Mengenal Meat Netting dan Aplikasinya

  • meat netting

Pernahkah Anda melihat atau mendengar tentang meat netting ? Secara etimologi, meat netting  berarti ‘Jaring Daging’ atau daging didalam jaring-jaring. Tapi apakah sebenarnya meat netting  itu?

Fungsi utama meat netting adalah agar makanan atau daging bisa dibentuk. Selain itu tujuan utama penggunaan meat netting adalah untuk “mencetak” produk agar tampil lebih menarik, juga berfungsi untuk menggabungkan atau mengikat beberapa bagian daging yang terpisah menjadi satu produk utuh.

meat netting merupakan produk berbentuk jaring atau anyaman melingkar yang disusun secara spiral tanpa sambungan. Jangan khawatir tentang keamanannya, karena meat netting dibuat dari tali karet food grade yang aman bagi makanan. Tali karet ini dibungkus dengan bahan polyester. Semua bahan yang digunakan dalam meat netting ini telah memenuhi peraturan U.S. Code of Federal Regulation title 21 section 177.2600and 177.2800 sehingga aman digunakan untuk industri makanan.

Jenis-jenis Meat Netting

Jika dilihat dari cara pengemasannya meat netting dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

1. Elastic Meat Netting

Adalah jenis meat netting yang memiliki ciri jaring daging yang elastis, berguna untuk meningkatkan konsistensi bentuk produk dan membantu menghilangkan racun. Peregangan meat netting elastis berteknologi tinggi ini sangat ideal untuk berbagai daging panggang, ham tanpa tulang, dada ayam atau kalkun, dan berbagai daging kering. Elastisitas meat netting biasanya berasal dari lateks atau produk karet sejenis. Elastisitas memungkinkan jaring-jaring memberikan tekanan yang lembut untuk menciptakan bentuk dan tekstur daging yang ideal.

2. Color Transfer Meat Casings

Warna sangat penting sebagai daya tarik produk daging. Namun bertahun-tahun industri pengolahan daging berusaha menemukan cara untuk secara konsisten menghasilkan produk dengan warna ideal. Casing daging pada meat netting ini menawarkan sifat penghalang oksigen dan kelembaban tinggi. Ini memungkinkan modifikasi rasa, pewarna dan asap, dan menghilangkan kulit tebal yang ditemukan pada beberapa produk daging asap.

3. High Definition Meat Netting

High Definition (HiDef) meat netting adalah inovasi terbaru. Di masa lalu, jaring daging terbatas pada pola yang meninggalkan sedikit kesan pada daging. Saat ini kombinasi teknik rajutan dan pengolahan semakin baik sehingga memberikan definisi permukaan yang belum pernah terlihat sebelumnya di industri pengolahan daging.

4. Fibrenet Meat Netting

Casing FibreNet adalah meat netting alternatif yang lebih unggul untuk selubung berserat. FibreNet memberikan kontrol diameter yang presisi. Sedangkan peningkatan hasil dan warna yang lebih kaya biasanya dihasilkan dari serat. Salah satu kelemahan besar dari casing berserat adalah rongga udara. Sebagai hasil dari desain FibreNet yang unik, udara yang terjebak di dalam casing akan terlepas dari produk selama proses memasak. FibreNet juga digunakan dalam produksi berbagai macam daging asap dan kukus. Mereka sangat cocok untuk semua jenis daging irisan maupun potong dadu.

5. Spices Meat Netting

Rempah dan bumbu bisa menjadi bahan utama untuk daya tarik produk Anda. Setelah diisi dengan produk mentah dan diolah, bumbu atau bumbu dicampur Anda ditransfer ke bagian permukaan daging yang akan menciptakan rasa yang kaya dan daya tarik pada daging yang meningkat. Meat netting jenis ini memungkinkan Anda untuk mengurangi limbah bahan dan memperbaiki penampilan produk, dan membantu distribusi cita rasa yang ideal pada produk daging Anda.

6. Boneless Meat Netting with Synergy Release

Synergy Release adalah teknologi meat netting paling mutakhir yang ada di pasaran saat ini. PCM telah mengembangkan teknologi bersih mutakhir selama beberapa dekade, dan Synergy Release adalah produk net-casing paling revolusioner.

Desain inovatif Synergy Release menghemat jutaan dolar per tahun melalui pengurangan waktu masak, throughput yang meningkat, peningkatan hasil dan kualitas produk unggulan.

Pelepasan sinergi jaring daging tanpa tulang sangat ideal untuk sapi, kalkun, ayam atau daging tanpa tulang. Ini menawarkan banyak keuntungan penting, yaitu :

-Mengurangi biaya pemrosesan.

-Mengurangi waktu masak sebanyak satu sampai dua jam.

-Mengurangi tenaga kerja untuk pengupasan dan pengelupasan berkat teknologi pelepasan

-Mengurangi penurunan kualitas daging dan meningkatkan penampilan.

-Memungkinkan hasil yang lebih baik, dengan peningkatan throughput sebesar 30%.

-Menghasilkan kulit yang lembut dan menarik.

-Menciptakan permukaan halus

7. Bone-in Meat Netting

Adalah jenis meat netting yang memungkinkan membungkus daging beserta dengan tulang yang ada didalamnya Mereka menggabungkan berbagai pilihan pola, asap, rempah-rempah dan perasa. umumnya digunakan dengan kalkun asap utuh, paha spiral, piknik, ham tanpa tulang, dan ham kering.

Anda dapat membeli meat nettingdi PT Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut tentang meat netting Anda dapat mengakses ke website www.markaindo.co.id atau menghubungi email marketing@markaindo.co.id.