Manfaat Roti yang Terbuat dari Serat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat gandum bagi kesehatan

Gandum merupakan salah satu bahan makan yang mengandung karbohidrat yang berasal dari biji-bijian. Perlu diketahui jika semua jenis biji-bijian adalah sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh karena mengandung lemak yang rendah. Gandum utuh sendiri diketahui memiliki kandungan serat tertinggi di antara jenis biji-bijian utuh lainnya.

Terdapat dua manfaat gandum bagi kesehatan, yakni:

1. Gandum dipercaya mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan sebagian jenis kanker.

2. Gandum berperan untuk meningkatkan kesehatan usus dengan membantu menjaga proses pencernaan dan buang air berjalan lancar dan bisa menjaga keberadaan bakteri baik dalam usus.

Kebutuhan seseorang akan biji-bijian utuh pada tiap orang berbeda-beda yang ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas pada kesehariannya. Cara untuk mendapatkan kandungan serat gandum kebutuhan serat bisa dengan mengonsumsi gandum utuh atau produk gandum utuh.

Manfaat roti gandum bagi kesehatan

Serat gandum sering dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai makanan, seperti biskuit, bubur, cake, donat, roti, dan banyak lagi. Terdapat pula beberapa khasiat atau manfaat roti gandum bagi kesehatan. Berikut ini manfaatnya.

1. Mengatasi depresi

Manfaat roti gandum salah satunya juga termasuk mengobati depresi. Hal ini disebabkan karena roti meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi.

2. Mencegah serangan jantung

Terdapat sebuah hasil studi penelitian yang menemukan jika roti yang dibuat dari serat gandum bisa menghapus akumulasi kolesterol di arteri Anda sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi rasa lapar

Roti gandum juga bermanfaat untuk diet. Hal ini dikarenakan roti gandum bisa membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, memperlama munculnya rasa lapar, dan bisa menjaga berat badan Anda tetap ideal.

4. Mengatasi diabetes

Manfaat dari roti gandum juga bisa diandalkan untuk menjadi obat diabetes, karena kandungan serat dalam roti gandum bisa mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan kulit dan rambut

Roti gandum memiliki khasiat yang penting bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut serta teksturnya. Hal ini disebabkan karena roti gandum banyak mengandung vitamin B dan protein.

6. Meningkatkan energi

Anda jangan khawatir bila mengonsumsi roti gandum, karena makanan ini termasuk kelompok pangan yang sehat dan aman dikonsumsi. Memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat dan berguna untuk meningkatkan energi.

7. Meningkatkan pencernaan

Roti sehat karena kandungan serat gandum di dalamnya meningkatkan pencernaan dan menjaga usus bebas dari bahan limbah dan racun dan bisa juga mencegah sembelit.

Itulah manfaat dari Roti yang terbuat dari serat gandum. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang makanan yang satu ini. Anda bisa juga membuat roti gandum dari serat gandum yang bisa Anda dapatkan di Markaindo.

Cara mendapatkan produk yang mengandung serat gandum

Solvaira Specialties Inc. adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi berbagai jenis fiber atau powdered cellulose untuk berbagai keperluan industri seperti industri makanan & minuman, industri farmasi, industri pakan temak, industri plastik, industri karet, industri bahan bangunan dan lain-lain.

Biasanya fiber atau powdered cellulose digunakan sebagai bahan dalam beragam jenis makanan dan minuman olahan, seperti daging olahan, pasta, bakery, produk dietary, dan keju. Untuk powdered cellulose dengan particle size yang kecil bisa memperbaiki tekstur dan kekentalan pada produk-produk sejenis saus dan salad dressing. .Sementara powdered cellulose dengan particle size yang besar berfungsi sebagai komponen yang memperkuat struktur dan memperbaiki tekstur pada produk-produk sejnis roti dan kue.

Dari sisi kesehatan, powdered cellulose termasuk dalam kategori serat pangan (dietary fiber) yang telah lama diketahui memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan manusia, terutama dalam hubungannya dengan pencegahan berbagai jenis penyakit sepelti konstipasi/sembelit, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, diabetes dan kanker usus besar. Penambahan JustFiber dan Solka-Floc sebagai serat pangan dapat meningkatkan “nilai jual" dari produk-produk tersebut dengan cara mencantumkan tulisan “diperkaya dengan serat pangan" atau pemyataan sejenis dalam label kemasannya.