Intip Yuk Perbedaan Pengawet Alami dan Pengawet Buatan

Dalam memproduksi makanan, produsen makanan ada yang menggunakan bahan pengawet agar produk mereka tahan lama dan tak mudah busuk. Penggunaan pengawetan makanan ternyata juga bisa meningkatkan kualitas produk makanan. Karena pengawet makanan berguna untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme pembusuk sehingga Anda bisa menyimpan makanan dengan tahan lama.

Penggunaan pengawet pada makanan atau minuman sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di dalam industri pangan saat ini. Ditambah lagi sekarang perkembangan zaman yang memungkinkan produk makanan dan minuman yang serba praktis, memiliki tampilan menarik, dan tahan lama. Untuk mengikuti perkembangan zaman ini, para pelaku industri pangan memberikan penambahan bahan pengawet agar kualitas produk meningkat dan tahan lama. Sebenarnya ada cara aman dan sehat dalam mengawetkan makanan, yaitu menggunakan pengawet alami.

Perlu diketahui jika di pasaran terdapat dua pengawet yang biasa digunakan, yakni pengawet alami dan pengawet sintetis atau buatan. Zat pengawet alami berasal dari bahan alami yang ada di sekitar kita, contohnya seperti gula yang bisa dipakai untuk mengawetkan buah-buahan (manisan), selai, dan dodol. Sifat gula pasir adalah higroskopis atau menyerap air yang bisa membuat  sel-sel bakteri mati. Penggunaanya bisa ditaburkan atau dicampur dan dilarutkan dengan bahan makanan atau minuman yang akan diawetkan.

Garam dapur  juga memiliki sifat higroskopis atau menyerap air yang bisa menghambat dan menghentikan reaksi autolisis yang dapat mematikan bakteri di dalam makanan. Penggunaan garam sebagai pengawet alami bisa dipraktikkan pada proses pembuatan ikan asin maupun telur asin.

Sementara untuk zat pengawet sintetik atau buatan merupakan hasil sintesis yang berasal dari bahan-bahan kimia. Sebagai informasi, pengawet sintetis mempunyai sifat lebih stabil, lebih pekat dan penggunaannya lebih sedikit. Tidak semua pengawet sintetis berbahaya bagi tubuh. Bila dipakai dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu sering tentu pengawet sintetis tidak akan membahayakan kesehatan tubuh.

Banyak orang telah memanfaatkan pengawet alami untuk memperpanjang waktu makanan. Pengawet alami bisa dilakukan bukan hanya mengandalkan bahan-bahan alami saja. Melainkan makanan bisa diawetkan secara alami dengan proses pendinginan, pengeringan, pengalengan, dan penyinaran. Anda tidak perlu khawatir, karena proses pengawetan ini aman dan tidak menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan manusia. Produk pengawet alami ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya bahan baku yang mudah diperoleh, proses yang sederhana, waktu proses yang singkat serta tidak menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya.

Untuk pengawet sintetis yang aman dan tidak berbahaya untuk tubuh, salah satunya adalah CFB Chemische Fabrik Budenheim yang merupakan salah satu perusahaan kimia di Jerman yang memproduksi produk fosfat dan keturunannya, termasuk untuk makanan (food grade). CFB Chemische Fabrik Budenheim berhasil menciptakan teknologi metode produksi berupa pemurnian phosphoric acid dengan cara ekstraksi. Pada dasarnya fosfat merupakan komponen alami hampir pada semua jenis makanan, karena memiliki peranan fungsional yang signifikan makan fosfat juga sangat umum digunakan sebagai bahan tambahan dalam proses produksi makanan sebagai pengembang, emulsifier dan sebagainya.

Produk pengawet makanan alami CFB (Chemische Fabrik Budenheim) sudah terjamin kualitasnya dan sudah pasti aman untuk dikonsumsi oleh manusia, karena produk pengawet makanan alami Budenheim terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji kualitasnya, dan produk dari Budenheim juga sudah  berstandard internasional, oleh karena itu Anda tidak perlu takut untuk menggunakan produk ini.

Jika Anda berminat untuk membeli produk tersebut, Anda bisa membelinya di PT. Markaindo Selaras. Berbagai macam jenis produk dari CFB Chemische Fabrik Budenheim ada di Markaindo, untuk memudahkan dan mencari bahan lainnya dengan cepat dan nyaman. Silahkan cek website-nya di www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id. Pilihan solusi berbelanja yang tepat dan nyaman.