Mengenal Lebih Jauh Tentang Corn Starch

  • corn starch

Bagi Anda yang gemar memasak apalagi membuat kue, pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung  maizena yang terbuat dari pati jagung dengan cara jagung dihaluskan, lalu diambil sarinya, kemudian dikeringkan sampai berbentuk butiran tepung. Tepung yang memiliki nama lain corn starch ini biasa digunakan sebagai pengental untuk saus maupun sup, sebagai anti gumpal pada gula halus, bisa untuk dibuat daging dan ikan olahan, untuk memberikan efek renyah pada kue kering dan  tekstur lembut dan halus pada pudding atau sponge cake dan mempertebal tekstur makanan menjadi lebih baik.  Untuk mendapatkan hasil  makanan yang maksimal biasanya penggunaan corn starch10% hingga 30% dari bahan tepung terigunya. Ada beberapa cara mengolah dan menyimpan corn starch untuk bahan makanan di bawah ini.

Cara Mengolah dan Menyimpan Corn Starch

  • Digunakan untuk bubur atau saus. Tepung maizena memiliki kemampuan untuk mengentalkan saus maupun bubur. Caranya, sebelum dicampurkan ke dalam saus atau bubur, corn starch diberi air untuk dicairkan. Setelah cair dimasukkan ke dalam adonan dan didihkan sampai mengental.
  • Digunakan untuk membuat kentang goreng atau bawang goreng. Agar camilan kentang goreng makin enak dan renyah, setelah kentang direndam ke dalam bumbu atau air garam, kentang atau bawang diberi sedikit corn starch. Corn starch akan menyerap kelembaban yang terdapat pada kentang, sehingga saat digoreng kentang maupun bawang menjadi lebih renyah.
  • Jika membuat kue kering atau cake, corn starch digunakan sebagai pengganti tepung terigu. Bahan yang diperlukan kira-kira 10-30% dari takaran tepung terigunya. Contohnya jika resep yang menjadi referensi Anda mengatakan 200 gram tepung terigu, bila mau memakai corn starch takarannya dikurangi maksimal 30 gram tepung terigunya lalu diganti 30 gram corn starch.

Corn starch memiliki kemampuan untuk meningkatkan kalori. Tidak hanya itu corn starch juga berfungsi sebagai sumber energi dan dapat mencegah gula darah rendah bagi orang yang menderita hipoglikemia nocturnal. Corn starch bisa meningkatkan kalori tanpa memberikan efek pada nafsu makan berlebihan. Corn starch rasanya hambar, sehingga bisa dipakai pada berbagai macam masakan.

Corn starch mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, potassium, zinc dan fosfor. Kalori dalam corn starch  berasal dari kandungan karbohidrat. Dalam satu sendok makan corn starch memiliki kandungan 8 gram karbohidrat. Mengapa karbohidrat sangat penting bagi tubuh? karena karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat dipercaya mampu memberikan Anda energi untuk beraktivitas, sebagai bahan bakar untuk pernapasan, aktivitas otak dan detak jantung.

Untuk mendapatkan corn starchkhusus bahan pangan berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Markaindo Selaras. Markaindo sendiri bekerjasama dengan Meelunie B.V asal Belanda. Meelunie dikenal sebagai pemasok global bahan-bahan meliputi tepung pati, sweetener dan tepung protein dari bahan-bahan alami berupa jenis tanaman kentang, gandum, singkong, jagung, dan padi. Produk Meelunie yang ada di Markaindo selaras mempunyai dua varian dari brand yang berbeda. Brand pertama yakni Windmill yang menjadi produk untuk bahan baku pangan. Yaitu Corn Starch Native Windmill merupakan  tepung pati jagung filler untuk produk daging olahan. Dan kedua adalah Promil yang menjadi produk pakan ternak atau pet foods.

Untuk mendapatkan corn starch atau tepung jagung dari Meelunie yang berkualitas, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras dengan mengakses website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id maupun melalui telfon di nomor 62 - 2187920515 (Hunting) | +62 - 2187920516.