Mencicipi Ragam Sosis Bratwurst Khas Jerman

Sosis bratwurstmerupakan hidangan tradisional khas Jerman yang umumnya terbuat dari daging babi. Namun dalam perkembangannya, banyak pula bratwurst yang dibuat dari daging sapi. Menurut sejarah, bratwurst pertama kali dibuat pada tahun 1313 di Franconian City, Nuremberg. Hingga kini, daerah tersebut dikenal sebagai tempat lahirnya sosis khas Jerman.

Di Jerman sendiri, resep dan bumbu yang digunakan dalam sosis bratwurstsangat beragam tergantung daerah asalnya. Ada sekitar 40 jenis sosis bratwurstyang tersebar di Jerman dan juga telah menginvasi beberapa negara lain seperti Amerika. Karena rasanya yang sangat nikmat, sosis khas Jerman ini pun akhirnya dikenal di seluruh dunia.

Bagi para pecinta sosis, mungkin bisa mengambil inspirasi dari berbagai jenis sosis bratwurstini untuk membuat sendiri hidangan favorit Anda:

Coburger Bratwurst

Jenis sosis ini berasal dari Coburg, Bavaria, dan terbuat dari daging sapi muda. Bumbu yang biasanya digunakan di dalam sosis ini adalah garam, lada, pala, dan parutan kulit lemon. Sosis bratwurstini memiliki tekstur yang sedikit kasar dengan panjang sekitar 25 cm. Secara tradisional, sosis ini sering diolah dengan cara dibakar kemudian disajikan bersama dengan roti gulung yang dikenal dengan nama Brötchen.

Fränkische Bratwurst

Jenis sosis ini berukuran lebih pendek dari Coburger Bratwurst, hanya sekitar 10 hingga 20 cm saja. Bentuknya lebih tebal dan besar dengan tekstur daging yang masih kasar. Sosis ini berasal dari daerah Franconia atau Franken yang umumnya disajikan dengan sauerkraut (salad kubis khas Jerman) dan juga salad kentang.

Kulmbacher Bratwurst

Kulmbacher Bratwurst berasal dari kota Kulmbach, Bavaria. Jenis sosis bratwurst ini terbuat dari daging sapi muda yang digiling halus. Itulah mengapa tekstur Kulmbacher Bratwurst jauh lebih halus dibandingkan dengan Coburger Bratwurst atau Fränkische Bratwurst. Ukurannya pun lebih kecil namun memiliki panjang yang hampir sama dengan Fränkische Bratwurst.

Nürnberger Rostbratwurst

Hanya berukuran sekitar 10 cm dengan diameter yang kecil, sosis jenis ini biasanya disajikan dalam porsi besar yang terdiri dari 6 hingga 12 batang. Nürnberger Rostbratwurst biasa disajikan dengan horseradish (acar lobak pedas ), sauerkraut, dan salad kentang.

 

Nordhessische Bratwurst

Nordhessische Bratwurst merupakan salah satu jenis bratwurst paling tradisional yang berasal dari Northern Hessen. Jenis sosis bratwurst ini terbuat dari daging babi yang digiling dan dibumbui dengan berbagai rempah. Dengan panjang sekitar 20 cm, Nordhessische Bratwurst biasanya diolah dengan cara dibakar dan disajikan dengan saus mustard.

Rote Wurst

Jenis sosis ini cukup unik karena memiliki rasa pedas dan terbuat dari campuran daging babi giling serta bacon. Sosis ini biasanya diolah dengan cara digoreng yang akan memaksimalkan rasa bumbu di dalamnya. Ada juga jenis sosis yang hampir serupa dan juga memiliki rasa pedas, yaitu Thüringer Rostbratwurst. Kedua jenis sosis ini biasanya disantap dengan roti dan mustard.

Würzburger Bratwurst

Würzburger Bratwurst yang juga dikenal dengan nama Winzerbratwurst berasal dari kota Würzburg. Sosis ini terbuat dari campuran daging babi giling dan wine yang berasal dari kota Franken. Sulit untuk mendapatkan sosis khas Jerman ini selain jika Anda berkunjung langsung ke kota asalnya.

Ingin mencoba berkreasi dan membuat sosis bratwurst ala Anda sendiri? Gunakan casing kolagen Devro agar proses pembuatan lebih mudah dan sosis tidak mudah pecah. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.