Menggunakan Produk Budenheim Untuk Pengawet Makanan Alami

  • CFB Chemische Fabrik Budenheim Markaindo

CFB Chemische Fabrik Budenheim Produsen Pengawet Alami

Sejak jaman dahulu, mengawetkan makanan menjadi salah satu bahan penting agar makanan tersebut menjadi awet dan tahan lama. Penggunaan pengawet makanan bertujuan untuk memperpanjang usia makanan/minuman serta mencegah dari kontaminasi mirkroba yang merusak makanan.

Saat ini banyak sekali bahan pengawet makanan yang digunakan, akan tetapi kebanyakan dari bahan tersebut terbuat dari zat kimia berbahaya untuk tubuh. Penggunaan bahan pengawet kimia, dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang merugikan untuk tubuh, sebut saja formalin. Formalin adalah nama dagang untuk larutan yang mengandung 40% formaldehid (HCOH) dalam 60% air atau campuran air dan metanorl (jenis alcohol bahan baku spirtus) sebagai pelarutnya.

Macam-macam Pengawet Makanan Alami

Sudah jelas sekali bahan tersebut sangat berbahaya untuk tubuh, formalin sering kali disalah gunakan untuk mengawetkan mie, tahu basah, bakso dan ikan asin. Penggunaan formalin pada makanan dapat menyebabkan keracunan, tidak semua bahan pengawet itu berbahaya dan dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh.

Banyak dari bahan zat alami yang bisa anda gunakan untuk mengawetkan makanan, pada zaman dahulu bahan yang dapat mengawetkan makanan terbuat dari bahan alami seperti :

Garam

Garam termasuk kedalam bahan pengawet makanan alami yang ampuh menangkal microorganisme, yang menyebabkan kerusakan makanan. Misalnya : ikan asin, asinan sayur, dan makanan lainnya.

Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini, tidak hanya dapat memberikan pewarna kuning alami. Tak disangka kunyit dapat berfungsi sebagai bahan pengawet alami yang bisa anda gunakan. Misalnya : tahu kuning, ikan bumbu kuning dan lain-lain

Gula Pasir & Merah

Gula tidak hanya sebagai bahan pemanis makanan, tetapi juga bisa berfungsi sebagai bahan pengawet makanan. Karena microorganism tidak bisa bertahan hidup didalamnya, untuk itu anda bisa menggunakan gula sebagai bahan pengawet alami. Misalnya : manisan, selai, serundeng daging, bacem dan makanan lainnya.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin c yang dapat membantu melenyapkan microorganisme yang dapat merusak gizi makanan, sehingga lemon dapat dijadikan bahan pengawet alami. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menjadikan lemon sebagai bahan pengawet adalah, anda dapat melumuri daging, ikan atau sayuran dengan air lemon. Setelah itu dilakukan, simpanlah bahan makanan tersebut di kulkas.

Cuka

Cuka mengandung zat yang mampu membunuh microorganisme dan bakteri pembusuk makanan, misalnya acar, makanan kaleng, dan makanan lainnya. Cuka juga bisa digunakan kepada bahan makanan seperti daging, ayam dan ikan. Dengan cara melumuri cuka ke bahan tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Minyak

Minyak berfungsi memperlambat proses oksidasi sehingga microorganisme lebih cepat mati, oleh sebab itu makanan yang digoreng memiliki ketahanan lebih lama dibandingkan dengan makanan yang direbus.

Cengkih

Cengkih merupakan bahan alami yang dihasilkan dari bunga tanaman cengkih, bahan yang satu ini tidak hanya sebagai pengawet alami tetapi juga dapat sebagai penambah aroma. 

Daretan bahan alami diatas merupakan bahan pengawet alami yang sudah sering anda gunakan, tetapi ada juga bahan pengawet kimia lainnya yang bisa anda gunakan dan tidak berbahaya untuk tubuh.

CFB Chemische Fabrik Budenheim adalah salah satu perusahaan kimia di Jerman yang memproduksi produk fosfat dan keturunannya, termasuk untuk makanan (food grade). CFB Chemische Fabrik Budenheim berhasil menciptakan teknologi metode produksi berupa pemurnian phosphoric acid dengan cara ekstraksi. Pada dasarnya fosfat merupakan komponen alami hamper pada semua jenis makanan, karena memiliki peranan fungsional yang signifikan makan fosfat juga sangat umum digunakan sebagai bahan tambahan dalam proses produksi makanan sebagai : pengembang, anticaking, emulsifier dan sebagainya.

Produk pengawet makanan alami CFB Chemische Fabrik Budenheim sudah terjamin kualitasnya dan sudah pasti aman untuk dikonsumsi oleh manusia, karena produk pengawet makanan alami Budenheim terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji kualitasnya, dan produk dari Budenheim juga sudah  berstandard internasional, oleh karena itu Anda tidak perlu takut untuk menggunakan produk ini.

Mungkin Anda merasa takut untuk menggunakan produk pengawet makanan karena stigma negatif yang melekat pada produk yang dapaat mengawetkan makanan, tapi taukah Anda bahwa ada pengwet yang dibuat khusus untuk makanan dan sangat aman dikonsumsi manusia jika digunakan sesuai aturan pemakanian, jika Anda bingung mencari tempat yang menjual pengwet makanan yang aman digunakan jangan cemas karena Markaindo menyediakan produk fosfat untuk makanan yang diproduksi oleh CFB Chemische Fabrik Budenheim yang sudah terbukti aman untuk dikonsumsi dan sudah berstandard internasional, maka dari itu Anda tidak perlu ragu menggunakan produk fosfat untuk makanan alami dari budenheim.

Baca Juga: Resep Membuat Bakso Kenyal dengan Bahan Food Grade

Jika Anda berminat untuk membeli produk tersebut, Anda bisa membelinya di PT. Markaindo Selaras. Berbagai macam jenis produk dari CFB Chemische Fabrik Budenheim ada di Markaindo, untuk memudahkan dan mencari bahan lainnya dengan cepat dan nyaman. Silahkan cek website-nya di www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id. Pilihan solusi berbelanja yang tepat dan nyaman.