Menambah Daya Tahan Sosis Beku Dengan ABASTOL 2060 S Dan Devro Polyamide Casing

  • ABASTOL 2060 S untuk menambah daya tahan sosis

Daya tahan makanan beku

Cara penyimpanan makanan beku dengan cara di freezer pada suhu kurang dari 0 derjat Celcius, tidak akan membunuh mikroorganisme atau bakteri penyabab pembusukan. Namun, hanya mampu menghambat pertumbuhannya. Ketika di keluarkan dari freezer dan berada di suhu ruangan, mikroorganisme akan kembali aktif dan berkembang biak.

Makanan beku berbentuk nugget yang disimpan dalam freezer memiliki daya tahan sekitar 1 hinga 3 bulan. Makanan olahan daging seperti sosis, ham, dan bakso dapat bertahan hingga 2 bulan jika disimpan dalam suhu beku secara terus-menerus. Sedangkan ayam goreng beku dapat bertahan hingga 4 bulan.

Untuk meningkatkan daya tahan produk, Anda bisa menympannya pada suhu dibawah -18 derajat Celcius. Semakin rendah suhu yang digunakan untuk menyimpan, daya tahan makanan beku akan bertambah.

Begitu pula jika Anda menyimpannya dalam suhu lemari es normal tanpa di freezer. Makanan beku akan bertahan hanya selama 1 hingga 2 hari dan harus segera di konsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya simpan makanan beku pada suhu serendah mungkin dan segera habiskan setelah dibuka. Makanan beku, seperti sosis, nugget, kentang, dan scallop memang dapat bertahan lama karena disimpan dalam freezer. Namun, jika Anda melakukan cara yang salah dalam menyimpannya, kualitas makanan beku dapat menurun, bahkan merubah rasanya. Agar kualitas makanan beku tetap terjaga, perhatikan hal-hal berikut.

Ciri makanan beku rusak

Makanan beku sebaiknya memang dihabiskan sekali waktu. Jika masih ingin menyimpannya dan memasak di lain waktu, usahakan agar tidak terlalu sering mengeluarkan masukkan kedalam kulkas. Makanan beku yang sering keluar masuk lemari es memiliki risiko terkontaminasi lebih tinggi. Sehingga makanan bisa cepat busuk meskipun disimpan di freezer.

Kontaminasi yang terjadi memang tidak terlihat, namun, kerusakan pada makanan beku bisa Anda perhatikan secara fisik. Seperti tekstur yang melunak, bau yang tidak sedap, berubah warna, atau pun ditumbuhi jamur.

Jika kemasan masih tertutup rapat, tapi menggelembung dengan kuat, bisa jadi makanan beku tersebut juga telah rusak. Karena terlalu banyak oksigen yang masuk dan memudahkan mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang biak.

Cara mempertahankan kualitas makanan beku

Agar makanan beku tetap berkualitas, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana berikut:

1. Lakukan defrost atau menghilangkan kebekuan dengan cara memindahkan makanan beku kedalam ruang utama lemari es dan biarkan es mencair perlahan, rendam dalam air dingin, serta gunakan microwave. Menghilangkan kebekuan makanan dengan cara meletakkan pada suhu ruangan dapat menurunkan kualitas makanan beku.

2. Saat berbelanja, usahakan untuk membeli makanan beku setelah Anda selesai membeli barang atau kebutuhan yang lain. Usahakan untuk menjadikan makanan beku sebagai bagaian terakhir dari kegiatan berbelanja Anda, sehingga makanan tersebut tidak terlalu lama berada pada ruangan dan kualitasnya tetap terjaga.

3. Setelah berbelanja, segera ambil produk makanan beku Anda dan simpan di dalam freezer. Terlalu lama berada di suhu ruangan dapat menurunkan kualitas makanan beku dan membuatnya mudah busuk.
 

Selain hal-hal penting di atas, untuk memastikan kualitas makanan beku, Anda bisa memilih makanan beku yang memiliki kemasan, bukan makanan beku curah. Memang harga makanan beku curah jauh lebih murah. Tapi, dijual dalam keadaan terbuka, makanan curah juga sangat mudah terkontaminasi. Misalnya saja untuk sosis, Anda bisa memilih sosis dengan selongsong berbahan Devro Polyamide Casing. Devro Polyamide Casing memiliki harga yang lebih murah dibanding jenis casing sosis lainnya, juga dapat meningkatkan daya tahan produk. Selain menggunakan Devro Polyamide Casing sosis Anda juga bisa menggunakan  ABASTOL 2060 S, karena fungsi dari ABASTOL 2060 S adalah untuk menjaga tekstur sosis agar tetap kenyal dan menjaga kadar air dalam sosis agar tidak mudah rusak.

Jika Anda bertindak sebagai produsen sosis, agar makanan beku bisa lebih awet tanpa tambahan bahan pengawet, Anda bisa menggunakan Devro Polyamide Casing dan gunakan juga ABASTOL 2060 S untuk hasil yang lebih maksimal. Devro Polyamide Casing sosis terbuat dari polyamide yang aman untuk digunakan pada makanan, ABASTOL 2060 S juga sudah terbukti aman untuk makanan karena produk  Fosfat dari Budenheim sendiri sudah berstandard Internasional. Selain itu harga Devro Polyamide Casing juga tergolong murah sehingga bisa meningkatkan keuntungan usaha sosis Anda dengan kata lain dapat menurunkan biaya produksi. Dapatkan Devro Polyamide Casing sosis dan ABASTOL 2060 S dengan menghubungi PT Markaindo Selarasmelalui website markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.