Jenis Rempah Rempah yang Sering Digunakan pada Masakan di Indonesia

  • jenis rempah rempah

Bumbu dan rempah rempah memiliki peranan penting dalam menciptakan rasa yang lezat pada makanan. Indonesia terkenal dengan bermacam-macam jenis masakan yang kaya akan rasa. Dengan berbagai macam suku dan budaya telah menghasilkan keunikan masakan dengan rasa yang berbeda-beda.

Keragaman masakan khas Indonesia tentunya tidak lepas dari keahlian dalam menggabungkan beberapa jenis rempah rempah yang ada ke dalam masakan. Indonesia memiliki tanah yang subur dan mudah ditumbuhi oleh berbagai jenis rempah rempah baik asli dari Indonesia maupun yang berasal dari luar Indonesia. Tentunya hal ini lah yang membuat Indonesia menjadi kaya akan rempah rempah pada masakannya.

Jenis-jenis Rempah

Jenis rempah rempah yang ada di Indonesia sangat beragam, tentunya hal ini membuat Anda bingung dalam memilih rempah rempah yang akan Anda gunakan. Berikut ada rempah rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia.

Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu jenis rempah rempah di Indonesia yang biasa digunakan saat akan memasak makanan seperti kari dan rendang sebagai pengharum masakan. Daun ini dapat langsung digunakan saat utuh ataupun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, karena akan menghasilkan rasa yang sama.

Kapulaga

Kapulaga merupakan sejenis buah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, dan bisa juga dijadikan sebagai campuran jamu. Biasanya kapulaga ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan seperti kari dan gulai, karena bisa membuat rasa makanan semakin terasa lezat.

Bawang Putih

Bawang putih hampir selalu ada di semua masakan Indonesia. Setiap masakan yang menggunakan bumbu dapur yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang menggiurkan saat dimasak. Selain lezat, bawang putih juga memiliki banyak manfaat baik yang bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung, salah satunya yaitu mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit sedangkan untuk penderita jantung, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Paprika

Warna pada bubuk paprika memiliki warna jingga bila dibandingkan dengan warna pada bubuk cabai. Meski mirip, bubuk paprika memiliki karakter rasa yang berbeda. Dengan rasa yang tidak terlalu pedas seperti bubuk cabai, bubuk ini juga memiliki sedikit rasa manis. Paprika memiliki rasa unik yang cocok untuk Anda yang tidak ingin rasa pedas yang mendominasi rasa dalam masakan. Ini menjadikan rempah yang satu ini menarik untuk dicoba pada berbagai kreasi di dapur rumah.

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan jenis bawang lainnya, bawang bombay memiliki wangi yang tidak terlalu tajam namun memiliki rasa yang manis. Selain ditumis, bawang bombay juga bisa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran salad.

Bumbu Kering

Jenis rempah rempah yang telah disebutkan, tersedia juga dalam bentuk bumbu kering yang diproduksi oleh Wiberg dengan tujuan untuk menjadikan lebih mudah bagi Anda dalam memasak makanan. Bumbu kering ini memiliki beberapa jenis yaitu bumbu tunggal atau single spice yang merupakan suatu jenis bumbu dalam bentuk utuh atau yang sudah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau perlakuan lainnya yang bertujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya. Terdapat juga beberapa bumbu campuran untuk produk-produk olahan tertentu untuk digunakan dalam olahan daging dan bahan tambahan pangan lainnya yang bisa anda dapatkan.

Untuk Anda yang tertarik untuk membeli jenis rempah rempah kering yang dijual oleh Markaindo hasil produksi dari Wiberg Seasoning & Spices, Anda dapat memesannya di website Markaindo di www.markaindo.co.id atau Anda dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id