Hindari 4 Hal Ini Saat Buat Sosis Sendiri

  • tepung-kedelai

Sosis merupakan makanan sehari-hari yang sangat mudah diolah. Itulah alasan mengapa sosis banyak digemari terutama di daerah perkotaan yang masyarakatnya sibuk beraktivitas. Tinggal disimpan di dalam kulkas, sosis bisa tahan hingga waktu yang cukup lama. Namun sayangnya, harga beli sosis terkadang cukup mahal dibandingkan bahan makanan lainnya. Tepung kedelai saat ini sering digunakan untuk memperkaya rasa dan juga tekstur dari sosis.

Nah, jika Anda termasuk penggemar sosis namun jarang membelinya karena harga yang tinggi, sebaiknya cobalah membuat sosis sendiri di rumah. Membuat sosis sebenarnya cukup mudah asalkan Anda memperhatikan beberapa hal sederhana dalam prosesnya.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan tepung kedelai atau isolated soy protein. Tepung kedelai merupakan bahan pangan tinggi protein yang terbuat dari kedelai asli dengan kandungan lemak serta karbohidrat yang sudah dihilangkan. Fungsi utama dari tepung kedelai ini adalah untuk menstabilkan adonan sosis yang cair sehingga bisa menjadi lebih padat dan kenyal ketika sudah matang. Tak hanya itu saja, tepung kedelai juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa pada sosis buatan Anda. Selain sosis, tepung kedelai juga bisa digunakan untuk pembuatan produk lain seperti bakso, olahan daging, serta olahan ikan.

Setelah mengetahui bahan yang penting untuk membuat sosis, sekarang perhatikan hal-hal yang harus Anda hindari karena menyebabkan sosis gagal berikut ini:

Menyayat Kulit Sosis

Banyak orang yang khawatir kulit sosis akan pecah saat dimasak, karena itu mereka menyayat sebagian kulit sosis. Hal ini memang berhasil membuat bentuk sosis tetap utuh, namun tahukah Anda kalau cara ini membuat rasa sosis jadi kurang enak? Kulit sosis tak hanya berfungsi untuk menahan bentuk sosis, namun juga menjaga agar sari daging dan sari rasa dari adonan sosis tetap utuh. Kalau Anda menyayat bagian kulit sosis, maka sari rasa tersebut akan menetes ke penggorengan dan membuat sosis jadi kering serta kurang enak.

Menggunakan Daging Tanpa Lemak

Anda mungkin berpikir untuk menggunakan daging kualitas terbaik yang tidak memiliki lemak sama sekali agar rasa sosis lebih enak. Tapi hal ini ternyata justru keliru. Anda membutuhkan sedikit lemak di dalam adonan sosis untuk membuat rasanya lebih gurih. Lemak yang ada di dalam adonan juga membuat sosis lebih empuh dan juicy.

Tidak Membumbui Sosis Sama Sekali

Sosis memang jarang sekali disantap begitu saja setelah digoreng atau direbus. Minimal Anda akan mencocolnya dengan saus, atau mencampurkannya ke dalam masakan lain seperti sup dan tumisan. Sosis sering juga dijadikan isian sandwich dengan dipadukan berbagai bahan lainnya. Namun bukan berarti Anda tak perlu membumbui sosis sama sekali pada saat proses pembuatannya, ya. Bumbu sosis sangatlah penting untuk menonjolkan rasa dan memberikan kenikmatan lebih pada sosis buatan Anda.

Menggunakan Bumbu Segar

Saat membuat sosis, lebih baik jika Anda menggunakan bumbu kering atau yang dalam bentuk bubuk. Sebab sosis biasanya akan disimpan dalam waktu lama di dalam kulkas sebelum dimasak. Nah, bumbu segar yang digunakan tentu akan berkurang kelezatannya dan bisa jadi malah memicu tumbuhnya jamur sekalipun sudah disimpan di dalam kulkas.

Untuk memperoleh tepung kedelai dan bahan penting lain dalam pembuatan sosis homemade, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Selamat mencoba membuat sosis sendiri dan semoga berhasil, ya!