Konsumsi Daging Tanpa Kolesterol, Daging Nabati Solusinya

  • daging nabati

Harga daging sapi yang terus merangkak naik, membuat masyarakat harus mencari solusi kreatif, sehingga dapat menemukan alternatif lain untuk mengubah bahan dasar daging sapi dengan bahan yang lebih murah tetapi memiliki kandungan nutrisi yang hampir setara dengan daging sapi. Bagi orang-orang yang tengah diet protein hewani pasti akan memilih makanan yang lebih sehat, rendah kolesterol tapi mengandung tinggi protein. Salah satunya mengkonsumsi daging nabati

Sejak abad 19, pembuatan daging nabati terus berkembang bahkan dengan berbagai varian kandungan nutrisi yang berbeda. Daging nabati adalah olahan dari kacang-kacangan seperti kedelai yang diolah menjadi produk yang memiliki tekstur yang sama dengan daging hewani.

Daging Nabati untuk Pengganti Daging

Daging nabati memiliki kandungan protein yang tinggi, hampir sama seperti kandungan protein hewani yang biasanya didapatkan dari daging sapi. Selain tindak memiliki kolesterol dan hanya mengandung fistiterol,  daging nabati juga mengandung isovlafon 32 gr dari 21 gram daging nabati memberikan banyak manfaat bagi tubuh, berikut adalah manfaat mengkonsumsi daging nabati.

1.    Daging nabati tidak mengandung bakteri, virus atau kuman yang biasanya berada pada daging hewani, sehingga proses memasak lebih efisien tanpa harus memakan waktu yang lama.
2.    Daging nabati dapat bertahan agak lama saat dalam kondisi tidak masak, berbeda dengan daging sapi yang cepat membusuk jika tidak segera diolah.
3.    Daging nabati memiliki kandungan yang lemak tak jenuh (HDL), rendah kolesterol dan asam amino, sehingga mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.
4.    Tinggi kandungan protein hingga 40% dan isoflavon, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker, menurunkan kandungan kolesterol, mengurangi gejala osteoporosis (keroposan tulang karena usia) dan mengurangi gejala-gejala menopouse seperti mual, nyeri, pusing dan sebagainya.
5.    Pengolahan daging nabati sangat cepat karena lebih cepat matang dibanding mengolah daging hewani pada umumnya. 
6.    Daging nabati jauh lebih ekonomis, karena berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan 
7.    Daging nabati dijamin tidak menyebabkan alergi.
8.    Daging nabati, dapat dikonsumsi oleh semua umat beragama, mengingat ada beberapa keyakinan yang melarang memakan daging dari beberapa jenis hewan.

Salah satu produk daging nabati adalah Textured Soy Protein (TSP), olahan daging nabati yang berbentuk tepung bertekstur yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utamanya. TSP biasanya digunakan untuk campuran (filler) produk olahan daging, seperti nugget, bakso, rolade, sosis dan lain-lain. 

Berikut adalah resep rendang daging nabati, yang dapat Anda coba.
Bahan:
1.    150 gram daging nabati
2.    1 batang sereh, dikeprek 
3.    1 sachet susu kental manis
4.    1 sdm ketumbar 
5.    2 butir kemiri, bakar terlebih dahulu 
6.    2 ruas jahe 
7.    2 ruas lengkuas, iris tipis 
8.    2 sdm gula merah sisir 
9.    250 ml santan kental 
10.    4 buah cabe rawit 
11.    4 butir telur 
12.    4 lembar daun salam 
13.    4 siung bawang putih 
14.    8 buah cabe merah 
15.    8 butir bawang merah 
16.    secukupnya Garam, lada dan gula 

Langkah:
1.    Rendam daging nabati dalam air matang selama ±15 menit hingga mengembang. 
2.    Remas-remas hingga bau langunya keluar. Tiriskan. Tambahkan air lagi. Ulangi meremas-remas, tiriskan sekali lagi hingga tidak keruh dan bau langu hilang. Peras hingga habis airnya. 
3.    Campur daging nabati, telur, susu bubuk, garam dan lada. Masukkan dalam food processor hingga bercampur rata. 
4.    Masukkan dalam wadah lalu kukus selama 30 menit hingga matang. 
5.    Setelah dingin, potong seperti irisan daging. Goreng sebentar hingga kecoklatan. 
6.    Untuk bumbunya : Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, cabe rawit, ketumbar, kemiri dan gula merah. 
7.    Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan irisan lengkuas, daun salam, sereh. Aduk rata. 

Itulah resep daging nabati yang dapat Anda coba, selain lebih sehat dan lebih lezat. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan Texturized Soy Protein atau TSP, PT Markaindo Selaras menyediakan bahan ini. Anda dapat menghubungi melalui website www.markaindo.co.id atau dapat juga melalui email marketing@markaindo.co.id