Mengenal Serat Gandum yang Memiliki Manfaat Bagi Tubuh

  • Serat Gandum

Serat merupakan suatu bagian dari makanan berupa tumbuhan yang tidak bisa dicerna ataupun diserap oleh tubuh sehingga nantinya akan keluar dari tubuh dalam bentuk yang utuh. Serat terbagi menjadi 2 jenis yakni serat larut dan serat tidak larut. Untuk serat larut, jenis serat ini akan larut dalam air dan membentuk bahan seperti jel yang bisa ditemukan pada gandum, kacang, apel, jeruk dan wortel. Serat larut biasanya berguna untuk menurunkan kolesterol dan gula dalam darah. Sementara serat yang tidak larut dalam air membantu memperlancar saluran pencernaan sehingga mencegah seseorang sulit buang air besar. Serat ini bisa ditemukan pada tepung gandum, gandum, kacang-kacangan, kol, kacang hijau dan kentang.

Perlu diketahui jika makanan tinggi serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna sehingga tidak membuat seseorang merasa cepat lapar. Makanan tinggi serat memiliki jumlah kalori yang rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat serat secara umum yakni:

1. Menurunkan nafsu makan

2. Dapat mencegah ataupun menyembuhkan sembelit

3. Menstabilkan kadar gula dalam darah

4. Menurunkan risiko terkena kanker usus

5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

6. Mengurangi tingkat glukosa dan insulin bagi para pasien diabetes dan menurunkan risiko terkena diabetes

7. Membantu buang air besar secara teratur

Kali ini fokus serat yang akan dibahas adalah serat gandum. Gandum adalah adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang memiliki banyak kandungan karbohidrat yang digunakan untuk memproduksi tepung terigu dan pakan ternak.

Serat gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang baik karena mengandung tingkat lemak yang rendah. Biji gandum tersedia dalam beberapa warna yakni putih, merah, dan kuning.

Manfaat Gandum

Biji-bijian utuh adalah bagian dari sumber serat yang baik. Pada umumnya tiap takaran saji biji-bijian utuh mengandung 1-4 gram serat. Kandungan serat yang tinggi ini merupakan salah satu manfaat gandum yang membuatnya penting untuk dikonsumsi.  Gandum utuh sendiri diketahui memiliki kandungan serat tertinggi di antara jenis biji-bijian utuh lainnya.

Terdapat dua manfaat gandum bagi kesehatan, yakni:

1. Gandum dipercaya mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan sebagian jenis kanker.

2. Gandum berperan untuk meningkatkan kesehatan usus dengan membantu menjaga proses pencernaan dan buang air berjalan lancar dan bisa menjaga keberadaan bakteri baik dalam usus.

Kebutuhan seseorang akan biji-bijian utuh pada tiap orang berbeda-beda yang ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas pada kesehariannya. Cara untuk mendapatkan manfaat gandum yang terkandung dalam seratnya bisa dengan mengonsumsi gandum utuh atau produk gandum utuh.

Cara Mendapatkan Produk yang Mengandung Serat Gandum

Solvaira Specialties Inc. adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi berbagai jenis fiber atau powdered cellulose untuk berbagai keperluan industri seperti industri makanan & minuman, industri farmasi, industri pakan temak, industri plastik, industri karet, industri bahan bangunan dan lain-lain.

Meskipun baru didirikan pada tahun 2000, Solvaira Specialties Inc. merupakan hasil merger antara International Fuller Corporation dan Fiber Sales & Development Corporation. International Filler Corporation sendiri didirikan pada tahun 1920. Fiber / powdered cellulose digunakan sebagai bahan dalam beragam jenis makanan dan minuman olahan, antara lain pada produk-produk daging olahan, keju, snack dan bakery JustFiber dan Solka-Floc merupakan dua merk powdered cellulose produksi Solvaira Specialties Inc yang telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk-produk makanan dan minuman olahan.

Secara umum dapat dikatakan bahwa powdered cellulose dengan particle size yang kecil akan memperbaiki tekstur, mouthfeel dan “kekentalan” pada produk-produk sejenis saus dan salad dressing. Sedangkan powdered cellulose dengan particle size yang besar dapat berfungsi sebagai komponen yang memperkuat struktur dan memperbaiki tekstur pada produk-produk sejenis roti dan kue.

Dari sisi kesehatan, powdered cellulose termasuk dalam kategori serat pangan (dietary fiber) yang telah lama diketahui memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan manusia, terutama dalam hubungannya dengan pencegahan berbagai jenis penyakit sepelti konstipasi/sembelit, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, diabetes dan kanker usus besar. Produk-produk daging olahan seperti sosis, baso, patty/burger dan nugget sering anggap sebagai makanan “miskin serat" dan “tidak sehat". Oleh karena itu penambahan JustFiber dan Solka-Floc sebagai serat pangan dapat meningkatkan “nilai jual" dari produk-produk tersebut dengan cara mencantumkan tulisan “diperkaya dengan serat pangan" atau pemyataan sejenis dalam label kemasannya.

JustFiber dan Solka-Floc dapat dihasilkan dari berbagai jenis tanaman, antara lain gandum, bambu, kapas, pea dan kentang. Dengan Dosis pemakaian antara 0,5 - 5% (umumnya digunakan pada dosis 1 - 3%) dari total massa adonan daging, keduanya memiliki kemampuan mengesankan untuk mengikat cairan yang terdapat dalam makanan.

Di PT. Markaindo Anda bisa mendapatkan JustFiber WWF 40 dan JustFiber WWF 200 dengan isi per bag 20 kg. Kegunaan dari produk ini yakni fiber dari bahan gandum yang berfungsi untuk asborpsi kelebihan air / minyak. Jika Anda ingin mendapatkan 2 produk tersebut, Anda bisa mendapatkannya di i PT. Markaindo Selaras. Anda bisa menghubungi mereka di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.