Jarang diketahui, Inilah Manfaat Oregano yang Baik untuk Kesehatan

  • manfaat oregano

Oregano merupakan salah satu bumbu yang sering dijumpai pada masakan western. Namun, bukan berarti pada masakan Indonesia tidak dapat menggunakan bahan yang satu ini. Lalu, apa alasan oregano banyak dikonsumsi?

Ternyata, di dalam oregano banyak terkandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat. Selain itu, terdapat juga berbagai senyawa baik seperti carvacrol, asam rosmarinic, dan thymol. Oleh karena itu, yuk ketahui manfaat oregano berikut ini.

1. Dapat Menurunkan Panas dan Nyeri Otot

Salah satu manfaat oregano adalah dapat menurunkan panas atau demam. Hal inilah yang membuatnya sering dijumpai dalam bahan pengobatan tradisional Cina. Sifatnya yang dapat dijadikan sebagai penyembuh alami inilah biasanya dalam pengobatan di Yunani juga dimanfaatkan untuk meredakan otot yang tegang, kram, dan pegal-pegal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam oregano terdapat Omega-3 yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh serta mengurangi peradangan pada kardiovaskular. Oleh karena itu dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan manfaat oregano yang bereaksi baik pada tubuh.

3. Membersihkan Organ dalam Tubuh

Selain itu, Oregano terdapat berbagai kandungan yang dapat membantu fungsi hati dan mempercepat proses dari pengeluaran racun dan bakteri dari tubuh. Biasanya bakteri yang dapat mempengaruhi kulit, usus, dan bagian lain dari tubuh inilah yang dibuang.  Jadi, manfaat oregano yang satu ini sering dijadikan untuk detoksifikasi pada sistem organ dalam tubuh.

4.  Melancarkan Pencernaan

Manfaat oregano lainnya yaitu dapat memperlancar pencernaan, karena di dalamnya terdapat serat. Walaupun bahan ini berukuran kecil tetapi memiliki dampak yang cukup besar pada sistem pencernaan Anda. Jadi, jika memiliki masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar dan mencegah terjadi sembelit sebaiknya, mulailah rutin mengonsumsi oregano.

5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rutin mengonsumsi bahan yang satu ini, Anda dapat merasakan manfaat oregano pada tubuh. Khususnya dalam meningkatkan daya tahan, sehingga saat merasa lelah, kehilangan tenaga, dan berbagai ancaman penyakit dapat dicegahnya. Di dalam oregano terdapat vitamin A dan mangan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai gejala penyakit pun dapat dicegah oleh oregano.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat baik dari rutin mengonsumsi oregano. Tidak heran jika banyak yang mengonsumsi salah satu bumbu dapur yang satu ini. Namun, oregano ternyata dapat dinikmati dengan beragam cara loh, salah satunya dijadikan sebagai minyak atau bisa juga diolah dalam masakan.

Sebagai bumbu masakan, oregano biasa digunakan dalam bentuk bubuk kering sehingga lebih mudah digunakan. Biasanya akan memiliki aroma yang cukup kuat namun, mempunyai cita rasa sedikit pahit dan pedas. Oregano dalam bentuk kering memang terdapat cita rasa yang unik tetapi jika disajikan bersama dengan bumbu lainnya dapat meningkatkan kompleksitas rasa tanpa mendominasi keseluruhan masakan.

Pada dasarnya menggunakan bumbu kering memang lebih praktis dan mudah untuk digunakan, khususnya untuk Anda yang memiliki banyak aktifitas padat. Oleh karena itu, bumbu oregano kering bisa diperoleh dengan membeli produk tersebut hasil produksi Wiberg dari Markaindo. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba penguat rasa ini?

Baca Juga : Penguat Rasa Makanan yang Mudah Anda ditemui

Dapatkan segera berbagai bumbu kering sebagai penguat rasa dari  hasil olahan Wiberg dari Markaindo dengan memesannya langsung melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id atau dapat juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.