Macam-macam Potongan Daging Sapi yang Perlu Diketahui

  • macam macam potongan daging

Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan makanan yang paling sering dicari. Biasanya saat membeli di pasar, Anda akan ditanya ingin membeli potongan daging bagian mana. Memang sapi memiliki banyak bagian yang sehingga, sebagian besar orang akan sedikit kebingungan dalam memilihnya.

Untuk Anda yang masih bingung, berikut ada macam macam potongan daging yang perlu diketahui agar tidak bingung saat membelinya.

1. Potongan Daging Tenderloin atau Has Dalam

Potongan daging ini lebih mudah dikenali sebagai daging fillet, yang merupakan bagian yang tidak memiliki kandungan lemak serta bagian paling empuk. Bagian sapi di daerah pinggang, bahu dan tulang panggul memang jarang digunakan sehingga dapat menghasilkan daging yang paling enak. Jenis potongan ini sering dijadikan sebagai bahan membuat makanan steak karena cepat matang.

2. Potongan Daging Sirloin atau Has Luar

Potongan di bagian belakang sapi ini memang menjadi salah satu daging yang cukup sering juga dijadikan sebagai daging steak. Bagian ini diberi harga yang lebih murah daripada tenderloin selain itu, daging ini juga cocok untuk dijadikan shabu-shabu karena memiliki tekstur yang cukup lunak.

3. Potongan Daging Chuck

Pada bagian ini diambil dari paha atas daging sapi. Anda dapat menggunakan daging ini untuk membuat olahan makanan bakso karena akan menghasilkan tekstur yang lebih kenyal dan empuk selain itu, dapat juga dijadikan masakan oseng-oseng, kari sop, empal, dan abon.

4. Potongan Daging Iga

Pada bagian tulang iga sapi juga memiliki banyak peminat yang cukup banyak. Pada steak rib eye, dapat disajikan dengan tulang atau tanpa tulang tergantung selera Anda. Sedangkan pada masakan Indonesia, bagian sapi ini dijadikan sebagai bahan untuk masakan khas Makassar yaitu sop konro.

5. Potongan Daging T-Bone

Bagian dari macam macam potongan daging sapi yang sering dijadikan sebagai steak adalah T-Bone. Bagian ini terdapat pada area tenderloin dengan sedikit area iga yang dipisahkan dari tulangnya sehingga berbentuk T.

6. Potongan Daging Rump

Daging bagian rump ini diambil dari punggung sapi. Memiliki tekstur yang cukup lunak karena memiliki lemak yang cukup tebal. Pada umumnya potongan bagian ini dapat dimasak dengan berbagai cara memasak salah satunya seperti dipanggang, di broil, diungkep, dan juga digoreng.

7. Potongan Daging Brisket

Potongan bagian ini cukup unik karena berada pada dada bawah sapi yang berlemak di sekitar ketiak. Umumnya dalam masakan Indonesia biasa digunakan pada masakan Padang. Sedangkan, pada variasi masakan barat dapat dihidangkan untuk soto atau masakan berkuah lainnya.

8. Potongan Daging Sengkel

Sengkel diambil dari bagian kaki depan dari sapi yang dibuat kaldu sebagai bahan dasar kuah sop, soto atau bakso.

9. Potongan Daging Knuckle

Pada knuckle diambil dari area atas paha belakang sapi. Biasa bagian ini dapat dijadikan sebagai kaserol atau yang dipanggang.

10. Potongan Ekor Sapi

Ya, bagian ini memang terkenal dengan olahan makanan sop buntut yang menghasilkan banyak penggemarnya.

Keseluruhan bagian dari sapi memang enak untuk dikonsumsi jadi, mengetahui berbagai jenis bagian daging sapi dapat mempermudah Anda untuk memilih daging di pasar. Nah, Anda tidak perlu bingung lagi ya. Agar lebih mudah dalam mengolah daging sapi yang sudah dibeli, segera membacanya di jenis-jenis teknik pengolahan daging dari Markaindo. Untuk informasi lebih jelas segera kunjungi website di www.markaindo.co.id .