Resep Nasi Kebuli: Hadirkan Cita Rasa Arab Pada Masakan Betawi

  • resep nasi kebuli

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu makanan khas Indonesia dengan sentuhan Arab. Nasi kambing, gurih, dan rempah atau lebih dikenal dengan sebutan Kebuli. Hingga saat ini, makanan ini masih dilestarikan oleh orang-orang Betawi.

Bumbunya yang cukup kuat akan menambah cita rasa resep nasi kebuli ini menjadi semakin enak untuk disantap. Terciptanya berbagai jenis bumbu dan rempah yang digunakan, resep nasi kebuli ini telah menjadi masakan dengan gaya Indonesia. Biasanya masakan ini disajikan dalam budaya Betawi hanya saat adanya perayaan agama Islam seperti bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba, Maulid Nabi, atau hari raya Idulfitri. Sudah pernah mencobanya? Yuk, coba hidangkan makanan ini untuk dinikmati bersama keluarga besar Anda. Berikut ini ada cara membuatnya loh.

Cara Memasak Nasi Kebuli

Bahan:

300 gr daging kambing, potong

150 gr bawang bombay

1 kg beras yang pulen, cuci kemudian tiriskan

750 ml susu cair atau bisa dengan santan

10 cm kayu manis

 ½ butir biji pala dan memarkan

5 butir cengkeh

8 butir kapulaga

50 ml air

4 sdm margarin

Bahan yang dihaluskan:

1,5 sdm ketumbar yang sudah disangrai

½ sdt merica butiran yang sudah disangrai

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

4 cm jahe

2 sdt garam

Bahan pelengkap:

2 sdm kismis

3 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat:

- Siapkan kuali dan beri mentega, biarkan hingga mendidih

- Selanjutnya, campurkan berbagai bumbu yang sudah di haluskan, masak hingga wangi

- Lalu, berikan kayu manis, kapulaga, cengkeh dan aduk hingga tercampur secara merata juga tercium wanginya

- Masukkan daging kambing, aduk rata

- Tambahkan air dan masak hingga daging menjadi lunak

- Kukus beras selama 30 menit atau setengah matang, angkat

- Masukkan beras ke dalam panci, lalu masukkan susu atau santan ke dalamnya, aduk hingga rata di atas kompor

- Kukus kembali nasi selama 30 menit hingga matang dan angkat

- Sajian nasi kebuli khas Arab ini sangat nikmat disantap selagi panas, jangan lupa berikan bumbu pelengkapnya

Mudah kan membuat resep nasi kebuli ini hanya dalam 9 langkah saja. Sajian khas dari timur tengah ini telah menjadi bagian dari nusantara karena rasa gurihnya kaya akan rempah-rempah asli Indonesia. Pastinya hidangan Anda akan memberikan efek rasa lapar pada orang yang mencium aromanya.

Untuk menjadikan hidangan Anda semakin nikmat, penguat rasa dapat menjadi solusi tepat yang dapat digunakan. Ekstrak atau saripati ini diberikan pada masakan agar dapat meningkatkan rasa dan aromanya semakin nikmat. Tersedia juga produk penguat rasa dengan bahan alami sehingga aman untuk digunakan.

Anda bisa menggunakan penguat rasa yang aman ini dari produk Wiberg. Selama kurang lebih 6 tahun telah menjaga komitmen untuk menjaga kualitas produk, telah dibuktikan dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001 pada tahun 1994.Tidak hanya itu, sertifikat halal dari HFFIA (Halal Feed and Food Inspection Authority) telah diperoleh sejak lama, tentu saja hal ini juga diakui oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika - Majelis Ulama Indonesia).

Berbagai pilihan bumbu penguat rasa Wiberg dari Markaindo ini dapat membuat resep Nasi Kebuli Anda menjadi lebih nikmat. Dapatkan segera produk tersebut dengan memesannya melalui website Markaindo di www.markaind.co.id atau kirimkan email di marketing@markaindo.co.id.