Jenis Bumbu Dapur yang Menyehatkan

  • jenis bumbu dapur

Indonesia memiliki keanekaragaman bumbu dan rempah yang melimpah sehingga menjadikan masakan Indonesia yang beraneka ragam. Dengan menggunakan bumbu yang beragam inilah yang menjadikan cita rasa masakan Indonesia menjadi lebih berkarakter. Banyaknya jenis bumbu dapur digunakan tidak hanya menambah cita rasa masakan namun, memiliki fungsi lain untuk menambah warna dan aroma yang sedap pada makanan.

Dengan menggunakan bahan yang sama namun dengan formulasi bumbu yang berbeda dapat menghasilkan cita rasa masakan yang beragam. Jenis bumbu dapur terbagi menjadi beberapa golongan yaitu rempah basah, rempah kering, bumbu buatan dan bumbu kering. Untuk memudahkan Anda dalam memasak, dapat menggunakan bumbu kering.

Bumbu yang biasa digunakan pada masakan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut jenis bumbu dapur yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan sebagai bahan tambahan pangan.

Paprika

Paprika memiliki warna macam warna yang sering jumpai yaitu warna hijau, merah dan kuning. Pada bumbu kering, warna yang dimiliki oleh bubuk paprika berwarna jingga bila dibandingkan dengan warna pada bubuk cabai. Meski mirip, bubuk paprika memiliki karakter rasa yang berbeda.

Dengan rasa yang tidak terlalu pedas seperti bubuk cabai, bubuk ini juga memiliki tambahan rasa yaitu sedikit manis. Paprika memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Rasa unik yang dihasilkan oleh paprika sangat cocok untuk anda yang tidak ingin rasa pedas yang mendominasi rasa dalam masakan.

 Bawang Putih

Bawang putih memiliki zat alicin yang memberi cita rasa dan aroma menyengat bersifat antibakteri dan antiseptik. Dengan kandungan yang dimiliki, bawang putih juga memiliki manfaat baik lainnya yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung, salah satunya dengan mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit sedangkan untuk penderita jantung, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes karena dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah

Rosemary

Rosemary memiliki aroma yang unik dan cukup kuat. Dengan bentuk seperti jarum dengan aroma yang mirip campuran lemon dan pinus. Rosemary dapat digunakan sebagai bumbu dalam hidangan seperti sup, casserole, salad, dan juga semur.

Rosemary juga sering digunakan sebagai bumbu dalam memasak ayam, unggas, domba bahkan ikan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Selain itu, rosemary mengandung zat besi yang dapat menghilangkan anemia dan kelelahan. Rosemary juga mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat larut.

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan jenis bawang lainnya, bawang bombay memiliki wangi yang tidak terlalu tajam namun memiliki rasa yang manis. Di dalam bawang Bombay kromium yang membantu mengatur kadar gula darah, sehingga sangat bermanfaat khususnya bagi penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Oregano

Dengan menggunakan oregano pada masakan tidak hanya menambah cita rasa namun, jenis bumbu dapur yang satu ini mengandung banyak mangan, kalsium, zat besi, vitamin K, dan serat yang membuat oregano bagus untuk detoksifikasi tubuh. Selain itu,oregano dapat membantu fungsi hati dan mempercepat proses pengeluaran toksin.

Bumbu Kering

Anda dapat menggunakan semua bahan tersebut dalam bentuk bumbu kering dalam kemasan yang dijual oleh Markaindo.  Menggunakan bumbu kering tidak akan menghilangkan berbagai manfaat yang ada di dalamnya. Bumbu kering sebagai bahan tambahan pangan membantu Anda mempercepat proses memasak.

Jika Anda tertarik untuk membeli produk bumbu kering dari Wiberg, Anda dapat langsung mengunjungi website Markindo di www.markaindo.co.id yang menyediakan bahan tambahan pangan yang lengkap juga berkualitas dari Wiberg Seasoning & Spices.