Harus Coba! Sosis Bratwurst Panggang dengan Taburan Keju

  • sosis bratwurst

Di pasaran sosis dibedakan menjadi dua jenis yakni cooked sausage (sosis matang) dan fresh sausage. Sosis matang merupakan jenis sosis seperti hotdog dan frankfurter. Sementara fresh sausage terbuat dari bahan-bahan segar tanpa pengawet dan tanpa proses pematangan.

Bratwurst namanya berasal dari kata Jerman yaitu brät yang memiliki arti daging cincang dan wurst yang berarti sosis. Di Jerman, sosis bratwurst dibuat dengan campuran daging dan lemak babi. Namun jangan khawatir sosis bratwurst yang dijual di restoran Indonesia kebanyakan dijual dari beragam jenis daging halal seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam serta campuran satu atau dua jenis daging.

Di negara asalnya sosis bratwurst biasanya disajikan bersama sauerkraut yang merupakan sejenis asinan kol khas Jerman, kentang, atau roti. Orang Jerman sering menyajikan sosis bratwurst bersama dengan, kentang goreng, atau mashed potato.

Jika Anda ingin mengolah sosis bratwurst, Anda bisa membuat sosis bratwurst panggang dengan taburan daging cincang dan keju yang gurih ditambah dengan kentang panggang atau nasi putih.

Berikut panduan membuat sosis bratwurst panggang:

Bahan :

1. 6 sosis sapi bratwurst

2. 150 g daging sapi cincang

3. 20 g bawang bombay cincang

4. 200 ml tomat halus

5. 2 sdm minyak sayur

6. 1/2 sdt oregano kering

7. 1 sdt tomat pasta

8. 1 lembar bay leaf

9. 1 sdt garam

10. 1/2 sdt merica bubuk

11. 2 sdm keju Cheddar parut

12. Dan 1 sdm keju Parmesan bubuk

Cara membuat:

1. Siapkan pinggan tahan panas yang telah dioleskan mentega.

2. Kerat-kerat sosis di kedua sisinya, kemudian susun dalam pinggan.

3. Siapkan penggorengan untuk menumis bawang bombay hingga wangi dan layu.

4. Masukkan daging cincang, aduk hingga berubah warna.

5. Tambahkan bumbu lainnya, aduk dan masak hingga agak kering lalu angkat.

6. Masakan tersebut langsung ditaburkan ke atas sosis.

7. Untuk menambah kelezatan, Anda bisa menaburi keju lalu panggang dalam oven panas selama 20 menit.

8. Angkat dan sajikan selagi panas. Sosis bratwurst panggang ini siap disajikan untuk 6 orang.

Membuat Sosis Bratwurst

Sosis bratwurst sebenarnya bukan hanya bisa Anda peroleh dengan membelinya di supermarket saja. Makanan olahan yang satu ini bisa juga dibuat oleh Anda sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya dengan daging sapi segar yang sudah digiling. Kemudian tambahkan bumbu khas untuk menambah nikmat rasanya. Salah satu bumbu yang bisa digunakan untuk membuat sosis bratwurst adalah bratwurst nuremberg style. Jenis bumbu ini memang biasa di gunakan sebagai bahan campuran dalam membuat sosis bratwurst.

Wilberg Berger & Co. G.m.b.H

Bratwurst nuremberg style berasal dari Wiberg Berger & Co. G.m.b.H yang didirikan oleh Wilhelm Berger pada tahun 1947 di Austria. Sebagai perusahaan bumbu terkemuka dengan pengalaman lebih dari 60 tahun serta didukung oleh tenaga-tenaga riset yang handal, lebih dari 80% hasil produksi Wilberg ditujukan untuk memenuhi pasar ekspor ke lebih dari 76 negara di seluruh dunia.

Tidak hanya menyediakan jenis bumbu bratwurst nuremberg style saja untuk membuat sosis bratwurst, Wilberg pun memproduksi berbagai jenis bumbu lainnya yang dapat disesuaikan dengan jenis olahan daging lainnya. Sebut saja jenis bumbu tunggal yaitu satu jenis bumbu dalam bentuk utuh (whole) atau telah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau perlakuan lainnya dengan tujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya.

Anda bisa mendapatkan semua produk Wilberg di PT. Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau melalui email marketing@markaindo.co.id.