Ketahui Makanan Sehat untuk Jantung Anda yang Sebaiknya Dikonsumsi

  • Makanan sehat untuk jantung

Biaya kesehatan di Indonesia terus naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda juga menjaga agar tidak terserang penyakit, karena bisa datang kapan saja. Salah satu cara menjaganya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti, rutin berolahraga, tidur yang cukup, serta konsumsi makanan yang sehat.

Karena, dengan mengonsumsi makanan yang sehat tentunya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Mulai dari menurunkan berat badan, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan fungsi jantung manusia. Anda juga perlu tahu, beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Beberapa makanan sehat untuk jantung di antaranya yang bisa dicoba sebagai berikut:

Jagung

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah jagung. Selain baik untuk menjadi pengganti karbohidrat, jagung juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian mengatakan jagung memiliki kandungan protein dan tinggi serat. Kandungan protein pada jagung baik untuk melawan lemak jahat yang suka menjadi penyebab penyakit jantung.

Selain jagung, kacang-kacangan pun juga bisa menjadi pengganti karbohidrat dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Tomat

Selain jagung dan kacang-kacangan, tomat pun menjadi salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi. Siapa sangka salah satu sayur yang asam ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat memiliki kandungan likopen atau pigmen alami dengan sifat antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas. Kadar likopen yang rendah dalam tubuh akan meningkatkan risiko Anda terkena serangan stroke dan penyakit jantung.

Salmon

Makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon dianggap makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena kaya akan kandungan Omega-3. Omega-3 adalah salah satu lemak sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat menurunkan tekanan darah. Lebih lanjut, Omega-3 juga bisa mencegah peradangan dan menurunkan trigliserida.

Menurut penelitian dari Asosiasi Jantung AS, sebaiknya Anda mengonsumsi dua porsi ikan salmon dalam waktu seminggu untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Teh Hijau

Selain beberapa makanan sehat di atas, salah satu minuman yang baik untuk menjaga kesehatan jantung adalah teh hijau. Menurut penelitian jika Anda rajin mengonsumsi lima cangkir teh hijau dalam sehari akan menurunkan 25 persen risiko mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun, Anda tetap harus memperhatikan konsumsi teh hijau Anda karena jika terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan ginjal Anda.

Itulah 4 jenis makanan sehat untuk jantung yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan Anda. Sebagian besar makanan sehat untuk jantung merupakan jenis masakan vegetarian. Anda bisa mengonsumsi berbagai olahan sayur agar Anda tidak bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja.

Selain berbagai olahan sayur, Anda juga bisa membuat resep masakan vegetarian praktis menggunakan bahan pengganti daging. Jika Anda tertarik untuk mencoba menu vegetarian dalam masakan sehari-hari, saat ini sudah banyak produk yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daging nabati, salah satunya adalah produk Soy Fiber Protein (SFP) dari Markaindo. Bahan ini diproduksi oleh He Nan Bai Chuan Food Co., Ltd. Yang merupakan perusahaan swasta China yang telah melakukan riset dan pengembangan produk protein kedelai berserat/ berserabut (soybean brushed protein / soy fiber protein).

Untuk mendapatkan produk Soy Fiber Protein (SFP) yang berkualitas, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.