Mengenal 3 Jenis Kulit Sosis yang Mudah Digunakan

Industri makanan memang menjadi salah satu jenis usaha yang layak dicoba. Kebutuhan manusia akan makanan yang tak pernah terhenti memang menjanjikan keuntungan besar untuk para pedagang. Salah satu usaha yang sangat menjanjikan adalah industri rumahan sosis. Makanan satu ini banyak digemari karena rasanya yang enak, bernutrisi, dan juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Untuk membuatnya pun cukup mudah, apalagi saat ini kulit sosis sudah banyak tersedia di pasaran.

Secara umum, ada 3 jenis kulit sosis yang mudah digunakan dan bisa Anda jadikan salah satu bahan baku pembuatan sosis. Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Natural casing

Salah satu jenis kulit sosis terbaik adalah natural casing yang terbuat dari usus hewan seperti sapi atau kambing. Banyak yang mempertanyakan kehalalan kulit sosis jenis ini, namun tak perlu khawatir selama bahan pembuatnya halal, misalnya saja sapi atau kambing. Di luar negeri memang banyak natural casing yang terbuat dari usus babi. Namun di Indonesia, jenis ini sangat jarang ditemukan karena tidak halal.

Natural casing memiliki ukuran yang beragam sehingga Anda bisa lebih mudah memilih sesuai ukuran sosis yang ingin dibuat. Kelebihan dari kulit sosis ini adalah bisa dimakan karena terbuat dari daging. Anda pun tak perlu repot ‘mengupas’ casing ini setelah sosis matang. Namun kekurangannya, natural casing cenderung lebih tipis karena terbuat dari bahan alami sehingga mudah sobek. Anda harus berhati-hati saat memasukkan isian sosis agar kulit tidak pecah saat direbus atau dipanggang.

Collagen casing

Collagen casing juga merupakan salah satu jenis kulit sosis yang banyak digemari karena bisa dimakan. Sama seperti natural casing, collagen casing juga terbuat dari daging hewan namun telah diolah sedemikian rupa di pabrik sehingga memiliki elastisitas yang lebih baik dengan ketebalan bervariasi. Ada collagen casing berdiameter kecil dan tipis, namun ada juga yang berdiameter besar dan lebih tebal.

Jika Anda ingin membuat sosis yang terbuat dari daging sapi, pilihlah kulit sosis yang tebal sehingga tidak mudah pecah saat diolah. Kelebihan dari kulit sosis ini adalah jenisnya yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga bisa langsung disantap tanpa perlu dikupas. Namun bagi Anda yang ingin membuat sosis jenis wieners (yang kulitnya bisa dikupas), sebaiknya tidak memilih casing jenis ini karena nantinya penampilan sosis akan kurang menarik saat sosisnya dikupas.

Fibrous casing

Ada lagi jenis kulit sosis  yang disebut fibrous casing. Casing jenis ini terbuat dari kertas yang dilapisi selulosa atau protein buatan sehingga tidak bisa dimakan. Jenis kulit ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membuat sosis panggang karena terdapat banyak variasi diameter dan ketebalan. Sosis yang menggunakan fibrous casing akan lebih mudah diolah dan tidak gampang pecah.

Anda juga bisa memilih warna berbeda untuk kulit sosis sehingga produk terlihat lebih menarik. Namun yang perlu diingat, kulit sosis jenis ini harus dikupas sebelum disantap karena casing-nya tidak dapat dimakan. Meski demikian,  fibrous casing tetap aman digunakan dalam pengolahan dengan panas tinggi.

Tak perlu bingung mendapatkan kulit sosis yang sesuai untuk usaha Anda, seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.