Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Potato Granules

Potato granules  adalah dua produk dehydrated potato yang umum digunakan pada produk makanan ringan berbahan dasar kentang. Potato granules merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk bubuk atau tepung yang mudah terhidrasi kembali ketika ditambahkan ke dalam air panas atau air mendidih. Penggunaan potato granules dalam industri makanan ringan  terutama dimaksudkan untuk mendapatkan produk akhir yang crispy dengan rasa kentang yang kuat, sedangkan penambahan potato flakes terutama dimaksudkan sebagai bahan pengikat ( binder ) karena kemampuan daya ikatnya yang tinggi sebagai akibat adanya kandungan pati bebas yang relatif lebih tinggi dari dalam potato granules. Potato granules digunakan secara luas sebagai salah satu ingredient dalam banyak industri makanan.

Beberapa peneliti menguji lebih lanjut struktur, manfaat tepung kentang, meningkatkan kualitas gizi makanan dengan bahan baku kentang dan mengembangkan kegunaan baru tepung kentang yang sudah dimodifikasi untuk pengolahan makanan. Sekarang ini tepung kentang dimanfaatkan oleh industri pengolahan makanan sebagai pengental, pengikat, pembentuk, bahan anti lengket atau bahan agar-agar. Tepung ( potato granules ) yang berdaya tahan ini pada dasarnya dapat mencapai usus besar dalam keadaan utuh yang dianggap mempunyai efek dan manfaat kesehatan yang secara psikologis mirip dengan serat, yang berguna untuk mencegah terjadinya kanker usus besar, meningkatkan daya tahan glukosa serta kepekaan insulin dan menurunkan kolesterol plasma serta konsentrasi trigliserida.

Potato granules adalah produk olahan kentang yang terdehidrasi atau kentang kering yang bentuknya seperti powder (bubuk) atau tepung yang gampang sekali terhidrasi kembali jika dicampur atau ditambah air panas atau mendidih. Produk yang bisa dihasilkan dari bahan potato produk olahan kentang ini adalah makanan ringan seperti snack yang berbahan dasar kentang. Kegunaa dari potato granules pada snack adalah agar makanan yang dihasilkan menjadi renyah, crispy dengan rasa kentang yang terasa. Potato granules sebenarnya hampir sama dengan potato flakes, bisa digunakan untuk bahan campuran pada makanan ringan berbahan baku kentang hasil ekstrusi atau extruded maupun yang berupa lembaran , bisa juga diolah untuk membuat mashed potato instan, maupun makanan seperti kroket, perkedel, kentang goreng, sup, saus yang berfungsi sebagai bahan pengental, lalu juga kue kering maupun olahan daging  serta ikan, dumpling dan masih banyak lagi.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, bidang pangan pun tidak ketinggal dari berbagai penemuan terbaru. Jika dulu sulit mengolah makanan untuk meningkatkan ketahanan, rasa, maupun daya jualnya, saat ini terasa lebih mudah dilakukan, karena banyak sekali bahan makanan segar yang kini bisa ditemukan dalam bentuk kering dan digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya saja potato granules. Produk olahan kentang ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk mendapatkan produk akhir yang renyah dengan rasa kentang yang kuat. Tetap saja, sebagian orang masih takut menggunakan bubuk kentang sebagai bahan campuran karena khawatir dengan kandungan nutrisi maupun keamanannya. Padahal, produk olahan kentang ini  aman dikonsumsi karena melalui proses pengolahan yang higienis dan tentu saja terjaga kualitas gizi dan lain-lainnya.

Saatnya untuk tidak mengandalkan tepung terigu, apalagi produk impor dengan harga terigu yang smakin mahal. Saatnya mulai menggunakan tepung local, salah satunya tepung kentang ( potato granules ). Tekonologi yang digunakan cukup sederhana, bisa dibuat oleh siapa saja dan gizinya cukup baik.

Berikut bahan – bahan dan cara pembuatan tepung kentang:

Ingredients:

- kentang

- bisulfit

Anda bisa memperoleh potato granules di website resmi PT. Markaindowww.markaindo.co.id atau melalui email di marketing@markaindo.co.id