Mengenal Lebih Dekat Sosis Sapi yang Banyak Disukai

Sosis adalah makanan cepat saji yang sangat praktis, dengan rasa yang enak, gurih, murah serta mudah Anda jumpai. Makanan instan yang satu ini merupakan makanan yang dibuat dari daging cincang, lemak hewan, dan bahan-bahan lain. Bentuk sosis pada umumnya bulat dan panjang. Sosis sendiri terdiri dari sosis mentah dan juga sosis matang. 

Kini sosis sering dijadikan santapan untuk berbagai hidangan utama, termasuk untuk sarapan. Perlu diketahui dengan menyajikan bahan sosis sapi yang gurih dan kenyal untuk salah satu menu sarapan dipercaya bisa memberi tambahan energi untuk memulai aktifitas.

Sosis sapi bisa Anda nikmati dengan langsung memakannya atau disajikan dengan kreasi masakan sosis lainnya seperti untuk campuran mie rebus atau goreng, nasi goreng, atau juga omelet. Hidangan praktis ini sangat cocok untuk dijadikan menu pilihan sarapan. Bahan sosis yang dibuat dari bahan dasar daging sapi diketahui mengandung nutrisi penting seperti zat besi, zink dan vitamin B, yang bisa memberikan tambahan energi.

Bukan hanya itu, daging sapi juga mengandung asam oleat yang baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak ini akan bekerja dengan menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Selain itu dipercaya sebagai sumber protein yang berkualitas tinggi.

Di pasaran Sosis sapi jenisnya terbagi menjadi dua, ada yang khusus untuk digoreng dan ada pula yang dimasak dengan cara lain. Untuk membedakannya bisa dilihat dari keterangan yang ada pada kemasan seperti sosis goreng, hotdog atau frankfurter. Sekarang bahkan ada jenis sosis sapi yang diberi isian keju, merica hitam atau potongan daging asap. Maka dari itu baca dengan teliti info pada kemasan dan pilih sesuai keperluan.

Kini perkembangan  sosis bukan hanya pada sosis sapi saja. Tapi juga sudah banyak dibuat sosis yang terbuat dari daging ayam dan ikan. Keduanya juga diketahui mengandung banyak nutrisi dan dapat meningkatkan energi. Ada juga yang halus teksturnya dan sangat kenyal karena memakai bahan pengenyal. Pilihlah bahan sosis sapi yang berwarna alami, teksturnya agak kasar sebagai tanda dibuat dari daging sapi asli.

Dengan berbagai macam harga dan pilihan merek, Anda, baik sebagai konsumen maupun produsen yang hendak membangun bisnis rumahan, harus teliti dalam membeli sosis. Karena tidak semua sosis yang beredar di pasaran berbahan dasar alami dan layak konsumsi.

Berikut beberapa aspek sosis berkualitas yang perlu Anda tahu.

1. Kemasan

Sosis yang berkualitas dan terjamin dikemas menggunakan kemasan bermerk dengan keterangan nama produsen, alamat, komposisi, info nutrisi (AKG),  tanggal kadaluwarsa dan tercantum nomor registrasi BPPOM.

2. Warna

Pergatikan warna sosis saat membelinya, sosis daging memiliki warna coklat kemerahan layaknya daging sapi. Sedangkan sosis ayam berwarna coklat pucat alami layaknya daging ayam.

3. Aroma

Sosis yang terbuat dari daging sapi dan ayam akan mengeluarkan aroma sesuai bahan dasarnya, yakni daging. Aroma ini tidak begitu menyengat tapi tetap tercium hidung.

4. Tekstur

Sosis berbahan alami memiliki kekenyalan yang sedang. Tidak terlalu kenyal atau keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Saat sosis dipotong, Anda akan melihat permukaan berpori yang berasal dari tekstur daging yang dihaluskan.

5. Ketika dimasak

Sosis berkualitas warnanya tidak akan luntur ketika Anda memasaknya, baik ketika di goreng, rebus, maupun bakar. Selain warna, sosis alami juga tidak terlalu mengembang ketika dimasak dan dengan cepat mengerut setelah suhu mulai mendingin.

6. Rasa

Ketika dimakan, sosis berkualitas akan terasa daging yang kuat beserta aneka bumbu yang diapakai dan tidak getir di mulut.

7. Harga

Karena menggunakan daging dan bumbu berkualitas, harga jual sosis alami tentu lebih mahal. Umumnya, sosis alami dipatok dengan harga lebih dari Rp 100.000 per kilogram.

Sebenarnya sosis berkualitas dan layak dikonsumsi bisa Anda buat sendiri dirumah. Anda hanya membutuhkan daging dan bumbu sebagai bahan, serta casing sosis untuk membentuknya.

Jika anda berniat membuat sosis sendiri baik untuk dikonsumsi sendiri maupun bisnis rumahan, PT. MARKAINDO SELARAS menyediakan berbagai pilihan casing sosis dari produsen-produsen ternama seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan jaminan kualitas dan harga yang terjangkau, casing sosis ini bisa Anda gunakan untuk industri sosis homemade. Berminat membelinya? Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.