat merah.

Anda yang vegetarian juga bisa lho, menyantap kebab. Caranya, ganti bahan kebab daging sapi dengan daging nabati yang terbuat dari texturized soy protein. Dengan rasa dan tekstur yang mirip serta kandungan gizi yang tak kalah baiknya, dijamin rasa kebab juga akan tetap nikmat.

Untuk mendapatkan texturized soy protein, kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id