Jenis Tepung yang Sering Digunakan dan Manfaatnya

  • jenis tepung

Tepung merupakan bahan makanan yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Makanan yang dimasak seringkali menggunakan tepung. Berbagai kreasi masakan juga dibuat dengan menggunakan berbagai jenis tepung yang berbeda, itu artinya jenis tepung tidak hanya memiliki satu jenis saja.

Tidak perlu bingung membedakan jenis tepung yang berbeda-beda. Berikut jenis tepung dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui sebelum memilih untuk menggunakannya.

Tepung Tapioka

Jenis tepung ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue tradisional. Tepung ini terbuat dari singkong yang menghasilkan warna bening, kental dan bersifat sedikit lengket jika dipanaskan. Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat bakso, dadar gulung sebagai bahan tambahan masakan serta dapat juga digunakan sebagai bahan pengental pada bubur kacang hijau dan sebagainya.

Tepung Jagung

Tepung ini dikenal juga sebagai tepung maizena yang sering digunakan agar bahan adonan memiliki tekstur yang lebih lembut. Anda dapat menggunakan tepung ini untuk mengentalkan masakan berkuah seperti sup, saus dan sebagainya.

Tepung Terigu

Tepung terigu cukup populer karena tepung jenis ini sering dijumpai untuk membuat makanan. Pada dasarnya tepung ini terbagi menjadi 3 jenis. Tepung terigu protein tinggi yang pas untuk digunakan membuat mie dan roti. Tepung terigu protein sedang memiliki manfaat untuk membuat berbagai jenis kue seperti donat, bakpau, dan kue kering lainnya. Tepung terigu protein rendah baik untuk membuat pastel dan berbagai jenis gorengan lainnya.

Tepung Beras

Jenis tepung selanjutnya yaitu tepung beras yang tentunya terbuat dari beras yang digiling hingga halus. Penggunaan tepung beras dapat menghasilkan tekstur kue yang renyah. Sehingga tidak mengherankan kalau jenis tepung ini juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu agar menghasilkan tekstur kue yang pas.

Tepung Sagu

Bahan dasar tepung sagu yaitu sari pati pohon sagu yang sudah diproses hingga kering. Anda akan mendapatkan tekstur kue yang kenyal bila menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar. Biasanya tepung sagu cukup populer pada berbagai jenis kue tradisional sedangkan pada jenis kue modern atau roti jarang sekali menggunakan tepung yang satu ini.

Tepung Kentang

Tepung yang berasal dari umbi-umbian termasuk jenis tepung yang masih jarang digunakan oleh banyak. Anda dapat menggunakan tepung sebagai bahan pembuatan kroket dan mashed potato. Menurut penelitian tepung kentang memiliki manfaat yang sangat baik salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan menggunakan potato starch maka Anda telah melakukan penghematan karena jenis tepung kentang ini dapat menggantikan jenis tepung tapioka atau sagu. Tepung kentang bermanfaat untuk sebagai pengental makanan yang halus, selain itu tepung kentang akan membuat makanan menjadi tetap nikmat dan lezat karena tidak meninggalkan rasa tepung di mulut saat dimakan. Produk tepung kentang ini memang masih jarang ditemui di Indonesia namun, Anda dapat mencoba tepung kentang dari Markaindo.

Nah itulah beberapa jenis tepung yang sering dijumpai. Untuk Anda yang tertarik dan ingin membeli tepung kental namun tidak tahu dimana tempat yang jual potato starch, tidak perlu bingung karena produk dari Meelunie B.V yang sudah cukup terkenal di Indonesia yaitu potato starch merk Windmill. Tepung ini mulai banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia karena kualitasnya yang baik, tepung kentang ini menjadi bahan pangan yang aman dan juga halal untuk dikonsumsi. Potato starch Meelunie B.V. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi Markaindo melalui websitenya di www.markaindo.co.id atau melalui email ke marketing@markaindo.co.id.