Lezatnya Nugget Ayam Sayur Buatan Sendiri

  • Cara membuat nugget ayam sayur

Apa yang Anda lakukan saat tak punya banyak waktu untuk memasak? Menyajikan frozen food alias makanan beku bisa jadi salah satu solusinya. Saat ini, sudah banyak makanan beku yang dijual dalam kemasan kecil dan memudahkan Anda untuk mengolahnya, misalnya saja nugget. Nugget umumnya terbuat dari daging ayam yang dipadatkan dan dibaluri tepung roti. Untuk menyantapnya, tinggal digoreng hingga cokelat keemasan.

Garingnya bagian luar nugget dengan rasa daging ayam yang gurih membuat banyak orang ketagihan dengan makanan satu ini. Hanya saja, banyak yang beranggapan jika terlalu banyak mengonsumsi nugget dalam kemasan tidaklah sehat karena banyak bahan pengawet dan tidak memiliki kandungan serat.

Kalau Anda termasuk penggemar nugget, tak ada salahnya mencoba membuat nugget sendiri. Agar lebih sehat, masukkan campuran sayur ke dalamnya. Nah, berikut bahan dan cara membuat nugget ayam sayur:

Bahan nugget ayam sayur

>75 gram wortel

>5 lembar roti tawar

>500 gram daging ayam giling

>1 bungkus tepung bumbu instan

>300 gram breadcrumbs atau tepung roti

>5 butir telur

>25 gram daun bayam (direbus lalu dicincang)

>200 ml air

>1/3 sdt baking powder

Cara membuat nugget ayam sayur

>Kupas wortel, parut dan rebus sampai matang. Tiriskan.

>Siapkan wadah, rendam roti tawar dengan air sampai lunak lalu peras.

>Giling roti dengan daging ayam, 3 butir telur, 2 sdm tepung bumbu, dan baking powder. Masukkan wortel, daun bayam lalu aduk rata

>Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng lalu tuang adonan nugget sambil diratakan.

>Kukus selama 25 menit. Angkat kemudian dinginkan.

>Bila sudah dingin, potong nugget sesuai dengan selera lalu celupkan kedalam 2 butir telur yang sudah dikocok.

>Angkat, lalu baluri dengan breadcrumbs.

>Goreng hingga cokelat keemasan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat nugget ayam sayur? Agar rasa nugget buatan sendiri tak kalah dari nugget kemasan, Anda sebaiknya menggunakan daging ayam dan sayuran yang masih segar. Untuk jenis sayurannya, tak hanya wortel dan bayam saja yang bisa digunakan. Sayuran lain seperti brokoli dan sawi juga nikmat dijadikan campuran nugget.

Cara membuat nugget ayam sayur yang juga harus diperhatikan adalah rasio daging dan tepungnya. Biasanya, jika rasio tidak tepat maka adonan akan susah dipadatkan sehingga pecah ketika digoreng. Salah satu cara untuk memadatkan adonan, Anda bisa menggunakan tambahan berupa powdered cellulose yang termasuk dalam kategori serat pangan (dietary fiber) yang memiliki kemampuan untuk mengikat cairan yang terdapat dalam makanan.

Serat pangan sendiri memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan, terutama dalam hubungannya dengan pencegahan berbagai jenis penyakit seperti konstipasi, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, serta diabetes dan kanker usus besar. Jadi dengan menambahkan serat pangan ke dalamnya, nugget buatan Anda akan lebih kaya nutrisi.

Tak perlu khawatir dengan efeknya, sebab serat pangan sendiri berbeda dengan bahan pengawet kimia. Serat pangan umumnya terbuat dari tumbuh-tumbuhan kaya serat seperti gandum, bambu, kapas, pea dan kentang jadi sangat aman untuk dikonsumsi. Tambahan serat pangan di dalam nugget juga membantu meningkatkan rasa saat dikonsumsi.

Untuk mendapatkan berbagai produk serat pangan terbaik yang bisa menjadikan nugget lebih bernutrisi dan nikmat, langsung saja hubungi PT Markaindo Selaras melalui situs www.markaindo.co.id atau melakukan pemesan melalui email di marketing@markaindo.co.id.