Kreasi Sosis Asam Manis Yang Kamu Bisa Coba Masak di Rumah

  • Aneka olahan sosis

Sosis adalah salah satu produk yang berasal dari olahan sapi. Sosis adalah makanan yang disukai hampir semua kalangan dan umur karena selain rasanya yang nikmat, sosis juga merupakan panganan yang praktis. Karena praktis itulah biasanya beberapa orang hanya menggoreng sosis untuk dimakan sebagai lauk utama atau sebagai snack di sore hari.

Namun beberapa orang bosan memakan sosis hanya dengan di goreng. Padahal ada banyak banget nih kreasi menu yang bisa Anda buat dengan sosis. Biar Anda gak bosen dengan tampilan sosis goreng, berikut beberapa resep kreasi sosis selain digoreng:

Sosis Asam Manis Nanas

Salah satu kreasi resep sosis adalah dengan cara membuatnya menjadi Sosis Asam Manis Nanas. Jika Anda bosan dengan panggangan sosis yang hanya disajikan dengan cara dibakar atau digoreng saja, sosis asam manis nanas bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut resep sosis asam manis nanas yang Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:

- 5 buah sosis, potong-potong tipis

- 3 siung bawang putih, iris tipis

- 1/2 buah bawang bombay

- 1 buah paprika merah dan hijau, potong dadu (bisa diganti dengan cabai)

- buah nanas secukupnya

- 2 sdm saus sambal

- 2 sdm saus tomat

- 1 sdm saus tiram

- gula dan garam secukupnya

- merica secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Masukkan sosis dan paprika, tumis hingga sosis matang atau berubah warna.

3. Masukkan saus tiram, saus tomat dan sambal, merica bubuk. Tumis lagi hingga tercampur rata. Terakhir masukkan nanas, tumis merata, tes rasa, tambahkan gula garam jika diperlukan.

Sosis Asam Manis Pedas

Kreasi aneka olahan sosis berikutnya sebenarnya tidak berbeda jauh dari resep sebelumnya. Namun, resep yang satu ini di sajikan untuk Anda yang suka dengan rasa pedas. Simak resep sosis asam manis pedas berikut ini:

Bahan:

- 8 buah sosis, potong sesuai selera, belah kedua ujungnya

- 3 buah cabai merah besar, potong serong

- 2 siung bawang putih, geprek

- 1 cm jahe, geprek

- 1/2 butir bawang bombay, iris panjang

- 2 sendok makan saus tomat

- 1 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan saus sambal super pedas

- 2 sendok teh cabe bubuk

- 1/8 sendok teh merica bubuk

- 1/2 sendok teh gula pasir

- 200 ml air

- 1/2 sendok makan tapioka, cairkan dengan sedikit air

Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga matang dan harum

2. Masukkan air, dan semua bumbu serta saus

3. Masukkan sosis, didihkan

4. Koreksi rasa, jika udah pas masukkan tapioka

5. Aduk rata hingga mengental dan meletup-letup

6. Sajikan hangat

 

Itulah beberapa kreasi aneka olahan sosis yang kamu bisa coba di rumah. Selain rasanya enak aneka olahan sosis ini juga mudah dan praktis untuk dimasak. Bagi Anda yang ingin mengolah sosis menjadi makanan yang lezat, Anda bisa memakai bumbu dari Wiberg. Wiberg memiliki ribuan item produk seperti bumbu tunggal (single spice), yaitu satu jenis bumbu dalam bentuk utuh (whole) atau telah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau perlakuan lainnya dengan tujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya, contoh : Mustard Flour, Paprika Delicacy Rio, Coriander Whole, Coriander Ground, Parsley Dried, Garlic Powder, dan lain-lain.

Ada pula campuran bumbu untuk produk-produk daging olahan tertentu. Setiap campuran bumbu diberi nama sesuai dengan produk daging olahannya, contoh Fleischwurst, Brine Seasoning, Frankfurter, dan lain-lain. Sesuai dengan trend saat ini, Wiberg juga menghasilkan produk-produk organik.  Bila Anda ingin membeli produk dari Wiberg, bisa membelinya di Markaindo dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.