Mengenal Seluk Beluk Serat Pangan Tepung Selulosa

  • tepung selulosa

Saat membeli produk makanan dan minuman dalam kemasan, Anda mungkin tak asing dengan bahan yang bernama powdered cellulose atau tepung selulosa. Ya, tepung selulosa memang merupakan salah satu bahan tambahan yang banyak digunakan dalam makanan olahan. Tapi bukannya berbahaya seperti bahan tambahan pada umumnya, tepung selulosa justru memberikan berbagai manfaat.

Tak percaya? Yuk, ketahui seluk beluk tepung selulosa dan berbagai kegunaannya di dalam makanan yang Anda konsumsi:

Apa itu tepung selulosa?

Tepung selulosa merupakan salah satu jenis serat pangan atau dietary fiber yang banyak digunakan dalam olahan makanan seperti keju, daging, dan juga roti. Tepung selulosa ini terbuat dari serat tumbuhan seperti gandum, bambu, kapas, kentang, dan bahan campuran lainnya yang berfungsi untuk menyempurnakan tekstur maupun rasa dari berbagai makanan olahan.

Apa saja jenis tepung selulosa?

Ada begitu banyak jenis tepung selulosa yang digolongkan berdasarkan penggunaannya. Powdered cellulose ini juga dibuat dengan ukuran dan panjang serat berbeda. Tepung yang memiliki particle size (ukuran partikel) kecil banyak digunakan untuk memperbaiki tekstur dan kekentalan pada produk cair seperti saus. Sedangkan tepung dengan ukuran partikel lebih besar banyak dipakai untuk memperkuat struktur dan memberikan tekstur yang lebih sempurna pada cake atau roti.

Apakah tepung selulosa berbahaya untuk kesehatan?

Meski tepung selulosa jelas bisa menyempurnakan produk makanan olahan, banyak yang masih meragukan kandungan di dalamnya. Apakah tepung selulosa berbahaya untuk kesehatan saat dicampurkan ke dalam makanan? Tentu saja tidak. Powdered cellulose justru memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Karena tinggi kandungan serat, tepung selulosa mampu meningkatkan nilai jual dari produk olahan yang terbuat dari daging dan dikenal rendah serat, misalnya saja nugget atau bakso instan.

Apa saja manfaat tepung selulosa untuk kesehatan?

Bagi yang mengonsumsinya, tepung selulosa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain mencegah konstipasi atau sembelit, menjaga kestabilan tekanan darah, mencegah tingginya kadar kolesterol, mencegah diabetes, serta menghindarkan Anda dari penyakit usus besar. Secara umum, powdered cellulose turut membantu memenuhi kebutuhan serat meski Anda hanya mengonsumsi makanan olahan.

Bagaimana tepung selulosa bisa menyempurnakan produk makanan olahan?

Tepung selulosa mampu melakukan sejumlah ‘keajaiban’ pada produk olahan makanan sehingga dapat meningkatkan kualitasnya. Misalnya saja, tepung selulosa dapat meningkatkan water binding capacity (WBC) dan stabilitas penyimpanan, memberikan tekstur yang lebih pas pada makanan, mempermudah proses emulsi pada bahan-bahan yang digunakan, menjaga kestabilan suhu produk, serta memberikan rasa yang lebih enak.

Apa saja produk tepung selulosa yang bisa digunakan?

Ada beberapa jenis tepung selulosa yang baik digunakan di dalam produk olahan makanan, misalnya saja JustFiber WWF40 yang berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak dan air di dalam makanan. Ada juga jenis JustFiber BFC40 yang memiliki fungsi sama namun terbuat dari bahan bambu. Tersedia pula berbagai ukuran berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berbagai jenis produk tepung selulosa terbaik dan berkualitas seperti JustFiber WWF40 dan Solka-Floc 900FCC bisa Anda dapatkan dengan menghubungi PT. Markaindo Selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Cocok sekali untuk Anda yang ingin memulai bisnis makanan olahan dengan kualitas dan rasa terbaik. Selamat mencoba!