Inilah Kegunaan Potato Starch yang Mungkin Belum Anda Ketahui

  • potato starch

Kentang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok umbi batang yang dapat digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Namun, kentang tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, tapi bisa juga secara tidak langsung. Saat ini ada banyak beberapa turunan produk yang bisa dihasilkan, diantaranya adalah tepung kentang (potato flake), pati kentang atau yang sering disebut potato starch dan juga potato granules.

Kali ini kami akan membahas tentang potato starch yang sering dipakai sebagai bahan penebalan, pengikat makanan dan pelapis. Pati sendiri menjadi bahan pangan yang cukup penting karena hampir semua makanan pokok manusia memiliki kadar pati yang tinggi.  Potato starch biasanya digunakan untuk memperbesar ukuran produk maupun sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa pada makanan. Dengan berbagai fungsi dari pati kentang di atas, secara tidak langsung Anda bisa menekan atau mengurangi biaya produksi. Tepung pati kentang cocok dipakai sebagai bahan pembuat kue dan aneka pangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat atau kegunaan dari pati kentang atau potato starch jika dibandingkan dengan pati lainnya untuk makanan.

Bisa Menjadikan Makanan Lebih Tebal

Potato starch bisa membuat makanan menjadi lebih tebal pada beberapa resep makanan yang memang mengharuskan makanan tersebut dibuat tebal. Tepung pati kentang memiliki rasa yang netral dan dapat menyesuaikan dengan suhu yang lebih tinggi. Misalnya saja untuk membuat donat maupun mie yang bertekstur tebal.

Membuat Kue Menjadi Lembut

Jika Anda sedang ingin membuat kue yang banyak menggunakan telur, ada baiknya Anda menggunakan pati kentang guna membuat kue Anda menjadi lembut. Contohnya biskuit dan kue spon.

Tidak Mudah Menggumpal

Tepung kentang tidak mudah menggumpal saat dimasak dengan cara direbus dan dapat dengan mudah tercampur pada makanan.

Bisa Dijadikan Pengental Saus

Tepung kentang bisa menjadi salah satu tepung yang baik untuk digunakan sebagai bahan pengental saus pada makanan Anda.

Tepung Kentang Sebagai Pelapis Yang Renyah

Tepung kentang memiliki kemampuan untuk membuat makanan ringan Anda seperti gorengan menjadi renyah saat dimakan.

Menjadi Pengganti Corn Starch / tapioka atau sagu

Anda bisa memanfaatkan tepung kentang sebagai pengganti corn starch atau tepung jagung sebagai bahan pembuat makanan Anda. Tepung kentang bermanfaat untuk sebagai pengental makanan yang halus, selain itu tepung kentang akan membuat makanan menjadi tetap nikmat dan lezat karena tidak meninggalkan rasa tepung di mulut.

Halal

Pati kentang menjadi bahan pangan yang aman dan juga halal untuk dikonsumsi. Jika Anda berniat untuk membeli produk potato starch Anda bisa membelinya dari  perusahaan Meelunie B.V. yang berkualitas. Meelunie B.V  tidak hanya memproduksi potato starch. tapi juga beragam jenis starch lainnya seperti corn starch (pati jagung), tapioca starch (tapioka), wheat starch (terigu), rice starch (tepung beras) dan pea starch. Untuk bahan makanan, Meelunie memiliki dua produk utama yang dipasarkan pertama Windmill yang merupakan merek sebagai bahan baku utama. Dan kedua adalah Promill yang biasanya dipakai untuk makanan ternak atau pet foods.

Produk dari Meelunie B.V yang sudah cukup terkenal di Indonesia antara lain corn starch dan potato starch merk Windmill.  Dua pati ini telah banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia karena kualitasnya yang sangat baik baik dengan harga yang relatif bersaing.Potato starch Meelunie B.V. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui  website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.