Manfaat Lain dari Tepung Jagung Selain Sebagai Bahan Pelengkap Makanan

Tepung jagung adalah kanji yang diperoleh dari jagung, kanji diperolehi dari endosperma isirong. Tepung jagung adalah bahan makanan popular digunakan dalam pemekat saos atau sup, dan digunakan dalam membuat sirup jagung dan lain-lain. Tepung jagung telah ditemui pada tahun 1840 oleh Thomas Kingsford, penguasa sebuah kilang gandum kanji di Jersey City, New Jersey. Hingga 1851, tegung jagung telah digunakan untuk kanji dobi dan kegunaan industri lainnya. Tepung jagung mempunyai banyak kegunaan mulai dari untuk bahan pangan dan olahan makanan, sampai untuk obat dan kecantikan.

Berikut kegunaan tepung jagung untuk obat dan kecantikan:

1. Mengatasi Rambut Berminyak

Jika Anda sedang terburu-buru dan tidak punya waktu untuk keramas agar rambut tidak berminyak, tetapi hanya dengan menaburi sedikit tepung jagung pada kulit kepala, kemudian sikat rambut Anda. Tepung jagung dapat segera menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut Anda.

2. Sebagai Skincare Untuk Kulit

Untuk Anda yang beraktifitas di luar ruangan dan membuat kulit terkena paparan sinar matahari, buatlah pasta dari tepung jagung. Caranya campurkan tepung jagung dengan air secukupnya lalu oleskan pada kulit yang merah akibat paparan sinar matahari yang terik, kemudian bilas dengan air hangat. Bisa juga digunakan untuk mengobati gigitan serangga.

3. Mengobati Ruam Yang Diakibatkan Pemakaian Popok

Taburkan tepung jagung pada kulit bokong bayi dan sekitarnya, setelah di basuh dengan air dan dikeringkan dengan handuk saat sehabis mengganti popok. Tepung jagung dapat membuat kulit bayi terasa lebih kering dan segar. Sehingga dapat mengurangi ruam akibat popok.

4. Masker Wajah

Buatlah masker wajah dari campuran pati jagung dengan 1 butir putih telur. Caranya campurkan keduanya, lalu oleskan ke wajah diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Sebagai Deodoran Ketiak

Caranya mudah, bersihkan daerah ketiak dengan alcohol tunggu hingga kering lalu taburkan tepung dari jagung secukupnya ke ketiak Anda. Tepung jagung dapat melindungi ketiak Anda dari keringat berlebihan dan bau tidak sedap.

6. Menghilangkan Kerutan Halus di Wajah

Hilangkan kerutan halus pada wajah dengan menggunakan tepung tersebut. Campurkan ¼ cangkir tepung, 1 butir putih telur dan 2 sendok makan susu murni. Sebelum mengoleskan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah 20 menit bilar dengan air, rasakan manfaatnta wajah akan terasa kencang dan kerutan halus di wajapun akan hilang.

7. Pengangkat  dan Menghilangkan Sel Kulit Mati

Jika Anda alergi terhadap produk pengangkat sel kulit mati dengan bahan kimia, Anda bisa menggantikannya dengan tepung ini yang berasal dari bahan alami dan mudah cara membuatnya. Cukup basahi wajah Anda, lalu pijat menggunakan tepung ini sebagai scrub. Kulit Anda akan terlihat lebih cerah.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, tepung yang berasal dari jagung ini juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Untuk mendapatkan tepung jagung berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Markaindo Selaras. Markaindo sendiri bekerjasama dengan Meelunie B.V asal Belanda. Meelunie dikenal sebagai pemasok global bahan-bahan yang meliputi tepung pati, sweetener dan tepung protein dari bahan-bahan alami berupa jenis tanaman kentang, gandum, singkong, jagung, pea dan padi. Untuk mendapatkan corn starch atau tepung jagung dari Meelunie yang berkualitas, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras dengan mengakses website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.