Ketahui 6 Manfaat Mengagumkan dari Serat Gandum untuk Tubuh Berikut!

  • manfaat Serat gandum

Saat ini, dunia mengenal dua jenis serat yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Pertama adalah serat larut, yang akan membentuk semacam jel di dalam tubuh dan dapat ditemukan di beberapa makanan seperti apel, kacang, wortel, dan lainnya. Jenis serat yang kedua adalah serat tidak larut, merupakan serat yang tidak dapat terlarut di dalam air, yang dapat ditemukan pada gandum, kacang hijau, kentang, dan lainnya. Perlu Anda ketahui jika serat itu sendiri merupakan bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga akan dikeluarkan lagi dalam bentuk yang sama.

Salah satu jenis makanan yang cukup populer karena seratnya adalah gandum. Serat gandumdiketahui memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1.Membantu Proses Pencernaan

Manfaat pertama dari serat yang terdapat di gandum adalah untuk membantu pencernaan. Serat ini diketahui dapat membuat gerakan usus menjadi lebih teratur, sehingga proses cerna makanan menjadi lebih lancar. Menurut seorang ahli kesehatan dari Academy of Nutritions and Dietetics, Wesley Delbridge, manusia yang mengkonsumsi serat dalam jumlah yang tepat tidak memerlukan obat pencahar selama hidupnya.

2.Serat Sangat Dibutuhkan Tubuh

Lebih lanjut, Delbridge juga mengungkapkan jika seorang manusia dewasa pada dasarnya memerlukan minimal 25 sampai dengan 35gram serat setiap harinya. Serat ini berguna untuk memperlambat makanan yang dicerna, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, gandum sebagai salah satu sumber serat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

3.Menurunkan Kolestrol Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolestrol, ternyata serat pada gandum juga dapat berfungsi untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Seorang dosen dari Harvard School of Public Health, Liliang Cheung bahkan mengungkapkan jika wanita yang mengkonsumsi gandum utuh sebanyak dua sampai dengan tiga kali sehari terhindar dari risiko terkena serangan jantung. Maka dari itu, konsumsi gandum secara teratur sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol dan serangan jantung.

4.Mengobati Darah Tinggi dan Diabetes

Serat gandum juga ternyata dapat digunakan dalam proses penyembuhan darah tinggi dan diabetes. Konsumsi gandum dengan teratur dapat menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah pada tubuh. Sehingga, penderita diabetes dan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar gandum diiringi obat-obatan lainnya.

5.Menjaga Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh karena itu, memakan santapan berbahan gandum sangat disarankan agar berat badan dapat terjaga. Biasanya, konsumsi gandum secara teratur dapat menurunkan nafsu makan secara bertahap. Sehingga, Anda benar-benar mengkonsumsi makanan sesuai kalori yang dibutuhkan.

6.Mencegah Asma

Studi dari The American Lung Association menyebutkan jika kurang lebih 20 juta orang di Amerika saat ini menderita asma. Gandum ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan risikonya, terutama pada anak-anak. Selama survei berlangsung, anak-anak tersebut diikutkan dalam sebuah program diet gandum, dan hasilnya menunjukkan 66% gejala asma berkurang. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk memberikan gandum untuk si kecil di rumah.

 

Saat ini, serat gandum juga telah tersedia dalam bentuk bubuk atau powdered cellulose. Salah satunya adalah Solvaira Specialties Inc. yang memproduksi berbagai produk fiber untuk kebutuhan industri seperti farmasi, makanan dan minuman, karet, bahan bangunan, dan lainnya. Perlu Anda ketahui jika powdered cellulose juga masuk ke dalam kategori dietary fiber atau serat pangan, dan sudah cukup lama digunakan dalam berbagai olahan makanan, misalnya keju, makanan ringan, dan juga roti atau kue.

Beberapa produk fiber dari Solvaira Specialties untuk makanan dan minuman adalah  JustFiber dan Solka-Floc, yang dapat Anda gunakan di dalam produk olahan yang Anda jual. Sehingga, produk Anda memiliki “nilai lebih” dengan adanya serat pangan sebagai kandungan gizinya.  Dapatkan produk ini melalui PT. Markaindo Selaras, yang dapat Anda beli di website www.markaindo.co.id atau juga email di marketing@markaindo.co.id.