7 Makanan Yang Memiliki Protein Tinggi

  • Transglutaminase tinggi akan protein

Protein adalah zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan fungsi tubuh dan memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat zat gizi ini di antaranya dapat membantu Anda menurunkan berat badan terutama lemak perut dan mampu meningkatkan massa otot. Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) diketahui jika standar angka kecukupan protein yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun sekitar 56 – 59 gram/hari untuk perempuan sedangkan pria 62 – 66 gram/hari.

Protein ini bisa kita dapatkan dari berbagai makanan sumber protein tinggi. Memilih sumber makanan yang berprotein tinggi sangat baik karena protein memiliki beberapa peran atau fungsi penting bagi tubuh kita. Beberapa fungsi protein untuk tubuh manusia antara lain perbaikan dan pertumbuhan sel, sumber energi, metabolisme, membantu  mengikat hemoglobin dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Protein pun baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, lho. Berikut beberapa makanan yang mengandung protein tinggi:

Telur

Salah satu makanan yang memiliki protein tinggi adalah telur. Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan sehat dan paling bergizi karena kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan nutrisi otak. Mengonsumsi putih telur lebih baik karena mengandung protein murni tanpa lemak. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

Dada ayam

Salah satu makanan yang memiliki protein tinggi adalah dada ayam. Makanan yang satu ini sangat mudah untuk dimasak, dengan catatan Anda mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.

Gandum

Gandum juga termasuk makanan paling sehat karena banyak mengandung serat sehat, magnesium, mangan, vitamin B1 dan beberapa nutrisi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori, sehingga gandum termasuk makanan yang kaya protein.

Keju Cottage

Kemudian salah satu jenis keju yang memiliki kandungan protein tinggi adalah Keju Cottage. Makanan ini merupakan jenis keju yang cenderung sangat rendah lemak dan kalori. Keju ini mengandung kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan berbagai nutrisi lainnya. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak menganduk 27 gram protein dan 194 kalori.

Susu

Susu adalah minuman yang sangat bergizi dengan kandungan protein tinggi, namun masalahnya sebagian orang dewasa kurang suka dengan minuman ini. Susu mengandung banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat kalsium, fosfor dan vitamin B2. Secangkir susu dengan lemak 1% mengandung 8 gram protein dan 103 kalori.

Daging sapi

Salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi adalah daging sapi, selain karena memiliki protein tinggi daging sapi mudah untuk diolah. Daging sapi tanpa lemak memiliki protein yang tinggi, terlebih rasanya pun juga lezat. Daging sapi seberat 85 ons yang dimasak dengan lemak 10%  mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

Ikan tuna

Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang rendah sehingga sebagian besar yang terkandung dalamnya adalah protein. Seperti ikan lainnya, tuna mengandung nutrisi yang kaya akan lemak omega – 3. Dalam 1 ons una mengandung 30 gram protein dan 157 kalori. Ikan tuna merupakan salah satu sumber protein tinggi rendah lemak cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Udang

Hampir semua makanan laut merupakan sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Meskipun udang rendah kalori tetapi sarat dengan berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12 dan lemak omega-3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

 

Itulah tadi beberapa makanan yang kaya protein. Ada baiknya Anda mengolah makanan yang tinggi protein seperti daging dan ikan di rumah. Bila Anda ingin membuat produk olahan ikan dan daging di rumah atau menjalankan usaha tidak ada salahnya Anda menggunakan bahan makanan yang sehat dan halal. Dalam pembuatan olahan ikan atau Daging, Anda tentu membutuhkan berbagai bahan campuran yang aman untuk kesehatan. Melalui produk Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. Yang dijual di Markaindo, Anda bisa memperoleh transglutaminase yang akan sangat berguna untuk pengolahan ikan.

Transglutaminase adalah enzim yang berfungsi sebagai katalisator pada reaksi polimerisasi dan pembentukan ikatan silang (crosslinking) yang berfungsi untuk meningkatkan tekstur, rasa, dan nilai gizi dari produk olahan ikan Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan transglutaminase halal di Indonesia Anda bisa membelinya PT. Markaindo Selaras yang merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan. Anda bisa memesan lewat www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.

Transglutaminase halal yang dijual Markaindo merupakan produk dari Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, ISO 2200:2005 serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk berbasis TG untuk diaplikasikan pada beragam produk pangan dan produk-produknya sudah  memiliki standar Internasional, jangan ragu membeli produk transglutaminase halal di Markaindo.