Mengenal Jenis-Jenis Sosis Berdasarkan Cara Pengolahannya

  • Jenis Sosis

Sosis merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dikonsumsi saat mendesak. Sebab sosis sangat mudah disimpan dan bisa dengan cepat diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Bahkan hanya dengan digoreng, sosis sudah bisa jadi lauk yang cukup mengenyangkan. Nah, selama ini Anda mungkin hanya mengenal sosis berdasarkan bahan pembuatnya, seperti sosis daging sapi, sosis ayam, dan sosis ikan.

Namun ternyata jenis sosis masih banyak lagi, terutama digolongkan dari proses pengolahannya. Untuk Anda yang suka mengonsumsi sosis, yuk kenali beberapa jenis sosis berdasarkan proses pengolahannya berikut ini:

Fresh sausages

Yang pertama adalah jenis fresh sausages alias sosis mentah. Sosis jenis ini tidak bisa langsung dikonsumsi karena daging yang digunakan masih dalam kondisi mentah dan hanya dibumbui saja. Sosis jenis ini harus disimpan di dalam freezer supaya tahan lama. Di Indonesia memang jarang ada sosis mentah semacam ini, namun Anda bisa membuat sendiri kemudian membekukannya sebelum dikonsumsi. Sosis mentah bisa dimasak menjadi berbagai jenis makanan, misalnya saja direbus, dikukus, dipanggang, maupun digoreng.

Precooked sausages

Jenis sosis satu ini merupakan yang paling banyak dijual di pasaran. Precooked sausages merupakan jenis sosis yang sudah melalui proses pemasakan di pabrik, biasanya dengan cara direbus. Ciri dari sosis jenis ini adalah teksturnya yang sedikit lebih keras dibanding dengan sosis mentah. Meski sudah direbus sebelumnya, precooked sausages sebaiknya tetap dimasak sebelum dikonsumsi. Namun perhatikan terlebih dahulu apakah sosis menggunakan kulit yang bisa dimakan atau tidak. Jika sosis menggunakan kulit plastik, pastikan untuk mengupasnya sebelum diolah dan dikonsumsi.

Smoked sausages

Beberapa jenis sosis seperti andouille dan kielbasa melalui proses pengasapan sebelum dikonsumsi. Setelah sosis direbus, maka sosis digantung dan diletakkan di dalam ruang pengasapan yang membuat teksturnya menjadi lebih kering. Sosis yang sudah melalui proses pengasapan cenderung memiliki rasa lebih kuat tergantung dari jenis kayu yang digunakan untuk mengasapi. Smoked sausages seperti ini sudah bisa langsung dikonsumsi dan akan enak pula jika dicampurkan dengan hidangan lainnya.

Cured sausages

Jenis yang satu ini tergolong jarang ditemui di Indonesia, namun sangat lazim didapatkan di Italia misalnya saja salami atau di Perancis seperti charcuterie. Jenis sosis ini terbuat dari daging mentah yang kemudian diasinkan dan dibiarkan di dalam suhu ruang selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Seiring berjalannya waktu, daging di dalam sosis akan matang karena adanya garam dan juga udara. Sosis dengan jenis ini akan memiliki tekstur yang cenderung alot dengan rasa tajam. Biasanya, cured sausages digunakan sebagai appetizer dan dikonsumsi bersama dengan keju.

Membeli sosis siap saji memang lebih praktis, namun tak ada salahnya Anda mencoba membuat sosis sendiri di rumah. Dengan cara ini, Anda bisa bebas memilih jenis daging yang akan digunakan. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis rempah yang dapat menciptakan rasa berbeda. Jangan lupa pula memilih pembungkus atau kulit sosis yang berkualitas, seperti Visko Plastik Casing.

Ada jenis casing yang bisa langsung dikonsumsi sehingga lebih praktis. Dengan cara ini, sosis bisa langsung disantap tanpa perlu dikupas lagi kulitnya setelah selesai direbus. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis casing berkualitas di PT Markaindo Selaras melalui www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id