Membuat Pancake Kentang dengan Tepung Kentang (Potato Flakes)

Potato granules dan potato flakes adalah dua produk dehydrated potato yang umum digunakan pada produk snack berbahan dasar kentang.  Potato granules merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk powder atau tepung yang dengan sangat mudah terhidrasi kembali ketika ditambahkan ke dalam air panas atau mendidih.  Sedangkan potato flakes merupakan produk kentang terdehidrasi berbentuk flakes (serpihan-serpihan kecil) yang dengan mudah terhidrasi kembali ketika ditambahkan ke dalam air hangat (bukan air panas).  Penggunaan potato granules dalam industri snack  terutama dimaksudkan untuk mendapatkan produk akhir yang crispy dengan rasa kentang yang kuat, sedangkan penambahan potato flakes terutama dimaksudkan sebagai bahan pengikat (binder) karena kemampuan daya ikatnya yang tinggi sebagai akibat adanya kandungan pati bebas yang relatif lebih tinggi daripada dalam potato granules. Karena karakteristiknya ini potato flakes merupakan ingredient penting dalam produksi stackable potato chips.

Potato granules dan potato flakes digunakan secara luas sebagai ingredient dalam industri makanan salah satunya adalah pancake kentang:

Pancake biasa dibuat dengan menggunakan tepung terigu, seperti resep sebelumnya Pancake Strawberry. Namun bagaimana kalau kita menggunakan variasi bahan yang lain, yaitu dengan menggunakan tepung kentang sebagai bahan dasar membuat pancake. Pancake Kentang ini akan memberi rasa dan tekstur yang sedikit berbeda dengan jika pancake menggunakan tepung terigu. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan tepung kentang maka anda bisa mengganti dengan mashed potato siap pakai, bisa anda temui di super market terdekat. Atau jika tidak menemukan keduanya, anda bisa membuat mashed potato sendiri dengan mengukus kentang lalu dihaluskan.

Bahan Pancake Kentang

-4 butir telur ayam, pisahkan putih dan kuningnya

-1 sdm minyak sayur, untuk olesan

-200 ml susu cair

-100 g tepung kentang

-100 g gula pasir

-100 ml krim kental

-75 g mentega tawar, lelehkan

-1 sdm madu

-½  sdt garam

-½ sdt ekstrak vanilla

-½ sdt baking powder

-Bahan Tambahan Panceke Kentang (Taburan & Pelengkap)

-Kismis

-Selai

-Saus karamel

-Es krim, dan lain - lain.

Cara Membuat Pancake Kentang

-Kocok putih telur terlebih dahulu dengan kecepatan tinggi hingga kaku. Sisihkan.

-Campur semua bahan pancake dan kocok menggunakan mixer hingga rata. Tambahkan putih telur yang telah dikocok pada no. 1. Aduk kembali dengan mixer sampai tercampur rata. Adonan siap untuk dimasak.

-Siapkan wajan teflon anti lengket ukuran kecil, kira-kira yang berdiameter 8 – 10 Cm. Olesi dengan sedikit margarin atau minyak sayur.

-Tuang adonan kedalam wajan dengan sendok sayur, ratakan dan masak sampai matang berwarna kecoklatan dikedua sisi, gunakan api kecil sampai dengan sedang saja. Lakukan sampai adonan habis.

-Setelah pancake kentang matang, maka siap untuk di sajikan bersama dengan bahan-bahan tambahan. Anda bisa memberi taburan kismis, mengolesi dengan selai, madu, karamel atau bahkan menambahkan ice cream diatas pancake kentang tersebut, silahkan kreasikan sesuai selera anda. Selamat mencoba resep pancake kentang diatas.

PT. MARKAINDO SELARAS merupakan perusahaan swasta Indonesia yang bergerak dalam bidang pengadaan bahan baku untuk industri makanan. Dengan motto "supplier of quality food ingredients“, perusahaan yang didirikan pada tahun 1982 ini mempunyai tujuan untuk memasok dan menjaga ketersediaan bahan baku berkualitas untuk industri makanan, khususnya industri pengolahan daging dan hasil laut.

Bahan baku yang disuplai oleh PT. MARKAINDO SELARAS setidaknya harus memiliki 3 karakteristik, yaitu: bersifat fungsional, food grade dan halal. Dalam usianya yang mendekati 30 tahun, PT. MARKAINDO SELARAS telah menjalin kerja sama yang harmonis, baik dengan perusahaan di Indonesia selaku customer maupun dengan prinsipal dari berbagai negara.