Mau Buka Usaha Katering? Ketahui 4 Tips Suksesnya Berikut Ini!

  • usaha katering

Bisa dibilang, usaha katering merupakan salah satu peluang yang cukup menguntungkan. Pasalnya, usaha yang satu ini sudah memiliki pelanggannya tersendiri dalam bentuk harian, mingguan, maupun bulanan. Tak selamanya harus memiliki modal yang besar, jika tertarik Anda bisa memulainya dari usaha katering kecil-kecilan.

Sebelumnya, ada beberapa tips dan trik sukses usaha katering yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Memilih Jenis Usaha Katering

Tips sukses usaha katering pertama yang bisa Anda lakukan tentunya memilih jenis kateringnya terlebih dahulu. Saat ini, ada banyak sekali jenis usaha katering yang sudah memiliki target marketnya tersendiri. Oleh karena itu, dengan menentukan jenis kateringnya, hal ini akan membuat fokus pada bisnis yang nantinya dijalankan.

Terdapat berbagai macam jenis usaha katering mulai dari katering khusus, katering kantoran, hingga katering rumahan. Katering khusus fokus pada permintaan-permintaan khusus seperti pada acara pernikahan, ulang tahun, hingga lamaran. Lebih lanjut, katering kantoran menyediakan katering untuk makan siang kantor mulai dari nasi boks hingga prasmanan. Yang terakhir, katering rumahan adalah katering yang menangani pesanan dalam jumlah kecil.

Tentukan Jenis Masakan

Tips sukses menjalankan usaha katering yang kedua adalah dengan cara menentukan jenis masakan yang ingin Anda hidangkan di katering Anda. Saat ini, sudah banyak catering yang menjual berbagai jenis masakan sekaligus, nah jika Anda menjalankan strategi yang sama tentu usaha katering Anda tidak memiliki daya jual yang unik.

Sebagai solusinya Anda bisa fokus ke salah satu jenis masakan agar membuat katering Anda berbeda dengan katering lainnya. Sebagai contoh katering Anda bisa fokus menjual masakan padang atau menjual masakan Chinese food dengan begitu katering Anda akan memiliki ciri khas.

Pahami Pasar Anda

Sama seperti bisnis kuliner lainnya, usaha katering memiliki banyak target pasar. Ada beberapa jenis target pasar mulai dari target pasar premium, menengah, hingga kelas menengah ke bawah. Terlebih, ada juga target pasar khusus yang memang memiliki kebutuhan khusus. Jika Anda memilih untuk menjalankan usaha katering dengan target pasar premium, mau tidak mau Anda harus mempekerjakan chef dan ahli gizi untuk memberikan makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Selanjutnya, jika target pasar Anda ingin makanan sehat untuk diet, Anda bisa mempekerjakan ahli gizi untuk membantu Anda memilih jenis makanan yang sehat seimbang yang memang dibutuhkan orang yang sedang diet.

Memilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Salah satu tips sukses usaha katering yaitu dengan cara memilih strategi pemasaran yang tepat. Saat ini, sudah banyak saluran yang bisa digunakan sebagai pemasaran mulai dari media sosial, radio, hingga memberikan promosi dengan memberikan potongan harga jika pesanan lebih dari 100 pesanan. Dengan banyaknya saluran pemasaran yang tepat akan membuat usaha katering Anda dikenal oleh banyak orang.

Itulah 4 tips sukses memulai usaha katering yang bisa Anda jadikan referensi. Selain 4 tips sukses di atas, ada baiknya Anda juga menggunakan mesin pengolah makanan untuk membuat proses produksi Anda jadi jauh lebih mudah dan menghemat waktu.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi mesin tersebut, Markaindo bekerja sama dengan beberapa vendor yang memiliki spesialisasi dalam memproduksi mesin. Ada beberapa jenis mesin pengolahan makanan yang ada mulai dari mesin untuk vakum, mesin untuk mencampur bahan, mesin pengolah daging dan beberapa mesin pengolah makanan lainnya.

Anda bisa mendapatkan mesin tersebut di tempat yang jual mesin pengolah makanan seperti Markaindo. Markaindo jual mesin pengolah makanan yang berkualitas dan banyak dicari oleh pengusaha kuliner.

Yuk, segera kunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.