Mengenal Lebih Jauh Mengenai Emulsi Makanan

  • produk emulsi makanan Markaindo

Emulsi Makanan, Apakah Itu ?

Minyak dan air tak akan pernah bisa menyatu, mengapa demikian? Sebab kedua zat tersebut memiliki dua popularitas yang berbeda, oleh karena itu dibutuhkan Emulsi makanan yang dapat menyatukannya.

Anda tentunya sudah tidak asing ketika mendengar kata Emulsi Makanan, tapi apakah anda paham betul mengenai istilah tersebut? Seperti halnya minyak yang tak akan pernah bisa menyatu dengan air, hal ini terjadi karena adanya perbedaan tingkat polaritas di antara dua zat tersebut. Minyak merupakan zat yang memiliki gugus non polar, sedangkan air merupakan molekul yang memiliki gugus polar. Perbedaan ini yang dapat menyebabkan kedua zat tersebut tidak bisa menyatu.

Untuk dapat membuat kedua zat tersebut dapat menyatu dibutuhkan zat pengemulsi atau emulsifier, zat pengemulsi ini memiliki tujuan untuk menyatukan kedua zat tersebut yaitu minyak dan air. Jadi bisa di katakan bahwa Emulsi makanan atau zat pengemulsi adalah suatu zat yang membantu menjaga kestabilan antara minyak dan air.

Secara umum bahan pengemulsi terdiri dari emulsifier alami dan emulsifier buatan (sintesisi), Emulsi makanan dari bahan alami bisa terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Misalnya dari biji kedelai, kuning telur dan sebagainya. Tidak hanya berasal dari kedelai, emulsi alami lainya bisa berasal dari tepung kanji dan susu bubuk. Tepung kanji sendiri merupakan salah satu emulsi makanan yang sangat baik sebagai campuran. 

Sedangkan Emulsi buatan atau sintetis berasal dari hasil rekayasa manusia untuk mendapatkan hubungan antara minyak dan air. Namun, walaupun disebut dengan sintesis. Penggunaan emulsi makanan sintesis, menggunakan bahan-bahan yang berasal dari bahan alami. Misalnya, lemak atau minyak merupakan trigliserida dengan satu gugus gliserol yang memiliki tiga tangan.

Fungsi Emulsi Makanan

berdasarkan sifatnya emulsi makanan berfungsi sebagai mengembang, dan juga dapat mengentalkan bahan makanan lainnya. Keuntungan menggunakan emulsi makanan adalah lebih ekonomis, adonan akan tetap stabil walaupun tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau oven. Sedangkan penggunaan emulsi makanan pada daging giling yang dibuat untuk sosisi, dapat membuat tekstur daging lebih padat dan akan terasa lebih kenyal.

Jika anda ingin menggunakan emulsi makanan pada olahan daging giling, ada baiknya anda dapat menggunakan produk dari D.C.P Ingredients yang dapat membantu konsumen untuk meningkatkan kualitas dan volume dari bahan makanan tersebut.

Jenis Produk D.C.P. Ingredients

Dengan menggunakan produk dari D.C.P. Ingredients para pengguna, dapat melihat perbedaannya sehingga kualitas dari sosis buatan anda akan semakin baik teksturnya. Terdapat tiga jenis produk buatan dari D.C.P. Ingredients:

Kopro B95 I, dapat digunakan pada sistem produksi injeksi. Memiliki butiran yang sangat halus, sehingga dapat digunakan dalam larutan brine/marinasi. Memiliki rasa yang netral dan natural, sehingga dapat digunakan diberbagai jenis daging olahan dan makanan. dalam menggunakan jenis ini dosisnya bisa bervariasi dalam penggunaannya, tergantung dengan resep yang digunakan.

Kopro B95 SF, berbentuk serbuk halus dapat digunakan untuk produk ber-emulsi. Sangat cocok sebagai “meat-extender” untuk produk daging olahan baik emulsi dan ‘reform’. Signifikan mengurangi susut pada produk yang di proses masak/cooked proccess. Netral dan natural, dapat digunakan untuk berbagai produk jenis daging karena rasa yang netral dan natural.

Kopro B95 C, serat atau flakes/serpihan halus kolagen dapat digunakan pada reform produk. Ini merupakan protein yang memiliki performa sangat tinggi untuk produk reform/comminuted, dikarenakan adanya struktur fiber.

Dari ketiga produk tersebut diproduksi dengan protein sapi yang bernilai tinggi, dan tidak mengandung antioksidan serta kandungan lemak yang sangat rendah. Dengan menambahkan emulsi makanan pada daging giling sosis tersebut, dapat meningkatkan kualitas dari sosis buatan anda tersebut.

Apabila anda tertarik untuk menggunakan berbagai jenis produk dari D.C.P. Ingredients tak ada salahnya untuk anda gunakan, sebab produk-produk dari D.C.P. Ingredients terkenal dengan jaminan kualitasnya. Anda bisa mendapatkan semua produk D.C.P. Ingredients di PT. Markaindo Selaras, informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau melalui email marketing@markaindo.co.id