Inilah Fungsi Penting Serat Kolagen Dan Cara Mendapatkannya

  • Mengandung Serat Kolagen

Manfaat Serat Kolagen

Apakah itu sebenarnya serat kolagen? Mungkin di telinga masyarakat umum, serat kolagen masih terdengar asing karena hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu serat kolagen, berikut penjelasan mengenai serat tersebut.

Serat kolagen berasal dari zat yang bernama kolagen. Kolagen adalah sebuah protein yang paling umum ditemukan pada tubuh manusia. Kolagen ini bisa Anda temui di hampir setiap bagian tubuh. Kolagen yang bertemu dan berbentuk seperti sebuah lapisan ini dinamakan dengan nama serat kolagen.

Secara umum, kolagen berbelit seperti jaring serat yang akan menambahkan stabilitas pada bagian tubuh tertentu. Maka dari itulah, kolagen sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tubuh agar tetap lentur serta bebas bergerak meskipun dalam keadaan sulit. Kebanyakan kolagen akan digunakan tubuh sebagai bahan mantel terluar tubuh, yaitu kulit.

Hampir 80% dari berat kulit kering pada tubuh orang normal terdiri dari kolagen. Kolagen pada kulit ini cukup besar peranananya, seperti menjaga agar air tidak keluar secara berlebihan dan menjaga fungsi kulit bagian dalam agar berfungsi dengan baik. Itu adalah salah satu dari sekian banyak jenis kolagen.

Kolagen sendiri dibagi menjadi 12 jenis dan empat di antaranya bisa ditemukan di tubuh kita sendiri. Kolagen tipe 1 adalah yang paling melimpah dan banyak ditemukan di dalam kulit, tulang, dan jaringan ikat lainnya. Tipe kedua umumnya ditemukan di dalam tulang rawan dan tipe kolagen ketiga adalah tipe kolagen perbaikan luka. Tipe kolagen keempat ditemukan dalam membran pembuluh darah dan membantu untuk menyaring komponen darah.

Fungsi dan Cara Mendapatkan Serat Kolagen

Karena fungsinya yang sangat penting untuk tubuh, kolagen harus selalu ada dalam porsi yang tepat. Beberapa kali, tubuh akan memperbarui struktur serat kolagen dalam tubuh dan menggantinya dengan yang baru. Apabila tubuh kekurangan kolagen, bisa berakibat buruk dan atau bahkan zat kolagen lama bisa bermutasi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung jumlah kolagen besar seperti beberapa contoh berikut :

1. Buah strawberry

Buah merah segar yang memiliki rasa kecut dan manis ini sangat banyak diminati orang. Selain rasanya yang khas, strawberry memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di dalam buah strawberry terdapat kandungan vitamin C yang berperan penting untuk daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan kolagen dalam buah ini juga cukup besar.

2. Bawang putih

Salah satu rempah yang selalu ada di dapur ini juga merupakan sumber kolagen. 1 siung bawang putih bisa mencegah Anda mengalami serangan jantung yang mendadak. Tak hanya itu, kandungan kolagen di dalamnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tubuh.

3. Buah tomat

Pasti sudah tidak asing lagi dengan buah merah yang hampir semua isinya adalah air ini, bukan? Ya, buah segar ini juga salah satu dari sekian banyaknya sumber kolagen murah. Selain itu, mengkonsumsi tomat secara teratur akan menurunkan risiko terserang kanker sejak dini.

4. Ikan

Daging ikan yang terkenal dengan sebutan protein murni, lemak baik, dan penuh nutrisi ini merupakan sebuah paket sehat dari alam yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Khususnya ikan tuna, kandungan omega-3 serta kolagennya akan membantu tubuh terhindar dari penyakit berbahaya seperti kolesterol.

Itulah beberapa contoh makanan yang mengandung serat kolagen. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kandungan kolagen praktis, Anda bisa memesannya di www.markaindo.co.id. Di sini Anda akan dilayani sepenuh hati oleh costumer service. Anda bsia melakukan pemesanan dengan mudah dengan cara menghubungi alamat yang sudah disediakan.