Kegunaan Potato Starch yang Harus Anda Ketahui

  • potato starch

Produk kentang diantaranya adalah pati kentang atau yang dikenal dengan potato starch. Potato starch termasuk jenis tepung yang berasal dari olahan kentang yang merupakan produk esktrak pati dari kentang. Potato starch sering kali digunakan untuk  pengikat makanan, pelapis yang renyah dan bahan penebalan. Potato starch juga digunakan sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa terhadap makanan yang dicampurkannya dan memperbesar ukuran produk, membuat kue menjadi lembut, dan pengental saus. Potato starch bisa digunakan untuk membuat beraneka ragam kue hingga aneka makanan ringan. Potato starch berbentuk tepung yang sangat halus dan berwarna putih. Kandungan di dalamnya terdapat lemak dan protein. Di Indonesia penggunaan potato starch masih belum banyak, restoran Korea atau Jepang yang biasanya menggunakan tepung pati ini. Karena di Korea dan Jepang memang sudah terbiasa memakai potato starch sebagai pengganti tepung terigu dalam membuat makanan.

Kegunaan Potato Starch

Dengan rasanya dan teksturnya yang cocok dengan berbagai teknik memasak, kentang bisa dijadikan salah satu bahan pengganti untuk makanan lain. Jika ingin menggantikan daging-dagingan misalnya, kentang bisa dipanggang atau diolah dengan kuah. Jika ingin menggantikan topping seperti beef bacon, Anda bisa mengiris tipis kentang dan membumbuinya kemudian memanggangnya hingga kering. Kentang dalam bentuk tepung atau potato starch juga menjadi alternatif pengganti yang baik untuk tepung terigu biasa. Potato starch bisa diolah menjadi adonan pizza,  pasta, hingga berbagai olahan roti. Potato starch ini juga dapat dicampurkan dengan berbagai hidangan lain yang akan memberikan nutrisi dan tekstur lebih.

Aneka Mie yang Dihasilkan dari Potato Starch

Tak hanya dari tepung terigu saja, Anda juga bisa membuat berbagai jenis mie dari tepung lain, potato starch (tepung kentang) juga bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat mie dan tidak berbeda jauh dengan mie pada umumnya yang dibuat dari terigu.

- Acorn noodles

- Buckwheat noodles

- Harusame

- Rice noodles

- Potato vermicelli

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Banyak produk yang dihasilkan atau hasil olahan kentang, diantaranya adalah pati kentang atau dikenal potato starcth. Kegunaan potato starch yang sering dipakai sebagai bahan penebalan, pengikat makanan dan pelapis. Pati sendiri menjadi bahan pangan yang cukup penting karena hampir semua makanan pokok manusia memiliki kadar pati yang tinggi.  Potato starch biasanya digunakan untuk memperbesar ukuran produk maupun sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa pada makanan yang dicampurkannya. Berbagai fungsi dari pati kentang membuat Anda bisa menekan sekaligus mengurangi biaya produksi. Tepung pati kentang cocok dipakai sebagai bahan pembuat kue dan aneka pangan. Berikut kegunaan kentang pada bahan makanan:

- Menjadikan Makanan Lebih Tebal

- Kue Menjadi Lembut

- Tidak Mudah Menggumpal

- Dijadikan Pengental Saus

- Sebagai Pelapis Yang Renyah

- Pengganti Corn Starch

- Halal

Pati kentang menjadi bahan pangan yang aman dan juga halal untuk dikonsumsi. Jika Anda berniat untuk membeli produk potato starch Anda bisa membelinya dari  perusahaan Meelunie B.V. yang berkualitas. Produk dari Meelunie B.V yang sudah cukup terkenal di Indonesia antara lain adalah potato starch merk Windmill. Pati ini banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia karena kualitasnya yang sangat baik baik dengan harga yang relatif bersaing. Potato starch Meelunie B.V. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui  website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.