Intip Kreasi Unik Burger Dari Nasi

  • resep burger nasi

Banyak orang yang mengatakan orang Indonesia tidak kenyang jika belum makan nasi. Walaupun sudah memakan roti biasanya mereka akan menambah nasi lagi. Oleh karena itu, seluruh restoran junk food di Indonesia menyediakan nasi sebagai pendampingnya.

Biasanya sebagian besar orang memilih burger agar tidak merasa bosan dengan makanan pokok yang itu-itu saja. Tampilan yang berbeda biasanya akan membuat orang merasa penasaran dan menambah cita rasa yang berbeda. Bagaimana jika nasi dan burger dijadikan satu? Tenang saja, ini tidak akan menjadi double porsi karbohidrat kok. Cukup ikuti resep burger nasi ini dapat membuat makanan menjadi lebih menarik.

Cara Membuat Burger Nasi

Bahan:

500 gr nasi hangat

400 gr ayam cincang

2 sdm peterseli cincang

¼ buah bawang bombay

1 siung bawang putih

Garam bubuk secukupnya

Gula bubuk secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Bumbu Rendaman:

3 sdm saus tiram

3 sdm saus tomat

2 sdm saus sambal

Garam bubuk secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap:

Daun selada

Mayones

Saus Sambal atau tomat

Cara Membuat:

- Cincang halus bawang bombay dan bawang putih

- Campur bawang yang sudah dicincang bersama daging ayam lalu, tambahkan garam, merica, dan peterseli, aduk hingga rata

- Bagi adonan tersebut menjadi 4 bagian yang sama rata setelah itu, bulatkan dan pipihkan menjadi seperti daging burger pada umumnya

- Kukus adonan selama 15 menit hingga matang

- Campurkan bumbu rendaman dalam satu wadah, aduk hingga rata

- Selanjutnya lumuri daging burger hingga rata lalu, masak daging di atas pan dadar

- Bagi adonan nasi menjadi 8 bagian lalu, bentuk menjadi bulat pipih seperti roti burger

- Setelahnya, letakkan nasi pada dasarnya, berikan selada, daging ayam, dan tambahkan mayones, saus sambal atau tomat sesuai selera

- Burger nasi siap disajikan selagi hangat

Nah, itulah resep nasi burger yang sangat mudah untuk dibuat sendiri. Cukup menarik, bukan? Cara ini akan membuat nafsu makan Anda kembali jika sudah bosan dengan makanan yang berbentuk itu-itu saja. Tidak hanya dapat mengembalikan nafsu makan saja namun, resep burger nasi ini dapat menjadi ide baik sebagai bekal untuk si kecil ke sekolah. Tapi tidak disarankan untuk menyajikannya dengan tambahan kentang goreng ya, karena akan membuat Anda mengonsumsi karbohidrat menjadi 2 kali lipat.

Anda sebaiknya segera menghabiskan makanan ini selagi hangat karena dapat berpotensi mudah basi atau berjamur. Hal ini disebabkan karena nasi yang mudah berkeringat dapat memicu kelembapan, apalagi jika disimpan pada udara yang tertutup selama beberapa jam kedepan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi dari Markaindo.

Untuk mempertahankan tekstur nasi yang sudah dibentuk tetap enak saat dimakan, Anda dapat menggunakan pengawet Rice-B produksi Koyo Chemical dari Markaindo. Selain itu, dengan menggunakan produk tersebut nasi burger yang Anda buat dapat bertahan lebih lama. Bahan pengawet makanan ini sudah terbukti aman untuk dikonsumsi sesuai takaran yang tepat.

Baca juga : Macam-macam Bahan Pengawet Buatan Makanan yang Aman

Koyo Chemical Industry Co., Ltd. sudah melakukan riset pengembangan bahan pengawet makanan sejak tahun 1958. Bertujuan untuk mengantisipasi perubahan gaya makan yang terus berkembang hingga saat ini. Untuk Anda yang ingin membeli produk Rice-B produksi Koyo Chemical dapat segera mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau dapat menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.  Selamat mencoba kreasi unik dari resep burger nasi.