Memilih Bahan Baku Makanan Berkualitas: Bagaimana Caranya?

  • Bahan baku makanan

Belanja bahan baku makanan adalah sebuah aktivitas rutin yang tidak bisa kita hindari jika kita berumah tangga ataupun memiliki usaha rumah makan. Maka dari itu, akan berakibat sangat fatal bila bahan makanan yang kita beli saat berbelanja berkualitas buruk karena ketidaktahuan kita atau hanya karena terlalu lemah terkena bujuk rayu penjual serta diskon yang membuat harganya menjadi lebih murah dan menggoda.

Penting untuk diingat: jangan mudah percaya begitu saja dengan iming-iming diskon agar dapat membeli bahan baku makanan dalam jumlah yang lebih banyak. Tentu boleh-boleh saja menimbun pakaian atau perabot rumah tangga, tetapi lain urusannya bila produk yang Anda butuhkan memiliki masa kadaluarsa seperti bahan makanan baik daging, sayuran dan produk olahan lainnya. Biasanya, bahan makanan yang di diskon akan sangat dekat dengan masa kadaluarsanya sehingga perlu ketelitian dan kejelian yang kuat saat membeli bahan baku makanan supaya produk yang didapatkan memiliki kualitas yang baik. Berikut akan kami berikan tips dalam memilih bahan baku makanan berkualitas.

1. Daging Sapi

Daging sapi yang berwarna merah cerah tanpa bercak gelap, permukaannya mengilap, tidak pucat, seratnya halus, dan berwarna kekuningan adalah daging sapi yang kualitasnya layak untuk dikonsumsi. Bila ternyata teksturnya kaku dan berwarna gelap, itu artinya pemotongan dilakukan pada kondisi yang tidak tepat, misalnya hewan sedang dalam keadaan stress atau tidak diistirahatkan sebelum pemotongan. Jangan membeli daging sapi yang berwarna cokelat karena pasti sudah terkena udara terlalu lama. Juga, kualitas daging sapi yang baik dapat terlihat dan terasa karena jika dipegang masih terasa basah, tetapi tidak lengket di tangan, tetap elastis serta tidak terasa terlalu lunak.

2. Daging Ayam

Daging ayam yang baru dipotong kulitnya akan tampak mengkilap, berwarna segar, berbau khas ayam, dagingnya kenyal serta memiliki kulit yang kencang. Sebisa mungkin hindari membeli daging ayam yang memiliki memar di kulitnya, terutama di daerah sayap karena hal ini dapat menjadi sebuah tanda bahwa ayam itu sebenernya sudah mati sebelum dipotong. Waspadai ayam dengan harga yang terlalu murah dari standar harga pasar, terlebih jika dilakukan oleh pedagang musiman. Hal itu dapat mengindikasikan ayam yang dijual ternyata adalah ayam tiren atau ayam hasil curian. Perhatikan baik-baik kondisi badan ayam. Jika terlihat bulat dan bengkak, kemungkinan besar ayam sudah disuntik dengan air untuk menipu pembeli.

3. Daging Kambing

Warna daging kambing seharusnya lebih gelap dibandingkan daging sapi. Perhatikan juga bahwa seratnya lebih halus dan lembut, sedangkan lemaknya keras dan kenyal serta berwarna putih kekuningan. Patut diingat pula bahwa daging kambing seharusnya mudah dikenali karena baunya khas dan cukup tajam.

Nah, setelah membaca banyak sekali tips yang kami berikan tentang memilih bahan baku makanan berkualitas, semoga Anda menjadi lebih waspada lagi dalam membeli produk-produk untuk dikonsumsi oleh Anda dan keluarga. Bila Anda orang yang senang memasak dan mengolah bahan baku, baiknya Anda juga membeli bahan baku makanan Anda di PT. Markaindo Selaras yang menjual bahan baku makanan dengan kualitas terbaik dari distributor terpercaya seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing. Anda. Bila berniat untuk membelinya, Anda bisa langsung menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id