Mengenal Kelezatan 5 Jenis Sosis dari Thailand

  • 5 Jenis Sosis dari Thailand

Selama ini, Anda pasti mengenal sosis sebagai makanan yang berasal dari Eropa, lebih tepatnya Jerman. Hal tersebut memang benar, namun bukan berarti negara di Asia sama sekali tak memiliki sosis tradisional. Tak disangka, Thailand yang terletak di Asia Tenggara ternyata memiliki sosis sebagai hidangan tradisional mereka.

Dari segi rasa, tentu saja berbeda dengan sosis yang berasal dari Eropa. Beberapa daerah di Thailand yang terkenal dengan sosisnya adalah Mae Hong Son, Chiang Mai, dan Chiang Rai. Seperti halnya sosis di negara lain, sosis di Thailand juga terbuat dari cincangan daging dengan casing yang terbuat dari usus hewan. Namun sosis di Thailand lebih banyak terbuat dari daging babi dengan bumbu berupa porongan cabai, jahe, kacang yang dipanggang, kubis, dan daun ketumbar.

Nah, berikut ini 5 jenis sosis paling terkenal di Thailand yang perlu Anda tahu:

Sai Oua

Sai Oua merupakan sosis daging babi yang dibuat dengan banyak sekali campuran rempah termasuk serai, cabai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, kecap ikan, dan juga daun jeruk. Nama Sai Oua sendiri berarti ‘isian usus’ karena sosis jenis ini menggunakan casing berupa usus hewan. Sai Oua memiliki rasa yang sangat kaya rempah dan teksturnya sedikit kering karena diolah dengan cara dipanggang dikukus kemudian dipanggang di atas arang.

Naem

Naem tergolong jenis sosis yang unik, karena terbuat dari kulit babi, bawang putih, cabai, dan juga beras ketan. Campuran seluruh bahan tersebut kemudian difermentasikan di dalam sebuah gentong tanah liat tradisional Thailand. Ada dua jenis hidangan Naem, yakni Yam Naemkhaothot atau dikenal juga dengan nama Naemkhluk, terbuat dari bola nasi yang renyah dan juga sosis babi fermentasi. Sedangkan jenis hidangan lainnya adlah Yam Naem yang terdiri dari sosi babi dengan rasa asam, serai, cabai, bawang, dan kacang serta dibumbui kecap asin. Naem merupakan sosis yang banyak digunakan sebagai campuran nasi goreng, tumisan, serta salad.

Sai Krok Isan

Sosis lain yang juga terkenal di Thailand adalah Sai Krok Isan yang terbuat dari daging babi dan dibumbui dengan bawang putih serta lada putih. Yang unik dari jenis sosis ini adalah penggunaan daging babi yang sudah difermentasi selama beberapa hari sehingga menimbulkan rasa asam. Sai Krok Isan biasanya disajikan dengan bola-bola nasi yang dipanggang di atas arang hingga renyah.

Moo Yor

Moo Yor merupakan sosis putih yang terbuat dari daging babi giling dan berbagai bumbu aromatik yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tidak seperti ketiga sosis sebelumnya yang memiliki rasa berempah, Moo Yor rasanya sangat ringan dan bisa dengan mudah dicampurkan ke dalam berbagai masakan. Moo Yor juga nikmat dimakan sebagai hidangan tunggal dengan cara dikukus atau digoreng.

Koon Chiang

Koon Chiang merupakan sosis dari Cina yang sangat terkenal di Thailand. Dalam proses memasaknya, digunakan sake, gula, dan kecap manis sebagai bumbunya. Sosis jenis ini bisa digoreng dan dikonsumsi bersamaan dengan salad maupun nasi goreng.

Meski kebanyakan sosis Thailand terbuat dari daging babi, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi. Untuk bumbunya, sebagian besar juga bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Sedangkan untuk casingnya, bisa didapatkan di PT Markaindo Selaras dengan membuka situs www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id.