Jenis Makanan yang Tidak Mudah Basi, yang Cocok Untuk Diajak Bepergian Jauh

  • jenis makanan yang tidak mudah basi

Banyak hal yang dapat menyebabkan makanan menjadi basi. Penyebab makanan menjadi cepat basi salah satunya karena tempat dan cara penyimpanan yang salah. Hal ini dapat merusak kualitas bahan makanan itu sendiri dan membuat cepat basi sehingga tidak dapat dikonsumsi lagi. Memang ada bahan pengawet makanan yang dapat membuat makanan menjadi tahan lebih lama tetapi dampak nya bisa membahayakan kesehatan, namun nyatanya tidak semua demikian.

Hal tersebut tidak berlaku bagi semua jenis makanan, masih ada beberapa jenis makanan yang mampu bertahan selama beberapa tahun tanpa rusak, karena telah diproses dengan cara khusus. Jenis makanan yang tidak mudah basi ini sangat berguna bagi Anda yang akan melakukan perjalanan lintas alam selama beberapa hari dan membutuhkan jenis makanan yang tidak mudah basi untuk bertahan hidup. Bahan makanan seperti ini tidak begitu memerlukan tanggal kadaluarsa sehingga Anda tidak perlu memeriksa tanggal pada labelnya. Berikut beberapa jenis makanan yang tidak mudah basi:

Beras

Beras memiliki masa simpan yang cukup panjang, khususnya beras putih. Beras putih dapat disimpan hingga kurang lebih 30 tahun dengan ruangan yang kedap udara dan disimpan dalam pada suhu di bawah 15oC.

Madu

Madu alami merupakan satu-satunya jenis makanan yang tidak mudah basi lainnya karena bahan kimia ajaib yang dihasilkan oleh lebah. Nektar yang dihasilkan oleh bunga bercampur dengan enzim di dalam tubuh lebah. Proses pengolahan dan penyimpanan madu yang benar akan menambah umur makanan sehingga tidak mudah basi.

Madu tidak perlu disimpan di dalam kulkas, cukup disimpan pada ruangan kedap udara dan disimpan pada suhu ruang akan membuat madu bertahan cukup lama.

Garam

Garam telah digunakan selama berabad-abad dalam sebagai alat untuk mengawetkan bahan makanan lainnya serta mengawetkan tubuh makhluk hidup. Karena garam dapat menghilangkan kelembapan yang terdapat didalamnya. Namun, garam yang biasa digunakan untuk memasak tidak dapat bertahan selamanya karena mengandung yodium sehingga hanya dapat bertahan kurang lebih 5 tahun.

Sirup Maple

Jenis makanan yang tidak mudah basi lainnya yaitu sirup maple. Sirup maple adalah olahan organik yang memiliki masa simpan yang cukup lama. Karena kandungan antibakteri yang dimilikinya berkhasiat untuk mencegah jamur dan bakteri yang menjadi penyebab makanan cepat basi. Namun, untuk tetap menjaga kesegaran sirup maple, dapat juga disimpan dalam kulkas.

Cuka Putih

Cuka memiliki cita rasa yang kecut ini merupakan bahan pangan yang kerap digunakan sebagai bahan campuran aneka masakan, seperti acar bakso, atau soto. Cuka juga memiliki masa simpan yang cukup lama. Sehingga Anda dapat membeli cuka dengan ukuran besar tanpa takut bahan tersebut menjadi cepat basi atau rusak.

Selain itu, Anda dapat menjadikan cuka sebagai bahan pembersih alat rumah tangga. Anda cukup menyimpan cuka pada suhu ruang.

Gula Stevia

Gula merupakan makanan yang dapat bertahan cukup lama jika disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapannya. Namun, untuk Anda yang takut mengkonsumsi terkena diabetes karena mengkonsumsi gula berlebih tidak perlu khawatir lagi. Karena Debitterized Stevia – Sunwin 3G dapat membantu mengurangi risiko timbulnya penyakit tersebut.

Sudah sejak lama tumbuhan stevia diketahui sebagai sumber pemanis alami pengganti gula. Debitterized Stevia – Sunwin 3G merupakan generasi terbaru tanpa rasa pahit dan memiliki tingkat kelarutan yang tinggi sehingga dapat menggantikan gula 100%. Oleh karena itu, sudah saatnya industri makanan di Indonesia tidak perlu ragu menggunakan stevia sebagai bahan pengganti gula dalam produknya.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak mudah basi, jika Anda tertarik untuk menggunakan produk stevia dari Markaindo. Anda dapat memesannya di website www.maraindo.co.id atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.