Konsumsi Serat Gandum, Rasakan Manfaatnya untuk Tubuh

  • Serat gandum

Gandum merupakan salah satu biji-bijian yang banyak dikonsumsi untuk alasankesehatan. Di beberapa daerah, gandum bahkan dijadikan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Gandum sendiri memang jauh lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan nasi atau sumber karbohidrat lain. Terlebih lagi, gandum memiliki serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk metabolism tubuh.

Serat gandum sendiri bisa memenuhi kebutuhan serat harian pada orang dewasa antara 25 hingga 35 gram per hari. Serat gandum juga lebih lambat dicerna sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat gandum cocok dijadikan makanan untuk diet yang akan menghindarkan Anda dari overeating. Tak hanya itu saja, serat gandum memiliki banyak manfaat lain seperti berikut ini:

Membantu melancarkan pencernaan

Konsumsi serat gandum secara teratur akan membantu memaksimalkan gerakan usus. Hal ini secara tidak langsung akan membuat buang air besar lebih lancar. Selain itu, serat gandum juga dapat melindungi usus dari risiko peradangan yang diakibatkan jam makan kurang teratur atau terlalu banyak konsumsi makanan asam dan pedas.

Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakir mematikan seperti stroke dan serangan jantung. Nah, serat gandum membantu menurunkan level kolesterol dalam tubuh dengan cara menyerapnya. Hal ini membuat gandum banyak dikonsumsi orang lanjut usia yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kemampuan gandum untuk menyerap kolesterol ini juga banyak dimanfaatkan oleh mereka  yang ingin menurunkan berat badan.

Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol, serat gandum juga membantu menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa memicu pecahnya pembuluh darah di otak yang dapat berujung pada kematian. Dengan mengonsumsi gandum secara rutin, maka tekanan darah akan lebih stabil.

Menjaga kestabilan berat badan

Untuk Anda yang sudah memiliki berat badan stabil, tak ada salahnya memperbanyak konsumsi serat gandum. Sebab serat gandum memiliki kemampuan untuk memangkas lemak dalam tubuh sekaligus memaksimalkan kinerja organ dalam. Gandum juga cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.

Nah, saat ini mencampurkan serat gandum ke dalam makanan juga menjadi lebih mudah dengan adanya powder fiber/ powdere cellulose. Bahan ini bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman olahan, antara lain pada produk-produk daging olahan, keju, snack dan bakery.

Powdered cellulose dengan partikel kecil akan membantu memperbaiki tekstur, mouthfeel dan konsistensi pada olahan saus dan salad dressing. Sedangkan powdered cellulose dengan partikel besar dapat berfungsi sebagai komponen yang memperkuat struktur dan memperbaiki tekstur pada produk-produk sejenis roti dan kue.

Sedangkan dari segi kesehatan, powdered cellulose tergolong ke dalam serat pangan (dietary fiber) yang tentunya sangat baik untuk kesehatan terutama dalam mencegah konstipasi, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi, diabetes, dan kanker usus besar. Selain itu, powdered cellulose juga menjadi penambah nutrisi dari makanan olahan yang dianggap minim gizi misalnya saja sosis, nugget, bakso, dan patty burger. Dengan tambahan serat gandum di dalamnya, makanan-makanan tersebut juga menjadi lebih  bersahabat untuk pencernaan.

Saat ini, powdered cellulose sudah bisa didapatkan dengan mudah melalui PT Markaindo Selaras. Untuk memesan produknya, Anda bisa menghubungi PT Markaindo Selaras melalui situs resminya www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.