Makanan Sumatera Barat Anti Mainstream Namun Sukses Bikin Goyang Lidah; Sudah Coba?

  • makanan sumatera barat

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah pun memiliki ciri khas masakan masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda mendengar Kota Padang disebut, pastinya yang langsung terlintas adalah kenikmatan rendang yang dibuat dengan perpaduan berbagai cita rasa rempah-rempah khas Sumatera Barat.

Namun tidak berhenti di rendang atau gulai ayam pop saja. Masih banyak lho makanan asli Minangkabau yang tak kalah unik dan layak disandingkan dengan popularitas kedua masakan tadi di. Yuk, cari tahu makanan khas Sumatera Barat lain yang belum terlalu banyak dikenal dan harus Anda coba.

Gajeboh, Gulai Daging Sapi Berwarna Merah

Makanan Sumatera Barat yang pertama harus Anda cicipi, adalah gajeboh atau lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai sandung lamur. Masakan ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama karena mempunyai lebih banyak lemak.

Gajeboh sendiri memiliki warna merah dan tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Oleh sebab itu, lemak pada daging sapi memberikan tambahan cita rasa gurih pada masakan ini.

Asam Padeh Daging untuk Santap Siang yang Segar

Makanan Sumatera Barat selanjutnya yaitu Asam Padeh daging dengan kuah yang terdiri dari campuran beberapa bahan, diantaranya cabe, asam Kandis dan ikan dori.

Asam padeh daging memiliki cita rasa yang menyerupai rendang namun menariknya masakan ini sama sekali tidak menggunakan santan dalam pengolahannya. Bagaimana? Jadi makin penasaran kan!

Sate Lokan dengan Rasa Seafood

Salah satu menu makanan Sumatera Barat yang dijamin bikin lidah Anda bergoyang, yaitu sate lokan rasa seafood. Masakan ini tidak jauh berbeda dengan sate padang, bedanya sate lokan menggunakan kerang sebagai pengganti daging. Sate lokan juga disajikan dengan kuah kental yang sama dengan sate padang dan sedap jika disantap pakai ketupat atau nasi hangat.

Kacimuih, Camilan Sore Hari

Kacimuih yang manis pas sekali jika dinikmati  sambil minum teh di sore hari. Camilan khas Sumatera Barat yang satu ini banyak penggemarnya dan terbuat dari singkong parut yang diberikan taburan gula merah di atasnya. Untuk menikmati kacimuih, taburan gula merah akan dicairkan terlebih dahulu.

Lompong Sagu sebagai Makanan Pencuci Mulut

Lompong sagu terbuat dari campuran tepung sagu, kelapa parut, santan, gula merah, dan pisang. Adonan bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dipanggang hingga matang. Untuk mendapatkan cita rasa lompong sagu yang orisinil, Anda bisa menggunakan pisang raja atau pisang kapok.

Itulah beberapa pilihan makanan Sumatra Barat yang tak kalah nikmat dengan hidangan-hidangan pendahulunya. Dengan cita rasa yang dimilikinya, dijamin makanan-makanan ini mampu menonjolkan cita rasa khas Sumatera Barat tidak hanya di Indonesia saja tapi juga dunia internasional.

Untuk menjadikan makanan Sumatera Barat buatan Anda semakin sempurna, sebaiknya gunakan penguat rasa makanan seperti yang ditawarkan oleh Markaindo. Bersama Wiberg, Markaindo memberikan solusi bumbu dapur dalam bentuk bubuk yang praktis untuk digunakan ke dalam berbagai masakan. Anda pun tidak perlu lagi menyiapkan satu persatu bahan atau bumbu masakan yang akan digunakan karena bahan pelengkap yang dibutuhkan juga sudah tersedia.

Dapatkan penguat rasa makanan yang Anda butuhkan untuk membuat masakan kesukaan dengan  mengunjungi website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id.