Ini Dia 5 Cara Tingkatkan Rasa Olahan Daging Nabati!

Meski saat ini sudah sangat banyak bahan non hewani yang bisa dimanfaatkan untuk membuat pengganti daging, namun tak bisa dipungkiri rasa alami daging masih susah ditiru. Tapi bukan berarti para vegetarian tak bisa makan daging nabati dengan nikmat, ya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa masakan yang menggunakan daging nabati.

Bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

 

Gunakan Bahan Pengganti Daging yang Tepat

Selain rasa, salah satu hal yang paling sulit ditiru dari daging adalah teksturnya. Tak banyak bahan nabati yang bisa menyamai tekstur unik daging. Maka dari itu, saat akan membuat olahan daging nabati, pastikan Anda memilih bahan dasar yang tepat misalnya saja menggunakan tahu yang keras, tempe yang dibakar, atau juga bahan sejenis texturized soy protein. Pada dasarnya bahan nabati apapun bisa digunakan, namun pastikan bahan tersebut memiliki tekstur agak alot dan tidak mudah hancur saat dimasak atau diiris.

 

Campurkan Sayuran yang Memiliki Rasa Gurih

Bahan nabati yang digunakan untuk membuat pengganti daging tentu saja tidak memiliki rasa segurih daging asli. Maka dari itu, Anda membutuhkan campuran sayuran yang bisa memberikan rasa gurih sehingga meningkatkan rasa olahan daging nabati. Beberapa sayur yang bisa digunakan antara lain jamur dan juga nangka muda atau yang biasa disebut tewel di Pulau Jawa. Keduanya cocok sekali dimasak dengan olahan penuh rempah dan santan seperti saat memasak rendang daging.

 

Gunakan Bumbu yang Sama Dengan Masakan Daging Asli

Bukan hanya soal tekstur, kadangkala masakan daging nabati memiliki rasa yang mengecewakan. Bisa jadi Anda salah dalam membumbuinya. Cobalah untuk menggunakan bumbu yang sama persis dengan apa yang Anda gunakan saat memasak olahan daging. Banyak juga bumbu cepat saji yang dikhususkan untuk memasak daging dan bisa digunakan dalam masakan vegetarian. Memarinasi bahan yang digunakan dalam masakan daging nabati juga akan membantu Anda memperoleh rasa yang pas. Selain itu, proses marinasi dengan rendaman berbagai bumbu akan membantu menghilangkan rasa khas dari berbagai jenis bahan nabati.

 

Pilih Kaldu yang Tepat

Kaldu merupakan salah satu bahan terpenting dalam masakan. Sayangnya, kaldu kebanyakan terbuat dari daging, ayam, atau ikan yang jelas tak boleharrow-10x10.png dikonsumsi para vegetarian. Lalu bagaimana caranya Anda mendapatkan kaldu yang super gurih? Saat ini sudah banyak perasa ayam atau ikan yang dijual di pasaran, tanpa mengandung protein hewani sama sekali. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan saat membuat kaldu vegetarian seperti asam, kecap, atau wine untuk memberikan rasa yang berbeda.

 

Kenali Selera Pribadi

Setiap orang memiliki cara berbeda untuk menikmati daging. Ada yang lebih suka memanggangnya, ada pula yang lebih menikmati jika dimasak dengan kuah santan. Nah, Anda bisa melakukan hal yang sama pada olahan daging nabati. Terapkan selera pribadi Anda saat menikmati daging ketika memasak olahan vegetarian. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan rasa daging asli yang menggugah selera.

 

Nah, kalau Anda sedang mencari bahan yang bisa digunakan untuk membuat olahan daging nabati, cobalah produk texturized soy protein dari PT Markaindo Selaras. Untuk memperolehnya, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id