5 Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan dan Tubuh

  • Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan dan Tubuh

Kata kolagen berasal dari bahasa Yunani yaitu kola (gula) dan gen (produksi), sehingga bisa diartikan bersifat lekat atau menghasilkan pelekat. Dengan sifatnya tersebut, kolagen menjadi struktur organik yang dapat ditemukan pada seluruh tubuh sekaligus membantu pembentukan tulang, sendi, gigi, otot dan kulit agar menjadi kuat. Namun jika seseorang sedang kekurangan kolagen, akan banyak hal berbahaya yang bisa terjadi pada tubuhnya.

Mungkin awalnya untuk sebagian orang masalahnya tidak dianggap serius, tapi jika hal ini tidak segera diantisipasi maka akan menimbulkan ancaman parah seperti mengalami gangguan sirkulasi darah yang berefek ke jantung hingga bisa mengalami stroke.  Oleh karena itu setiap individu memerlukan asupan kolagen alami untuk tubuh.

Kolagen sebenarnya merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia yang kadarnya kurang lebih sekitar 30% dari seluruh protein yang ada pada tubuh. Namun, selama ini ternyata kolagen juga memiliki beberapa bentuk berupa vitamin atau asupan yang bukan hanya berfungsi untuk kecantikan, tapi juga berfungsi untuk kesehatan dan tubuh. Adapun manfaat kolagen alami untuk kulit dan kesehatan tubuh beberapa diantaranya adalah:

Otak

Manfaat kolagen alami untuk tubuh yang pertama adalah untuk mendukung nutrisi pada otak. Jika jaringan kolagen menipis, maka saraf kranial pada otak tidak bisa mendapatkan nutrisi sehingga bisa mengakibatkan pusing, pelupa, kehilangan memori, bahkan insomnia. Selain itu, penghambatan syaraf pusat pada sel-sel otak bisa terjadi sehingga sulit untuk berkonsentrasi, mengalami kecemasan dan gampang depresi. Maka agar jaringan ini dapat terjaga, asupan kolagen tambahan sangat diperlukan sehingga otak dapat berkerja secara baik.

Rambut

Manfaat kolagen alami untuk tubuh yang kedua adalah Kolagen pada rambut memiliki fungsi untuk memperkuat akar rambut serta merangsangnya agar dapat tumbuh kembali. Namun dengan mengkonsumsi kolagen, maka regenerasi rambut bisa terjadi lebih cepat. Rambut yang rontok bisa segera digantikan oleh rambut baru, dan akar rambut menjadi semakin kuat karena akar rambut tercukupi nutrisinya.

Mata

Semakin usia bertambah, kolagen pada kornea akan berkurang sehingga bisa mengakibatkan kornea menjadi kaku oleh karena itu kamu membutuhkan asupan kolagen alami. Kolagen pada mata ini bisa berfungsi untuk mengoptimalkan indra penglihatan agar bisa berfungsi secara normal. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan mata karena otot-otot pada mata harus tetap lentur agar bisa berkerja dengan baik.

Maka dari itu, manfaat kolagen untuk mata adalah jika dikonsumsi secara teratur bisa mengatasi kurangnya kolagen pada mata sehingga dapat memulihkan penglihatan. Sebab jika mata kekurangan kolagen, maka akan mengakibatkan mata kering, air mata spontan, kelelahan, minimnya transparansi kornea, opacity lensa, hingga menyebabkan katarak dan penyakit mata lainnya.

Otot

Pada otot terdapat serat kolagen yang bukan hanya ditemukan di otot rangka, namun juga ditemukan pada otot polos yang berada di saluran kemih dan organ reproduksi, serta otot jantung. Dan serat kolagen alami ini mempunyai fungsi untuk memperkuat otot dan strukturnya agar kelangsungan otot dapat terjaga setiap harinya. Tapi jika seseorang kekurangan kolagen, maka penyakit yang terjadi adalah bisa mengalami nyeri punggung, bahu kesemutan, menghambat daerah refleks, kontraksi otot sangat minim, hingga kehilangan energi.

Kulit

Manfaat terbesar dari kolagen salah satunya adalah sebagai penyokong kulit. Kolagen yang merupakan zat perekat ini, bermanfaat untuk memelihara elastisitas kulit. Kolagen ini juga bekerjasama dengan protein lain yang bernama elastin setelah sebelumnya menyediakan struktur ke kulit agar keelastisan kulit dapat terjaga.

Sayangnya saat usia seseorang sudah lebih dari 25 tahun, maka kolagen pada tubuh orang tersebut akan mengalami penurunan hingga 15% secara alami. Dan hal ini semakin berlanjut seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu jika kolagen dalam tubuh berkurang, maka kolagen dari luar tubuh berupa serum, suplemen, dan injeksi bisa menjadi solusi. Tetapi selain serum dan injeksi anda bisa mendapatkan kolagen alami dari beberapa bahan makan seperti susu, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca juga: 7 Makanan Sumber Kolagen Alami yang Baik untuk Kulit

 

Selain pada makanan alami, saat ini dalam makanan olahan juga mengandung kolagen alami dalam komposisinya. Kolagen alami adalah salah satu ingredient makanan yang mengandung protein hewani 100% bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu food additive collagen powder Kapro B95 yang diproduksi oleh perusahaan D.C.P Ingredients - Belanda

Salah satu fungsi kolagen Kapro B95 untuk meningkatkan kandungan protein produk olahan, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dengan mudah mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau bertanya dan melakukan konsultasi lewat e-mail di marketing@markaindo.co.id.