Manfaat Kacang Kedelai Yang Terkandung dalam ISP

  • Produk ISP STERMIL B650 Markaindo

Kandungan Kacang Kedelai

Kacang kedelai tergolong sebagai jenis kacang-kacangan yang sangat kaya akan kandungan protein nabati. Protein inilah yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh serta mampu menjadi sumber energi sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh. Saat ini sudah banyak juga produk-produk dari kacang kedelai yang dijadikan pengganti bahan utama dari makanan cepat saji, contohnya penggunaan tepung kedelai dalam pembuatan chicken nugget. Selain protein, kandungan kacang kedelai kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lemak tak jenuh

Di dalam kacang kedelai setidaknya terkandung 19% lemak yang mana sebagian besar adalah lemak tak jenuh, yakni asam linolenat atau asam lemak omega-3. Fakta ini memang cukup mengejutkan mengingat asam lemak omega 3 biasanya hanya terdapat pada minyak ikan.

2. Serat

Dengan mengonsumsi kedelai secara rutin, setidaknya Anda akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat sebanyak 8 gram per hari. Kandungan serat yang seimbang dalam tubuh ini akan sangat bantu tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan serta membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Kalsium

Kalsium merupakan kandungan kacang kedelai yang kadarnya cukup tinggi, sehingga tak mengerankan bila banyak orang mengolahnya menjadi susu. Kandungan kalsium di dalam susu kedelai itulah yang sangat bagus bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.

4. Lechitin

Kandungan lechitin ternyata juga bisa ditemukan di dalam kedelai. Lechitin merupakan salah satu komponen yang berfungsi dalam pembuatan hormon tubuh seperti adrenali, tiroid, dan berbagai hormon penting lainnya. Karena itu, keberadaan lechitin sangat membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Manfaat Kedelai Bagi Tubuh

Keberadaan kandungan kacang kedelai tersebut menjadikan kedelai memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti berikut ini:

1. Mencegah obesitas

Bagi Anda yang saat ini tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badam, konsumsi kedelai atau berbagai olahannya dapat sangat membantu. Kandungan lemak nabati di dalamnya yang merupakan lemak tak jenuh akan menjadi sumber energi yang baik tanpa mengakibatkan kenaikan berat badan.

2. Mencegah diabetes

Kacang kedelai ternyata juga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, insulin tak perlu bekerja terlalu keras hingga kuwalahan dan mengakibatkan penyakit diabetes merajarela dalam tubuh.

3. Mencegah osteoporosis

Tingginya kandungan kalsium di dalam kedelai  yang utamanya ditemui dalam bentuk olahan susu ternyata bantu cegah Anda terkena osteoporosis. Tak hanya itu, kandungan fitoesterogen dalam kedelai juga bantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya masa tulang penyebab osteoporosis.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kacang kedelai juga mengandung vitamin E dan isoflavon yang memberi pengaruh besar untuk menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, risiko Anda untuk terserang penyakit mengerikan seperti jantung koroner ataupun stroke akan jadi lebih kecil.

5. Meningkatkan kualitas otak

Lagi-lagi lesitin memiliki andil penting untuk kinerja otak. Sebab, kandungan pitosterol di dalamnya mampu meningkatkan kekuatan sel saraf serta mencegah penyakit alzheimer. Oleh karena itu, asupan kandungan kacang kedelai yang satu ini sejak dini akan mencegah peluang Anda terkena penyakit mengerikan tersebut.

Isolated Soy Protein (ISP) Tepung Yang Terbuat Dari Kedelai

Selain susu, tahu, dan tempe, kedelai juga mampu diubah menjadi olahan produk turunan berupa isolated soy protein (ISP). ISP merupakan bahan umum yang digunakan dalam proses pengolahan produk daging olahan seperti sosis, burger, nugget, dan menu lainnya. ISP sendiri terbuat dari tepung kedelai yang diproses sedemikain rupa dengan kandungan protein tidak lebih dari 90%. ISP sangat cocok untuk digunakan sebagai meat replacer yang berfungsi untuk mengurangi penggunaan daging dalam produk-produk daging olahan.

ISP dapat berfungsi sebagai pengganti kedelai, dan biasanya digunakan sebagai filler roduk-produk daging olahan seperti sosis, burger, nugget dan lain-lain. Bahan ini terbuat dari tepung kedelai yang diproses sedemikian rupa sehingga produk akhirnya  berupa tepung berwarna putih kekuningan dengan kandungan protein tidak kurang dari 90%. Protein kedelai merupakan protein nabati yang memiliki karakteristik fungsional paling mendekati protein daging, karenanya ISP banyak digunakan sebagai meat replacer  yang berfungsi untuk mengurangi penggunaan daging dalam produk-produk daging olahan.

Cara Mendapatkan Isolated Soy Protein (ISP) Yang Berkualitas 

Jika Anda ingin mendapatkan isolated soy protein,PT. Marakaindo Selaras siap memenuhi kebutuhan Anda, Markaindo memiliki produk yang bernama STERMIL B650. Anda bisa langsung memesan STERMIL B650, dan Markaindo akan mengirim STERMIL B650 secepatnya  Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dari STERMIL B650 karena Markaindo telah menjadi supplier terpecaya yang bisa diandalkan untuk membantu kelancaran usaha makanan yang tengah Anda jalankan. Jika Anda berminat membeli STERMIL B650 bisa langsung menghubungi Markaindo Untuk informasi lebih lanjut tentang produk STERMIL B650, atau Anda bisa mengakses www.markaindo.co.id dan menghubungi kontaknya via email di marketing@markaindo.co.id.