Manfaat Sayuran Terhadap Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

  • kandungan gizi sayuran

Sayur merupakan sumber bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mulai dari batang, daun, biji, hingga buahnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi sayuran-sayuran dengan cara dimasak terlebih dahulu atau bisa mengonsumsinya secara langsung.

Sayuran memiliki reaksi yang sangat baik terhadap tubuh, sehingga dapat dijadikan sebagai obat alami. Oleh karena itu, yuk ketahui manfaat sayuran terhadap kesehatan yang wajib Anda ketahui, berikut ini:

Bayam

Bayam mengandung kalori, vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, fosfor, besi, kalsium, serta air garam dan juga sejumlah lutein dan asam folat. Bayam bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, melawan sel kanker, membantu penglihatan, anti inflamasi, menurunkan kolesterol, anti diabetes, baik bagi tulang, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan berbagai manfaat lainnya.

Wortel

Dengan berbagai jenis kandungan yang ada di dalam wortel, bahan baku tersebut memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat dan melawan semua jenis kanker, mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sangat baik untuk memelihara kecantikan kulit.

Seledri

Seledri biasa digunakan sebagai penghias makanan ternyata memiliki banyak manfaat seperti sebagai peluruh kencing, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, pembersih darah (detoks), anti kanker, anti kejang, menghentikan sel kanker, memperbaiki persendian, tulang dan jaringan ikat, serta menghambat pertumbuhan sel tumor. Seledri memiliki kandungan energi, protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin b1, karbohidrat, kalsium, vitamin C.

Pare

Memiliki rasa yang pahit, ternyata banyak loh kandungan gizi yang bermanfaat untuk penurun panas, memperlancar ASI, obat cacing, batuk, luka bisulan, penambah nafsu makan, sakit napas, sakit dan terlambat haid, malaria, kencing nanah, sembelit dan liver. Didalam pare mengandung lemak (0.1 g), karbohidrat, kalori, protein, serat, kalsium, fosfor, kalium, besi, beta-karoten, vitamin C, natrium, niasin, dan air.

Sawi Hijau

Di dalam sawi hijau terdapat kalori, vitamin A, vitamin B (niasin, tiamin dan ribloflavin), C, E dan K, juga kalium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, sodium, lemak, folat, mangan, dan air. Sehingga, memiliki manfaat untuk mengendalikan kolesterol, membantu penderita wasir, sembelit dan melancarkan usus. Sawi juga menyehatkan tulang dan gigi, mencegah arthtritis, osteoporosis, menyehatkan pada masa kehamilan, mengandung antioksidan sehingga melawan kanker prostat, usus, ovarium, dan kanker payudara, serta anemia, sawi juga membantu penglihatan dan baik untuk kulit sebagai sarana kecantikan.

Brokoli

Brokoli dikenal memiliki kandungan lemak, energi, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, asam folat, vitamin C, B6, vitamin E, kalium, natrium, kalsium, seng, seng, fosfor, megnesium. Selain itu, brokoli juga bermanfaat untuk membangkitkan sistem kekebalan, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem syaraf bagi ibu dan bayi, dan membantu penderita depresi.

Tomat

Tomat memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, serat, kalori 21, besi, vitamin A, B1, B2, niacin, vitamin C, kapur, fosfor, air. Tomat juga bermanfaat untuk mencegah kanker, baik bagi jantung, anti bakteri, anti inflamasi, bersifat membuang racun, baik bagi usus, menambah produksi sperma, menjaga kesehatan mata, mencegah penggumpalan darah, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kulit sebagai sarana kecantikan.

Nah, itulah berbagai jenis manfaat sayuran terhadap kesehatan yang wajib Anda ketahui serta kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya kan mencoba masakan vegetarian? Selamat mencoba masakan vegetarian. Jika Anda tertarik untuk mencoba menu vegatrian dalam masakan sehari-hari, saat ini sudah banyak produk yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daging nabati, salah satu nya produk Soy Fiber Protein (SFP) dari Markaindo. Bahan ini diproduksi oleh He Nan Bai Chuan Food Co., Ltd. yang merupakan perusahaan swasta China yang telah melakukan risett dan pengembangan produk protein kedelai berserat/berserabut (soybean brushed protein/soy fiber protein). Anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email melalui  marketing@markaindo.co.id