Membuat Sosis Sapi Goreng di Rumah? Berikut Resepnya

  • sosis sapi goreng

Sosis adalah makanan yang terbuat dari olahan daging dengan kandungan protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena rasanya yang lezat dan pas disajikan dengan beragam masakannya lainnya, sosis menjadi kuliner yang digemari oleh berbagai kalangan.

Salah satu jenis sosis yang digemari adalah sosis sapi goreng. Hal ini dikarenakan oleh beragam manfaat yang bisa didapatkan. Sebagai contoh, sosis mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mendukung metabolisme tubuh, serta membantu pembentukan janin bagi para wanita.

Sayangnya, mengonsumsi makanan ini secara terus menerus dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk menghindarinya, ada baiknya untuk membuat sendiri sosis Anda di rumah. Bagaimana caranya? Berikut resep yang wajib untuk Anda coba:

Bahan Sosis Sapi Goreng

Sebelum memulai membuat sosis sapi goreng, Anda sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan di bawah ini:

1. 500 gram daging sapi

2. 200 gram tepung tapioka

3. butir telur

4. 1 sdt merica bubuk

5. 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan

6. Gula dan garam dapur secukupnya

7. 100 ml air es

8. Casing sosis

Cara Membuat Sosis Sapi Goreng

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memisahkan antara daging, lemak, dan jaringan ikatnya. Setelah itu, campurkan daging tadi dengan sebagian air es dan haluskan dengan blender.

2. Seluruh adonan berupa tepung tapioka, telur, merica bubuk, bawang putih, gula, dan garam yang telah dicampur merata kemudian dimasukkan ke dalam plastik segitiga.

3. Adonan di dalam plastik segitiga tadi kemudian disemprotkan ke dalam casing sosis hingga habis seluruhnya. Agar adonan tersebut tidak terhambur, ikat ujung casing sosis dengan menggunakan tali.

4. Setelah itu, rebus semua casing yang telah berisi sosis tadi selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Jika telah masak, angkat lalu masukan ke dalam air dingin untuk menjaga bentuknya tetap stabil.

5. Terakhir, sosis yang telah dingin ini pun dapat Anda goreng hingga matang. Gunakan api kecil selama menggoreng agar hasilnya sempurna.

Nah, itu tadi bahan dan cara membuat sosis sapi goreng yang bisa Anda coba di rumah. Hindari untuk membeli makanan berbahan sosis yang telah jadi di luar rumah. Ada baiknya untuk membuat sosis sendiri agar kesehatannya terjamin.

Bahan-bahannya sendiri dapat Anda pilih PT. MARKAINDO SELARAS. Perusahaan ini menyediakan berbagai pilihan casing sosis dari produsen-produsen ternama seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan jaminan kualitas dan harga yang terjangkau, casing sosis ini bisa Anda gunakan untuk industri sosis homemade.

Berminat untuk mendapatkannya? Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.