Mengenal Jenis Burger Serta Kandungannya

  • isolat protein

Burger Menjadi Makanan Favorit

Salah satu makanan siap saji yang saat ini banyak dikonsumsi adalah burger. Selain karena alasan praktis, kepopuleran burger juga ditunjang oleh rasanya yang enak, harganya yang tidak terlalu mahal, serta ketersediaannya di berbagai tempat. Saat ini burger dengan mudah dapat kita jumpai di kota-kota besar maupun kecil.  


Jenis Burger


Burger merupakan produk daging giling segar. Komposisi utama burger adalah daging, yang umumnya mencapai 80 persen. Syarat mutu burger murni adalah lemak sapi yang ditambahkan tidak boleh lebih dari 49 persen; serta tanpa penambahan air, bahan pengikat, dan bahan pengisi. Terdapat beberapa jenis burger yang dikenal di berbagai penjuru dunia, seperti beef burger, chicken burger, dan fish burger. Selain jenis burger itu, terdapat pula jenis burger lain yaitu garden burger, yaitu burger yang terbuat dari sayuran tanpa daging. Di Indonesia juga dikembangkan jenis burger lain, yaitu tempe burger. Kedua jenis burger tersebut sangat cocok untuk para vegetarian.  Burger biasanya disajikan dalam bentuk sandwich, yaitu diletakkan di antara setangkup roti.

Bahan Pengisi dan Pengikat


Bahan pengisi dan bahan pengikat adalah bahan-bahan bukan daging yang ditambahkan dalam produk dengan tujuan untuk meningkatkan stabilitas, menurunkan penyusutan sewaktu pemasakan, memperbaiki sifat irisan, mengikat air, membentuk tekstur, dan memberikan warna yang khas. 

Bahan pengikat dapat berupa bahan nabati maupun hewani. Berdasarkan sifat elastisitasnya, bahan pengikat dapat dibedakan menjadi bahan pengikat kimiawi (misalnya garam-garam polifosfat) dan bahan pengikat natural. Bahan pengikat natural dibedakan menjadi bahan pengikat hewani (misalnya tepung ikan atau susu skim) dan bahan pengikat nabati (misalnya tepung kedelai atau isolat protein). 

Isolat protein adalah suatu produk berbentuk tepung halus yang hampir bebas dari karbohidrat, serat, dan lemak. Sifat fungsional dari isolat protein jauh lebih baik dari tepung kedelai biasa. Isolat protein memiliki beberapa fungsi dalam olahan daging seperti penyerapan dan pengikat lemak, pengikatan flavor, pembentuk dan menstabilkan emulsi lemak dan membuat ikatan disulfide. Selain itu, isolat protein juga berfungsi untuk memperbaiki kandungan gizi produk makanan yang diproduksi.

Jika Anda tertarik membeli produk isolat protein, Markaindo menyediakan berbagai macam produk isolat protein untuk Anda, yaitu Marksoy 90, produk isolat protein kedelai yang mengandung kadar protein kedelai sebesar 90%, dan Cornmark 70, produk isolat protein kedelai yang mengandung 70% protein kedelai. Selain menjual isolat protein, Markaindo juga menyediakan produk TSP bedanya dengan isolat protein kedelai adalah TSP (Texturized Soy Protein) lebih bertekstur dibandingkan dengan isolat protein kedelai yang berbentuk bubuk.

Tak perlu khawatir lagi, Anda dapat membeli isolat protein secara online. Sebelum membeli, Anda juga dapat melihat produk dan memilihnya terlebih dahulu. PT. Markaindo Selaras hadir sebagai distributor yang siap menjawab kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id. Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin. Anda akan mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan cepat dan puas.